Gerhana Matahari

Libur Nyepi tanggal 9 Maret kemarin berbarengan dengan fenomena gerhana matahari ternyata. Telaaat banget nyadarnya karena hectic urusan kerjaan.
Hahaha padahal sempet mupeng pengen liat gerhana total di Palembang atau Bangka Belitung karena baca beberapa postingan temen2 yang trip kesana buat lihat fenomena gerhana matahari total.

Yaaah pada akhirnya sih tetep gak mungkin nekat pergi trip juga sih karena pasti gak bisa cuti, libur cuma sehari, dan mahal😀 . Jadi cukup liat dari TV aja, dengan catatan kalo kebangun pagi nya, hahaha maklum soalnya hari sebelumnya gue masih berkutat sampe jauh malam di kantor.

Ternyata pagi pagi gue udah kebangun tuh. Jam 6 teng mata udah melek otomatis. Langsung deh nyalain TV. Untungnya gue belum ketinggalan liputan gerhana di TV. Aduuh sempet gemes karena di TV kebanyakan ngobrolnya dan ngomongin yang gak penting juga. Jadi bosen gitu. Menjelang detik2 mau gerhana masiiih aja host nya blabber ngomongin yang gak penting zzzz.
Biar gak ketiduran, akhirnya gue sambil chating di WA group keluarga gue dan baru tauuu loh ternyata pulau Jawa juga kebagian liat gerhana tapi gak total. Masa nyokap gue aja di Karawang bisa, aih gue di Cikampek juga bisa, masa iya gue di BSD kaga bisa!?😀
Huaaaah!!! Ini nih akibat hectic kerja jadi kurang aware >__<. Awalnya, gue mikir pulau Jawa gak bakal kebagian gerhana loh, tapi ternyata bisa lihat juga 90%.
Buru2 deh gue keluar rumah, mana cuaca lagi bagus. Cerah gak berawan sama sekali jadi seharusnya sih 90% mah bisa di liat lah ya. Tettooot! Ternyata salah sodara sodara, gak segampang gerhana bisa di lihat walau gak total. 2 detik pertama mata gue liat matahari langsung sakit, dan yang gue liat cuma silau. Gue sampe balik lagi ke rumah buat ngambil kacamata hitam dan gue dobelin ternyata masih silau. Kurang persiapan nih . Untung last minute gue inget, di WA group, iih gue bilang bisa liat gerhana pake film rontgen. Dan gue punya film rontgen-nya punya si Mercy waktu dia kena batu di saluran kecingnya kemarin ini. Yihaaa *cium Mercy*.
Untung ada, karena nyaman banget lihat gerhana dari balik film rontgen. Malah bisa gue foto pake HP dari balik film rontgen🙂

Terakhir gerhana matahari total itu di tahun 1983, gue pun masih belum lahir tapi nyokap lagi hamil gue. Nyokap nekad keluar rumah buat ngeliat gerhana, padahal udah di larang apalagi dia lagi hamil. Makanya gue lahir dengan bercak putih di kening sebelah kiri yang konon katanya itu akibat nyokap gue nekat keluar untuk melihat gerhana padahal lagi hamil. Hahaha untung bercak itu berangsur menghilang ketika gue dewasa🙂
Melihat langsung bayangan bulan bergeser sedikit demi sedikit menutupi matahari bikin merinding, indah banget. Pengalaman sekali seumur hidup. Belum tentu nanti kalo ada kejadian bisa melihat dari halaman rumah, ya kan?😉

Gerhana edit
Solar Eclipse. BSD 9.3.2016 at 7.35am

43 thoughts on “Gerhana Matahari

  1. Wah good idea banget ya May, nggak usah jauh2 niat buat ngeliat gerhana matahari doank🙂
    Itu juga uda lumayan bagus ya kata gw mah, walaupun cuma ngeliat di balik film rontgen.. hehe

    • Jakarta pinggir ko, Tanggerang🙂
      Iya thanks to foto rontgennya Mercy, kalo engga pasti ga keliatan dan gak bisa foto😀
      Sekali seumur hidup. Next ada lagi belum tentu bisa liat langsung dari halaman rumah😀

    • Hahaha pake genangan air ya? susah tuh kalo dirumahku soalnya banyak pohon. Lebih gampang liat pake kacamata item didobel kalo ga ada kertas rontgen🙂

    • Hehehe iya, aku sih gak ngeh ada kacamata khusus sampe pas nonton Tv baru tau di jual kacamatanya😀
      jadi untunglah ada kertas rontgen dan bisa dipakai🙂

    • Bener hahaha ketolong banget, itu pun sempet gak ngeh malah pake kacamata hitam tapi didobel. Bisa sih tapi ttp aja kalo liat kelamaan perih sedangkan untuk film foto udah gak nyimpen hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s