Gempa!!

Hari ini pas lagi nonton TV, gue kok berasa kayak sofa goyang goyang. Engga lebih tepatnya sofa gue kayak kedorong2 gitu. Pikiran pertama gue, si Mercy ngapain sih dorong2 sofa?! Gue ngebatin sambil nengok kebawah ngeliatin si Mercy terus baru mikir lah iya masa bisa anjing yg beratnya gak sampe 7 kilo gitu ngedorong2 sofa, terus sofa juga udah dipojokan masa iya bisa didorong sampe goyang gitu….

Yak dengan telat gue baru mikir, SHIT! Gempa!!!

Gue langsung berdiri tapi oleng. Panik banget karena goyangan gempanya berasa lumayan lama. Diluar tetangga gue udah berhamburan keluar rumah dan gue masih berjuang buat berdiri. Setelah akhirnya reda, gue lemes loh. Langsung duduk di lantai di kerubungin anak2 bulu. Tetangga sih pada keluar rumah semua, gue terlalu lemes dan pusing untuk keluar rumah.

Gile, akhirnya ya ngerasain lagi tuh gempa. Kemarin2 kan sempet ada gempa tapi gue ga ngerasa tuh.
Terakhir gempa yg sampe kerasa bener tuh pas gue masih kerja di Menara Jamsostek di lt 20. Gue inget banget tuh, biar berasa gempa dan semua tenant udah pada berhamburan turun, kolega kantor gue mah pada anteng2 malah ada yg ngumpet di bawah meja (belakangan gue baca, yg bener emang harusnya ngumpet di bawah meja yg kokoh dan bukan berlarian turun lewat tangga darurat) dan sibuk backup kerjaan. Alesan kolega gue, gempa belum tentu bikin mati tapi kalo kerjaan sampe ga ke back up udah pasti dia mati ngadepin bos sama kliennya hahahaha. Alhasil, kantor kita tuh orang2 yg yg terakhir turun ke bawah. Errr lebih tepatnya begitu diteriakin satpam baru deh pada turun lewat tangga darurat.

Sebenernya sebagai orang yg tinggal didaerah lempeng tektonik, pengetahuan kita (gue sih terutama) tentang bagaimana bersikap menghadapi gempa itu minim banget ga sih? Dari pemerintah pun kurang ada sosialisasinya.
Gue aja baru sempet googling sekarang nih dan ternyata yg mesti dilakuin dan mesti dipersiapkan lumayan banyak ya terutama persiapan setelah gempa. Gile kalo tadi gempanya besar dan mematikan, gue sih udah pasti jadi korban secara blank gitu. Gak sempet ngapa2in. Duh…

Selama ini kan ga kepikiran banget ya. Jujur deh, gue malah mikirnya malah ga bakal kejadian lah, atau kalo kejadian juga paling bentar doang kayak hari ini. Padahal namanya daerah lempeng tektonik, gempa atau tsunami itu bisa terjadi kapan aja, efek parah atau engganya gak bisa terlalu diprediksi.
Bersyukur hari ini masih aman2 aja. Semoga semua juga aman2 aja ya. Ternyata gempanya berasa keras juga sampe ke Karawang. Semua langsung saling ngabarin lewat WAG dan syukurlah semuanya amaaan. Cuma pada kaget aja.

Nah, gara2 itu gue langsung googling deh gimana sih sikap yg benar ketika ada gempa bumi. Bisa dibaca disini ya :
https://id.wikihow.com/Menghadapi-Gempa-Bumi
http://lifestyle.kompas.com/read/2009/10/05/19494265/Tips.Yang.Perlu.Dilakukan.Sebelum.Selama.dan.Setelah.Gempa

Dan yg terpenting:

keep-calm-and-stay-safe-108