Ompong!!

Hai semua,

Baru sempet buka blog lagi setelah hampir sebulanan laptop di jajah Mbul buat urusan kerjaan dan pajak.

Selamat Paskah buat teman2 yang merayakan \(^_^)/

Long weekend kemarin gue gak kemana2 karena si Mbul sakit. Emang sakit sekantor jadi ketularan lah, dan tepar. Lumayan bikin gue kuatir karena hari ini dia harus terbang keluar kota untuk acara kantor. Untungnya hari Senin kemarin udah mendingan banget.

Btw sesuai judulnya, kemarin hari Senin gigi gue yg dirawat akar akhirnya dicabut juga dan gue officially ompong diumur menjelang 35 hahahaha…

Errr mungkin cerita gue ini agak bikin ngilu, plis bacanya jangan terlalu pake imajinasi ya. Kalo ikutan ngilu, resiko ditanggung yang baca hehehe…

Jadi gigi gue tuh udah gak terselamatkan, udah rapuh banget dan ketika proses dirawat akar, crown nya malah patah jadi 2. Dokter gue akhirnya dengan berat hati menyarankan untuk dicabut aja.

Sebetulnya dari awal urusan gigi ini, gue udah pengennya dicabut aja karena gigi geraham gue sebelah kiri ini udah gak nyaman. Lapisan emailnya pun udah tipis banget, yg menyebabkan gigi gue sering ngilu kalo abis rujakan atau minum air dingin. Tapi dokter (dan sodara gue yg juga dokter gigi di Cikampek) menyarankan cabut gigi itu sebagai alternatif terakhir. Kalo masih bisa diselamatkan lebih baik giginya dirawat dulu. Eh ternyata setelah 3 minggu dirawat akarnya, gigi gue beneran udah gak bisa bertahan, jadilah senin kemarin gue menjalani cabut gigi.

Menjalani cabut gigi setelah umur segini bikin gue lumayan ketar ketir. Apalagi pengalaman gue terakhir cabut gigi, sakit banget karena gigi gue tuh akarnya kuat, pas dicongkel crownnya patah tapi akarnya ga langsung kecabut.

Jadi dulu gigi bungsu gue yg sebelah kiri di operasi, yg sebelah kanan dicabut karena tumbuhnya gak normal.
Dan menurut pengalaman gue, cabut gigi dan operasi itu BEDA jauh ya.
Kalo operasi, gusi kita disayat jadi pengambilan giginya tuh smooth. Sedangkan kalo cabut gigi, giginya tuh dicongkel2 gitu loh, gusinya juga di uwek uwek. Gak smooth lah. Sehabis cabut gigi kalo biusnya udah hilang trus gak buru2 minum pain killer wadaaaw sakitnya bikin pengen jedotin kepala.

Singkat cerita, hari senin gue ngejalani cabut gigi. Di awal gue udah bilang ke dokternya biusnya kalo bisa ekstra karena gue takut banget sakit. Dan dokternya emang membius dengan mantap ๐Ÿ˜†
Pertama dia kasih salep mati rasa disekitar gusi dan otot rahang yg akan disuntik bius, rasa strawberry. Baru setelahnya dia suntik bius otot rahang gue, tetep berasa ya pas disuntik tapi karena udah dikasih salep mati rasa, rasanya lebih kayak kesetrum ketimbang sakit. Habis itu baru disuntik gusi disekitaran gigi yg akan dicabut.

Tunggu bius bekerja 10 menit, baru deh dokternya mulai proses cabut gigi. Sesuai prediksi, gigi gue patah sampe jadi kepingan. Susah banget kata dokternya, karena begitu kena tang, gigi langsung patah dan sampe mental patahannya dan akarnya tertancap kuat banget. Habis gusi gue *meringis*
Gigi berhasil dicabut setelah hampir 30 menit, dengan penampakan kayak begini:

20180402_114945.jpg

Hahaha legaaaa rasanya ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

Dan thanks to obat bius yg mantap, mati rasanya sampe ke cuping kuping dan separo bibir. Pokoknya pipi sebelah kiri gue mati rasa total lah sampe kira2ย  2 sampe 3 jam setelahnya.
Gue juga pesen ke dokternya untuk kasih gue pain killer dosis tinggi. Sebelum biusnya habis buru2 deh gue minum tuh pain killer segabruk dan sampe detik ini gak berasa sakit sama sekali. Hail pain killer!!! X)))

Hari ke dua setelah cabut gigi, thanks God nampaknya pemulihan gusi berjalan baik. bekuan darah udah terbentuk dan gak sakit.

Di puji juga sama pak dokter, katanya gue termasuk pasien yg anteng dan kooperatif banget. Yah, dari dulu, dokter gigi emang gak pernah jadi momok yg menakutkan buat gue. Mungkin ini efek juga punya tante dokter gigi hahahaha dan nyokap gue pun gak pernah nakut2in perihal urusn dokter gigi. Kan ada tuh kadang yg bilang “hayo nanti giginya dicabut pak dokter loh” ๐Ÿ˜€
Kayaknya kalo nyokap gue sampe nakut2in gue, bisa kena ceramah panjang lebar kali dari tante gue ๐Ÿ˜†
Mungkin buat sebagian orang ke dokter gigi itu semacam kehororan tersendiri, tapi kalo udah sakit gigi dan perlu dirawat atau cabut gigi kan mau gak mau kan?

Gue gak takut tapi bukan berarti ketika harus dioperasi atau dicabut gue gak berasa ngeri ya. Rasa ngeri itu pasti ada, tapi usahain tetap tenang dan relaks. Percaya deh, gak relaks itu cuma bikin sakit jadi makin sakit, bahkan bikin obat bius bekerja kurang maksimal. Ingat loh, ketika perwatan atau pengobatan gigi kita kan harus membuka mulut, kalo kita gak relaks biasanya otot2 mulut kita jadi tegang dan sesudahnya malah jadi bengkak, pegal dan kaku.
Pilih dokter yg gak cuma pinter tapi juga ramah dan baik. Hehehe kalo dokternya aja udah bikin tegang, ya mau rileks juga susah ya.
Ikutin anjuran dokter dengan tepat dan patuhi jadwal kontrol, apalagi kalo perawatan akar. Kalo disuruh balik kontrol 1 minggu ya 1 minggu tepat. Obat yg dikasih juga diminum sesuai dosis. Ini biar pengobatannya gak berlarut2. Pasien kooperatif, pengobatan lancar

Jangan takut ke dokter gigi ya, inget sakit gigi jauuuh lebih sakit dari pada sakit hati ๐Ÿ˜‰

36 thoughts on “Ompong!!

    • Kata dokter sih ini akibat suka makan yg keras2 ko, udah itu kurang asupan kalsiun juga bisa. Jadi lama2 gigi kayak kegerus -___-“

    • Hahaha iya kayaknya kalo udah ditakut2in belum apa2 udah ngeri duluan ya, mana peralatan dokter gigi tuh mengintimidasi bgt ๐Ÿ˜„

    • Huhuhu iya Mar. Tadinya dipikir ga bakal berasa apa2 secara gigi paling ujung tapi ternyata berasa juga.
      Penyakit gusi? Semacem sariawan gitu mar? Aduh udah kebayang duluan ga enaknya kayak apa, di mulut kan isi nya banyak syaraf apapun yg sakit bikin meringis ๐Ÿ˜…

      • Early onset periodontitis huhuhu. Katanya keturunan soalnya biasanya yg kena umumnya umur 40-50 ke atas, kl masih muda berarti faktor gen. Apalgi gigiku sehat pdhl, cuma gusinya aja ug nggak kuat

        • Oooh semacem gusi melorot gt ya? *apa dah bahasa gw ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚*
          Hmm kayaknya kayak nyokap aku deh, gusinya pada turun jd giginya goyah. Nyokap kayaknya ngalamin emang diumur 40an jadi dia mesti ati2 kalo mau makan atau minum.
          Solusi dr dokternya apa, Mar?

          • Iya bener! Melorot. Udah ada dua yg goyah… sedih! Solusinya 3 bulan sekali harus bersihin profesional, diukur gusinya, hrs rajin flossing dan jgn makan yg keras2 di yang udah goyah… ga bisa balik lg huhuhu

          • Waduh jadi mesti rajin2 kontrol ya ๐Ÿ˜ฏ
            Tapi mudah2an kalo rajin di kontrol gigi2 yg lain tetap steady ya.
            Huhuhu kalo sampe ompong kayak aku nih *amit2 jangan sampe ya* mau ga mau mesti dipikirin mau implan atau gigi palsu krn ga bisa dibiarin melompong gt aja krn akan merubah struktur gigi ๐Ÿ˜…

  1. May, aku ga baca postinganmu ini karena baca warningmu di awal. Daripada ngilu bayangin dan ngerasain kan ya. Mendingan aku skip aja. Aku belum pernah sakit gigi soalnya dan gigiku masih utuh semua. Takut kalo baca postinganmu malah kepikiran nanti haha. Semoga setelah akar permasalahan ttg gigi ini dicabut, kedepannya ga sakit atau bermasalah dengan gigi lagi ya May. Cukuplah sakit gigi hanya sebatas lagu saja ๐Ÿ˜€

    • Ahahahaha iya kayaknya kalo dibaca detail jadi ngilu ya Den? ๐Ÿ˜…
      Waaah congrats. Gigi yg sehat dan terawat bebas dr masalah itu anugrah banget. Kalo gigi udh ompong gini kok ruwet ya, udah mulai mesti dipikirin bikin gigi palsu atau implan karena ternyata ga bolong gt aja.
      Ahahahaha thank you Den, masih ada pe’er satu gigi lagi nih dengan masalah yg sama tapi sebelah kiri. Mudah2an ga usah sampe dicabut. Keliatannya sih cukup kuat giginya ๐Ÿ˜Š

  2. Gw klo urusan gigi, ngilu lah. Dr SMP gigi gw udah dikawatin smpe kuliah trs kerja nyambung pake lg smpe nikah. Jd urusan cabut gigi, bikin gw stress hahhaha

    • Hadawww dikawatin itu keliatannya emang sakit ya. Udah langganan sariawan, gigi juga mesti dicabut demi rapi.
      Iya banget bikin stressnya, hahahaha secara gigi sehat2 dicabut.
      Semoga nanti pas liat gigi udah cakep semua kestressan terbayar ya ๐Ÿ˜„

  3. duhh gigi, kemarin aku potong gusi dan sialnya dokternya ngak info untuk konsumsi pain killer. doi bilang sakitnya cuma sebentar aja ternyata ngilu!!!!
    dan lebih sialnya lagi yg oprasi gigi aku kemarin bukan dokter orto cuma dokter umum gigi makanya sekarang bengkak lagi dan harus di oprasi aku sdh dapat rekomendasi dokter ortonya cuma kayak masih trauma gt deh ๐Ÿ˜ฆ

    • Haaaa buset deh dokternya! Mana ada urusan gigi gak sakit? ๐Ÿ˜ซ
      Kecuali scalling atau pembersihan karang gigi, pain killer itu wajib banget dikonsumsi apalagi kalo udah urusannya potong2an. Ngawur banget.
      Ini untuk pemasangan kawat gigi kah? Huhuhu kebayang sakitnya kayak apa. Semoga cepet sembuh ya โ˜น

      • jadi gusi aku bengkak itu karena di pasang kawat gigi ci..
        kejadiannya sudah tahun lalu kok ci, btw makasih ya..
        tapi ini mau jalanin oprasi lagi karena sudah mau lepas kawat giginya kata dokter aku yg baru harus di oprasi dl baru bisa lepas cuma masih trauma berat huhuuh ๐Ÿ˜ฆ

  4. Barusan bgt semalem gigi gue sakit nyut2an kudu nenggak pain killer dulu baru bs tidur. Eh pagi ini baca postingan elo jadi ngilu deh hahahaha. Tp sbnrnya gue bukan org yg takutan gt sih sm dokter gigi, dan kayanya emg hrs ke dokter nih gue periksain gigi yg sakit ini. Yg penting udah beres yah may.

    • Kalo udah nyut2an tuh rasanya gimana gitu. Pain killer udah paling bener. Sebelum ke dokter, gw sampe habis ponstan 1 strip dalam 2 hari loh karena sakitnya ga tahan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Iya Re mendingan dokter soalnya makin parah bikin bolak balik perawatannya makin lama.
      Huhuhu sayangnya masih ada 1 gigi lagi, Re yg mesti diberesin tapi kata dokternya selama ga sakit banget ya nanti2 juga boleh.

  5. Soal cabut Gigi susah jd ingetin gw waktu gigi susu gw susah banget copot padahal udah patah sedikit, gw masih inget rasanya gigi diobok2 huhuhuhu. Untung dokter gigi u jago ya May, aman deh berkat pain killer ampuhnya.

    • Nah pas gigi bungsu pengalaman gw sama persis. Akhirnya malah mesti di operasi krn beneran susah nyabut akarnya. Waktu itu aampe pain killernya udah mau habis dan mesti disuntik ulang. Udahannya rahang bengkak.
      Yg kali ini pain killernya emang tokcer hahahahaha

Leave a comment