Malam Natal di Cipali

Hai hai…

PhotoGrid_1450967719861

Pertama tama, Maya, Mbul & duo oma mau ngucapin selamat Natal 2015…
Semoga berkat dan damai Natal berlimpah buat kalian semua yaaa *cipok basah dari duo oma, Mercy dan Jessy* #mwaaaah

Natal kemarin, gue dan Mbul berencana mudik ke Cirebon. Gue dan Mbul udah kangen main dan sowan ke mami mertua, plus kangen juga kulineran disana. Kita ga bisa pulang lama lama kayak biasa karena gue dan Mbul sama sama gak bisa ambil cuti.

Mudik Cirebon kemarin ini bener bener jadi pengalaman yang gak terlupakan deh karena macet yang dialami super duper parah. Biasanya kita ke Cirebon cuma 5-6 jam (udah plus mampir dulu ke Karawang buat nitip Mercy Jessy) itupun lewat jalur Pantura, kemarin mulur sampe 12 jam di jalan karna macetnya supeer sekali padahal udah lewat Cipali.

Ceritanya dimulai dari tgl 23 Des 2015. Sambil packing, si Mbul sambil mantau keadaan lalu lintas via Google Mapss & Waze. Dia bilang, “wah, kok tumben udah macet ya”. Jadi jalur di Maps udah merah membara, yang artinya macet total. Tapi kita masih biasa aja. Kan pengalaman dulu tinggal di Jakarta, biasanya kalo mau weekend atau long weekend pasti lalu lintas jadi macet. Jadi kita masih tenang tenang aja deh.

Tgl 24 Des 2015, jam 7 pagi, pas si Mbul cek Maps, ya ampun ternyata udah macet aja loh. Kita udah bingung, gimana nih kalo macet begini. Kayaknya panjang pula. Si Mbul bilang, kemungkinan kita lewat jalan biasa aja ga lewat tol buat menghindari macet. Kita masih belum ngeh tuh kalo macet nya itu belum terurai dari semalem, malah makin parah, dan salahnya kita juga ga pantau keadaan lalin lewat berita. Murni cuma liat dari Maps aja.

Perjalanan di mulai jam 7 pagi, sampe Alam Sutra mau masuk ke Jakarta masih lancar. Dan baru loh kita ngeliat kemacetan panjang di Tol Dalam Kota. Asli macet gak gerak. Kita yang lewat jalan biasa malah lebih lancar. Walaupun kondisi jalanan ramai, tapi masih jalan. Gak stuck. Yang di dalam tol mah bisa gelaran tikar dulu tuh karena ga bergerak. Tadinya kita mau masuk tol di Tebet, tapi ternyata semua pintu tol dalam kota sudah ditutup. Tol nya overload. Ya akhirnya kita lewat jalan biasa sampe ke Karawang. Untungnya kita jalan masih pagi, jadi biar gak lewat tol dan jalanan biasanya ramai tapi masih bisa jalan lah, gak stuck.

Belakangan gue baru tau, kalo aja kita jalan siangan dikit, jalan biasapun udah macet total karena yg dari tol disuruh keluar ke jalan biasa. -__-”
Baru kali ini loh, gue akhirnya pulang ke Karawang lewat jalan biasa menyusuri Kalimalang, Bekasi, Tambun, Cikarang sampe Karawang. Terakhir gue lewat jalan biasa kayaknya pas masih kecil, pas jalan tol Cikampek belum jadi. Jalanannya ramai banget sama motor dan angkot ngetem, dan macet dibeberapa titik karena persimpangan. Akhirnya kita baru sampe Karawang jam 1 siang *fiuh*.
Kasihan banget Mercy sama Jessy, karena gue ga expect sampe Karawang bisa selama itu gue sampe gak bawa tempat minum mereka. Kita sampe berhenti dulu dan beli kotak buat mereka minum di jalan. Untungnya mereka lumayan anteng🙂

index 3
Untung kelamaan di mobil gak rusuh. Si Mercy di pakein pampers biar gak bocor. Dia soalnya kalo pipis buanyaaak banget😆

Oya, itu yang namanya Google Maps dan app Waze bantu kita banget buat cari jalan menghindari macet. Si Mbul, seumur umur cuma tau lewat tol bisa blusukan tuh cari jalan alternatif dengan bantuan Google Maps & Waze😉

Sampe Karawang kita nge drop anak anak, dan gak lama langsung cuss. Kita takutnya di jalan makin macet. Gue sama Mbul rundingan, mau ke Cirebon lewat rute biasa (Pantura) atau lewat rute baru yaitu lewat tol Cipali.
Tol Cipali ini, tol baru yang menghubungkan Cikampek sampai ke Palimanan. Konon katanya merupakan tol terpanjang di Indonesia yang ada saat ini dan konon juga katanya kalo lewat situ bisa menghemat waktu banyak. Gak perlu macet macetan lagi lewat Pantura. Ke Cirebon sendiri cukup 2 jam aja kalo lewat situ.

Tapiii, kemaren ini kan macetnya ruar biasa ya, gak kayak biasanya. Jadi kita lumayan ketar ketir mau masuk Cipali, apalagi denger berita pas di Karawang, katanya antrian masuk ke Cipali nya puanjaaaang banget. Mbul liat Maps juga emang macet sih di pintu tol nya, tapi di dalam Cipalinya lancar banget tuh (menurut Maps). Dengan pertimbangan di tol nya gak macet, akhirnya kita mutusin lewat Cipali aja. Agak gambling sih, kalo sampe macet cilaka juga gak bisa kemana mana. Kalo di Pantura macet, kita masih bisa melipir. Kalo udah di dalam tol, kecuali di rest area mana ada lah tempat melipir. Tapi ya udah lah, kita jalanin aja.

Jadi, gimana pengalaman pertama lewat tol Cipali?

index 4
Kartu tol Cipali

Antrian pintu tol, emang mengular panjang padahal gerbangnya aktif semua. Kalo gue perhatiin ya, transaksi per mobil dipintu tolnya kurang cepat, gue gak tau kenapa deh. Belum lagi soal antri kan kadang orang Indonesia suka kalah sama bebek, banyak mobil yang pindah pindah jalur, alhasil bikin tambah macet.Selewat pintu tol sih lancar jaya loh. Semua numpuk di gerbang. Gue liat dijalur sebaliknya, alamaaak macetnya juga mengular panjang.

index 5
Antri antri di arah sebaliknya
index 6
Dalam tol Cipali yang lancar jaya

Untuk rest area, ternyata di sepanjang Cipali ada banyak.
Gue sendiri sempet berhenti di rest area pertama gak jauh dari pintu tol karena gue takut kesananya jarang ketemu rest area. Kondisi rest area nya lumayan komplit, ada Alfamart, kantin, WC, dan mushola. Yang bikin males cuma JOROK nya aja. Itu rest area kotor banget. Sampah ada dimana mana. Toiletnya yang gratis, bau pesingnya sampe tercium ke luar. Yaiks!!  Gue mau pipis sampe batal karna jijik.
Gue nyesel karena rest area kedua setelah itu malah agak sepi, dan keliatan agak mendingan karena gak terlalu rame. Sampah sih tetep keliatannya berserakan dimana mana. Lumayannya, di rest area kedua ini ada resto Pringsewu yang lumayan besar. Jadi buat yang ngelewatin Cipali, mending pilih rest area kedua ini deh, lebih mendingan.

Sepanjang tol, pemandangannya bagus, tapi yang bawa mobil ati ati ngantuk ya🙂

Gue kemarin gak mentok sampe pintu tol Palimanan. Gue keluar di pintu tol Sumberjaya yang lebih sepi. Pintu tol Palimanan alamaaak macetnya juga parah. Sisa nya gue lanjutin perjalanan lewat jalan biasa dan baru sampe di Cirebon jam 8 malem *pantat tipisss bener*… 12 jam di jalan, ruaaar biasa!! Boro boro mau ibadah malam natal, sampe rumah mertua langsung mandi, makan terus jam 9 tepar. Capek banget.

index 2
Arah keluar pintu tol Sumberjaya yang lenggang

Dari yang gue liat di FB, perjalanan gue yang 12 jam ini malah kehitung cepat loh. Ada yang terjebak macet ber jam-jam. Ada yang sampe Karawang aja makan waktu 12 jam. Hadeuuuh…

Nah, pas pulangnya kemarin sih lancar banget, cuma 5 jam Cirebon-BSD udah pake mampir dan leyeh2 di Karawang🙂. Berbanding kebalik banget ya😆

Jadi ada yang kejebak macet parah kemarin?

 

 

16 thoughts on “Malam Natal di Cipali

  1. Gua juga baca dimanaaaa gt katanya Jkt-Bdg parah bgt Ci bisa 6 jam sendiri. Laki gua pulang sih Bdg-Jkt (arah sebaliknya) malah ga macet. Dan Jkt lumayan lengang~
    Cirebon tuh Jawa mana sih, Ci? *buka atlas* gue Sby-Bali bisa 12jam juga loh udah mampir rest area

    • Kemarin ini kayaknya karena mau long weekend deh Ge.
      Cirebon itu emang kota pesisir Ge, sekarang lumayan terkenal karena ada pusat bati Trusmi. Yuk sekali kali wisata kesana🙂

    • Hai Adelina, thank you ya. Selamat Natal juga…
      Hahaha betuul, stay di Jakarta itu ide bagus banget. Agak nyesel nih mudik karena habis waktu di jalan🙂

  2. Hai..hai..selamat natal yaa. Kebetulan saya natalan bareng keluarga di BSD aja dan dari rawamangun ke BSD tumben bgt cuman 1jam. Temen2 pun ada yg dari jkt-bdg nyampe 12jam. Kalo becandaan sama temen2 sih kita bilang mending lewat rute ke arah cengkareng – beli tiket JKT-KL – trus KL-BDG. Nah..cepet kan?! Hehehe.. salam kenal yaa

    • Hai Wita, thank you udah mampir🙂
      Wah saya malah dari BSD ke Cirebon, hahaha…Kayaknya semua keluarkota sampe sampe lancar ya jalanan
      Hahahah ide bagus tuuuh, tapi berat di ongkos ya kalo pake pesawat😆

  3. Selamat Natal ya May, duh kasihan yang mudik Natal berebut sama yang Weekend panjang ya. Eh biar kata seribu dirjen mundur dari kementerian perhubungan kayaknya macet kalau menjelang libur gini gak bakalan bisa diapain ya.

    • Iya. itu bakal kejadian kalo manajemen pintu tolnya gak di benahin sih mba. Transaksi di GT nya per mobil masih lambat, terus antriannya juga gak diatur. Mudah2an Lebaran nanti gak kejadian lagi kayak begini. Kasian yang mudik, harusnya dengan ada Cipali menghemat waktu🙂

  4. May, aku bacanya langsung ngilu pantat ngebayangin perjalanan segitu lamanya. Panas plus teposs haha. Aku pernah seperti itu soalnya pas mudik lebaran dari Jakarta nebeng mobil tante. Deuhh stuck ga gerak.
    Selamat menyambut tahun baru May, semoga harapan2 baik berkonspirasi dengan semesta untuk mewujudkannya🙂

    • Hahaha pegeel Den. Banget deh pegelnya. Makanya begitu sampe kita langsung tepar😀
      Amiiin, selamat menyambut tahun baru juga Den, semoga 2016 lebih baik, banyak impian yang terkabul, all the best🙂

  5. baru sempet BW maaaay, maafkan aku yaaaaa😦
    happy belated christmas hehehe…..duhh kebayang ya itu pegelnyaaa. Aku liburan gak kemana-mana, sedih juga sihh….tapi liat jalanan kayak gitu….yaudah deh aku ikhlas…ikhlaaasss😦

    • Hahaha ga papa Ditaaa, selamat liburan yaaa. Tinggal bentar lagi 2015 lepas landas nih hahahaha
      Iya iya ide bagus, next time mending long weekend di rumah aja deh, macet nya bikin pegel😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s