Latepost – Huru Hara Ghibli World Jakarta 2017

Disclaimer: postingan ini udah amat sangat telat, pamerannya pun udah berakhir, jadi gue cuma ingin berbagi cerita aja dan bukan nge-review.
Postingan ini sempet tertunda karena yg punya blog males pilih foto. Sekian πŸ˜€

Akhirnyaaaa gue gak perlu jauh2 ke Jepang buat liat museum Ghibli karena bulan Agustus-September 2017 kemarin Ghibli ngadain exhibition di Jakarta. Sebagai penggemar film2 Ghibli, seneeeeng dong…

Buat yg mau tau Ghibli itu apa, monggo bisa di bawa wiki-nya disini

Awal perkenalan gue sama Ghibli itu gara2 nonton My Neighbors Totoro di HBO. Langsung jatuh cinta deh. Gue emang suka film kartun jadul yg sederhana gitu. Ternyata Totoro itu cuma sebagian kecil dari film-filmnya Ghibli. Setelah gue tonton semua filmnya, gak ada yg gue gak suka. Semuanya gue suka. Favorit gue, Howl’s Moving Castle sama Yamada’s Family (My Neigbors Yamadas)…

Film Ghibli ini, murni fantasi tapi sarat pesan moral. Jadi nontonnya gak usah pake logika2 amat, tangkap aja pesan moralnya. Sederhana tapi ngena.

Anyway, balik ke exhibition. Awalnya gue hampir gak jadi nonton karena selain harga tiketnya mahal (dibuka diharga 300rb), dapetinnya pun susah. Udah gitu penjualan tiketnya masih simpang siur. Gak jelas gitu beli dimana, bayar dimana, dll dll…
Menurut gue, diluar exhibitionnya yg keren, segala sesuatu tentang penyelenggara-nya tuh super drama dan sorry berantakan banget, sangat ga profesional untuk ukuran jual tiket seharga 300rb sih.

Satu, seperti gue bilang, penjualan tiketnya simpang siur. Gak ada infromasi yg jelas beli dimana, harga berapa, mekanisma belinya gimana, dll dll. Buka web nya pun lemot banget. Makanya gue sempet ilfil mau nonton.
Untung belakangan pas mendekati hari H exhibition mau dibuka, mulai jelas beli dimana dan harganya pastinya berapa. Tiket ternyata bisa dibeli di traveloka dan Go-Tix. Ini pun sempet drama, banyak yg beli early bird via web (yg lemot) protes karena mereka beli harga normal sedangkan yg beli belakangan lewat Traveloka dan Go-Tix dapet harga lebih murah karena promo. Lewat Go-Tix malah bisa beli buy one get one. Gimana yg beli early bird gak ngamuk?! Mereka beli seharga 300rb tanpa diskon atau promo, dapetnya ya sama aja kayak yg beli belakangan yg notabene harga tiketnya lebih murah karena ada promo πŸ˜€

Kedua, ini menurut gue yg paling fatal sih. Hari H exhibition, arena pameran belum ready 100% bahkan sampe 50% aja engga -___-*
Murka ga tuh pencinta Ghibli yg bela2in cuti atau dateng dari luar kota demi opening exhibition? Kita mah udah pikir, openingnya bakal wah dan keren abis. Gak taunya…ZONK.

Jelas ekspektasi orang2 lumayan tinggi ini exhibition orang Jepang gitu. Orang Jepang yg segala sesuatunya terkenal serba rapi, detail, teratur dan on time.
Gue juga gak ngerti kenapa bisa sampe jeblok begini. Pas opening pula. Kecewa sih.
Konon katanya dari pihak Ghibli nya yg nuntut kalo mesti perfect 100%, tapi harusnya bisa di antisipasi dong ya. Udah gitu cara pihak penyelenggara ngerespon komplain pun pake cara silent treatment alias dicuekin. Ah gue gak tau lagi deh ngegambarin kacau nya itu exhibition di awal pembukaan kayak apa.

Gue yg beli tiket untuk nonton di minggu kedua setelah opening pun kena imbasnya, pameran masih tetap belum ready 100%, baru sekitar 70%-80%.
Kompensasi yg gue dapet cuma nanti bisa datang lagi free ketika pameran sudah ready 100%. Tapi balik ditanya ready 100% nya kapan, gak ada yg bisa jawab pasti…

I’m like:

-___________________________________________________-“

Duh Ghibli, gue kalo kaga karena cinta mah udah pengen tebalikin meja rasanya :/
Mau marah juga gimana ya, udah gak bisa diapa2in. Udah gitu tiketnya gak bisa di refund pula. Jadi ya kita nikmatin aja pake cinta #tsaaah…

Sebenernya gue dateng pertama udah ready 70% aja udah keliatan bagusnya. OMG!! itu yg namanya Yubaba’s Bathouse-nya detail dan bagus banget, Howl’s Castlenya keren, ada Totoro real size, Neko bus yg bisa di naikin, seru banget. Gue dateng pas weekdays, puas banget liatin satu2 props nya.
Daaaan buat gue diantara semua juaranya itu rumah Satsuki Chan dan Osono Bakery tempat Kiky dan Jiji magang. OMG!! Super detail. Kita beneran kayak main dan bertamu ke rumah Satsuki Chan, trus di bakery shop juga bener2 kayak di film komplit pake roti2an segala. Itu yg melipur kekecewaaan gue sih.
Hal lain yg bikin gue seneng adalah bisa bebas berfoto. Kakak2 ushernya juga baik2 dan ramah2. Gak keberatan fotoin kita berkali kali disetiap area. Sukaaa deh πŸ™‚

Bisa ketebak dong, ketika akhirnya gue dateng kedua kalinya (pas udah minggu2 terakhir pameran selesai dan thanks God udah ready 100%) itu jauuuh lebih keren dan lebih komplit.
Pengunjung bener2 bisa dibawa masuk kedalam dunia Ghibli. Kita bisa tau gimana para staff Ghibli mengerjakan setiap film dari sketsa, cerita dan inspirasi dibalik setiap film, siapa aja pekerjanya. Ya ampun gue abis ngeliat jadi makin cinta gitu sama Ghibli.
Setiap film Ghibli itu bener2 dikerjakan dengan penuh passion dan kecintaan. Pantesan setiap filmnya bermakna dalam.
Ternyata ada sebagian property exhibition yg dikerjakan handmade sama orang Indonesia loh bukan di bawa/dibuat di Jepang. Gua gak nyangka karena beneran detail dan keren banget. Howl’s Castle dan Yubaba’s Bathouse adalah contoh yg dikerjakan sama orang Indonesia. Keren!

Sedikit kalo boleh gue kritik, semua pernak pernik yg bagus dan detail itu sayangnya ga ditunjang sama venue. Diadain di ballroom hotel Ritz Carlton Pacific Place, chandelier dan karpetnya agak merusak tampilan property yg udah detail. Males gak sih, masuk ke hutan Mononoke, keluar disambut lampu chandelier yg gemerlapan :/
Mungkin next time bisa diadakan di venue yg lebih netral kayak di ICE BSD.

Yah begitulah sekelumit cerita gue ttg Ghibli World Jakarta 2017. Meskipun awalnya huru hara penuh drama tapi semua berakhir lumayan sempurna dan gue sebagai pencinta Ghibli terpuaskan.
Mudah2an next kalo diadakan lagi bisa lebih baik dan gue amat sangat berharap nantinya akan ada exhibition Ghibli lagi di Jakarta πŸ™‚

This slideshow requires JavaScript.

 

Advertisements

13 thoughts on “Latepost – Huru Hara Ghibli World Jakarta 2017

    • Gue pun sempet maju mundur Mel, abis ga jelas gitu. pas udah beli eh sempet kacrut untung keburu nonton pas yg 100%.
      Iya mudah2an nanti bakal ada lagi ya dan lebih rapi ngadapainnya

    • Kalo yg deket kayak di jakarta dan sekitaran sih emang lumayan ko, jd bisa dateng 2x. Yg murka yg dari luar kota, kebayang males banget mesti dateng 2x

  1. iyaaa venue kurang menunjang tapi overall boleh lahh daripada jauh2 ke Studio Ghibli di Jepang….udah tiketnya mahal, carinya susah, ga bisa foto-foto pula πŸ˜€

  2. Hiksssss gw uda mupeng berat mo dateng, cuma ga bisa gara2 bulan itu lg banyak pengeluaran tak terduga. Keren2 film karya ghibili, apalagi graveyard of the fireflies. Omg real bgt suasananya, gw sampe kebawa2 perasaanya. Paling seneng Tonari no Totoro sama when Marni was here itu jg menyentuh banget.

    • Mudah2an nanti bakal diadain lagi yaaa, dan lebih rapi. itu biar mahal juga awal2 pake kesel jadi berasa ga worth it πŸ˜€
      Iyaaa film nya bagus2, suka juga sama yg when Marnie was here dan Graveyard of the fireflies. Tiap bulan kan ada tuh 1 film Ghibli tayang di CGV, lagi nungguin tuh kapan Marnie sama Graveyard dijadwalin untuk diputar. Biar udah download, tapi kayaknya lebih enak nonton di bioskop πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s