Mom

mom-quote-4

Mam, momski, mah, mami…

Sederet panggilan sayang buat nyokap dirumah. Perempuan perkasa, yang galak, nakutin, tegas, sekaligus penuh kasih sayang.

Gue seumur umur paling takut tapi paling sayang sama nyokap. Hubungan gue dengan dia tidak mulus bak jalan tol, tapi penuh liku liku. Ada kalanya gue sebeeel banget karena dia begitu pushy, tukang ngatur, otoriter, dan membedakan perlakuan antara gue dengan adek gue. Tapi gue tau gue gak bisa hidup tanpa dia, kesenangan dan kebahagiaan dia adalah yang utama buat gue.
Semenyebalkan apapun yang dia lakukan, gue tau itu semua demi kebaikan gue. Dia memang tidak sempurna tapi dia memberikan yang terbaik buat gue sebatas kemampuan dia. Pada akhirnya gue menyadari, dia hanyalah manusia biasa yang punya banyak kekurangan. Bisa sakit, bisa kecewa, punya berjuta perasaan.

Gue inget…
nyokap itu galaknya luar biasa (apalagi kalo udah ngajarin matematika),
dia gak segan segan mencubit atau nyabet gue pake kemoceng kalo gue nakal atau gak nurut,
dia suka maksa maksa gue les yang gue gak suka kayak les piano,
suka cuek sama gue tapi perhatian banget sama adek gue,
maksa gue bantuin dia masak di dapur padahal adek gue bisa nyantai nyantai,
daaan segudang kelakuan yang menyebalkan dikombinasi dengan kegalakan yang membuat gue gak berkutik alias mau gak mau akhirnya ngelakuin juga dengan penuh keterpaksaan…

Tapi…
Dibalik itu semua, dia memberikan yang terbaik buat gue.
Memberikan Ipod Mini karena dia tau gue suka banget denger musik. Rajin ke tukang jahit buat bikinin gaun gaun cantik.
Nyekolahin gue ke sekolah terbaik di luar kota, walaupun untuk itu dia mesti menghadapi kenyinyiran orang (anak gadis, di lepas gitu aja keluar kota, bla bla bla).

Dan yang paling berkesan buat gue, nyokap berkeras membeli polis asuransi pendidikan, bahkan dengan resiko ribut besar sama bokap karena dianggap buang buang uang (jaman gue dulu, asuransi belum se booming sekarang, beli asuransi=borju/buang buang duit). Kedepannya baru kerasa, tanpa polis asuransi pendidikan itu mungkin akan berat nyekolahin gue sampe kuliah. Huhuhu

Plusnya lagi, dengan semua sifat maksanya nyokap, sekarang gue sendiri yang merasakan manfaatnya. Gue bisa hidup mandiri, gue survive hidup nge kos di Bogor dan Jakarta akibat udah dibiasain disiplin. Gue bisa masak dan bisa tau bumbu dapur akibat dipaksa bantuin dia di dapur. Ketika bekerja, ga perduli sekeras apapun bos gue, sengeluh apapun gue tapi gue bisa tahan ngadepinnya karena terbiasa sama kerasnya nyokap gue😀

Sejak SMA gue praktis udah gak serumah sama nyokap, kita terpisah jarak, hanya kadang kadang aja gue pulang. Ketika menikah pun gue langsung hidup mandiri berdua sama si Mbul. Hubungan gue dan nyokap pun banyakan hanya via telepon. Dan kalo kita teleponan buat tuker kabar bisa sampe 2 jam aje😆
Banyak yang nyokap gue nasehatin ketika gue akhirnya menikah. Sekarang sih gue belum jadi nyokap, tapi someday kalo gue bisa jadi nyokap, gue gak berharap untuk jadi nyokap yang sempurna buat anak gue, tapi nyokap yang bisa memberikan yang terbaik buat anak gue seperti yang nyokap gue lakukan🙂

Nyokap gue itu ga tau apa hari ibu. Buat dia, semua hari sama aja.
Tapi hari ibu mengingatkan gue, walaupun hubungan gue sama nyokap gak selalu mulus , dia orang yang paling berarti di hidup gue. Dia pendengar setia segala keluh kesah gue, pemberi saran bijaksana disaat gue udah gelap hati, dan penghibur gue nomer satu.

I love u momski, terima kasih buat semua hal yang udah mama kasih buat aku :*

Ps:
#latepost ttg mama ini harusnya di posting kemarin tapi gak keburu akibat sibuk sibuk last minute.
Besok udah libur Natal, yeaaay…Selamat liburan dan selamat Natal buat yang merayakan  *tabur tabur cofetti*

15 thoughts on “Mom

  1. Ah…. Suka banget ama tulisan ini… Soalnya postingan di sos med isinya seakan akan mama adalah sosok seperti malaikat.., pdhal mama juga manusia biasa… Yg kadang galak… Kadang memaksa kita untuk tidak manja… Kadang kerasa lebih sayang ke sodara yg lain., dan ada temen yg curhat kalo mama nya lebih sayang dan selalu mendahulukan kepentingan papa nya…tapi… Yaitu lah.. Mama juga manusia .. Bukan malaikat yang tak bersayap..yang selalu kita kangenin masakannya… Yang selalu nungguin kita makan.. Walopun lauknya cuman secuil ayam..😀😀😀

    • Hahahhhah iya, mungkin yg lain mama nya baik2 kali. Kalo mama ku mah emang galak, otoriter (dulu) , tapi setelah dewasa ya aku sadar itu semua demi kebaikan aku juga dan sekarang aku yg tinggal menikmati keuntungannya🙂.
      Mau bagaimanapun nyokap, dia selalu melakukan dan memberikan yg terbaik buat anaknya, sedihnya itu baru kita sadar pas udah dewasa dan memetik hasil jadi tinggal nyeselnya aja deh kenapa dulu pake acara sebel2an hahahahaha

  2. Baru berasa manfaatnya pas dah gede ya may. Sama, dulu gue merasa emak gue kejamm benerrrr hahahaha pdhal dia lagi ngajarin banyak hal utk bekal kita saat kita dewasa

    • Bener banget jo! Dan tinggal lah kita nyesel2 sendiri kenapa dulu mesti pake acara mutung duluan sama nyokap. Yah sekarang tinggal nyenengin dia aja deh jo🙂

    • Thank you Ye. Mungkin a lil bit late, tapi selamat hari ibu ya mama Millie. You are awesome!
      Selamat liburan long weekend juga Ye *dadah dadah dari jalan tol cikampek yg stuck*😆

  3. Aku mewek baca ini. Ibu memang bukan manusia sempurna. Aku masih punya PR besar untuk berdamai dengan masa laluku.
    Sehat selalu buat Mama ya May. Bahagia dan keberkahan selalu menyertai Beliau🙂 selamat liburan buat kamu.

    • *hugs Dena* berdamai memang ga mudah ya Den. I feel you…
      Amiin amiiin thank you Den. Alhamdullilah si mama sampe sekarang sehat2. Selamat liburan juga ya Den. Disini lagi long weekend, aku mau mudik dan maceeet banget hahahahahah udah 5 jam nih di jalan mau mudik ke krwg cirebon😀

  4. Nyokap lu kayak nyokap gue, galak, dan lebih lembek sama adik gue. Tapi sekarang keliatan banget, gue yang lebih mandiri daripada adek, dan nyokap rada nyesel dikit gak kerasin adik gue sama dengan dia kerasin gue hahahaha. Semoga sehat terus ya buat nyokap lu, dan semoga kita semua bisa jadi mama yang baik sesuai dengan cara kita masing2.

    • Ooo ci Le punya WP juga ya tapi blog nya ttp di blogspot :D…sempet kaga muncul komennya di feeds WP padahal di email ada, eh ternyata nyasar ke junk hahaha…
      Wah iya banget ci, adeh gue sekarang masih dependent banget sama nyokap, kurang mandiri. Padahal dia juga nge kos sama, tapi jamannya dia nyokap sering babnget nengokin. Dulu rasanya keseel banget, tapi sekarang malah bersyukur. Bersyukur lebih mandiri, jadi kuat hidup dan kerja di Jakarta.
      Amiin, semoga mama ci Le juga sehat selalu ya. Biarlah jadi ibu yang gak sempurna karena kesempurnaan hanya punya Tuhan, kita cuma melakukan yang terbaik aja🙂

Leave a Reply

