Before You Have Dog

Hai, selamat hari Senin …

IMG_20150522_095100
Yang mau kerja yuk Mercy supir in :p

Lagi lagi mau ngomongin anjing, hihihi mudah2an gak bosen ya. Hidup gue sekarang gak jauh jauh dari situ soalnya😀

Punya anjing itu banyak manfaatnya at least buat gue.
Mereka membuat hidup gue lebih berwarna dengan segudang kelakuan  lucu dan nakalnya. Selain itu punya anjing bikin gue belajar lebih bertanggung jawab.
Sekarang kayaknya punya anjing udah jadi semacam trend, dilihat dari makin maraknya grup pencinta anjing dimana mana.

Cuma mesti di inget ya (banyak orang suka lupa soalnya), binatang peliharaan itu mahkluk hidup. Mereka punya perasaan, butuh makan minum, bisa sakit, dan yang paling penting mereka butuh disayang. Mereka bukan barang yang bisa di buang ketika sudah tidak diinginkan atau tidak lucu lagi.

Jadiii sebelum memiliki anjing ada baiknya kita perhatiin hal hal berikut:

Disclaimer: point point yang gue jabarin di bawah ini berdasarkan pengalaman gue, pendapat gue semata. Feel free kalo ada yang perlu di tambahin.

Tempat
Gue gak bilang elo harus jadi orang kaya dengan rumah super luas untuk punya anjing. Rumah kecil pun bisa punya peliharaan cuma baiknya di pertimbangkan space untuk anjing itu beraktivitas.
Walau tidak menyarankan, tapi kalau anjing mau dikandang, space kandang juga perlu di perhatikan. Semakin besar anjing, semakin besar juga space yang dia perlukan untuk bergerak bebas.

Biaya
Sebenernya piara binatang apapun pasti butuh biaya lebih. Kalau mau piara anjing, biaya ekstra ini perlu banget di pertimbangin. Dari mulai makan sampe grooming. Dan jangan lupa, biaya kesehatannya juga gak murah. Semakin besar anjing, semakin besar juga biaya yang dikeluarkan untuk memeliharanya. Oya untuk biaya pemeliharaan anjing ras dua kali lipat lebih mahal dari pemeliharaan anjing lokal ya.

Komitmen dan waktu
Rata rata masa hidup anjing adalah 10-16 tahun, jadi selama itu lah anjing menggantungkan hidupnya sama kita sebagai owner. Mereka ga bisa cari makan sendiri, gak bisa ngobatin diri sendiri, gak bisa kedokter sendiri, gak bisa seka pee dan poo nya sendiri, dan gak bisa sendirian aja tanpa kita ajak bermain. Intinya mereka ga bisa dimiliki terus harus hidup sendiri, gak di pelihara, ga di perhatiin . Mereka bisa stress terus sakit atau mati
Ada satu quote yang bikin gue nyess banget:

dog-we-are-all-he-has
Buat kita dunia itu luas, tapi buat anjing kita lah dunia mereka. Image diambil dari sini

Quote itu yang gue selalu inget inget ketika gue lagi jenuh menghadapi bandelnya Mercy dan Jessy. Hehehe biar Mercy dan Jessy lucunya ga abis2 tapi ada kalanya loh gue gak mood ngadepin kenakalan mereka atau pas gue lagi bokek banget, eh mereka sakit dan perlu ke dokter:/
Ketika lagi masa masa gak mood atau down, mesti inget komitmen gue ketika gue memutuskan untuk pelihara mereka.

Jenis anjing
Jenis anjing ada macam macam, baiknya disesuaikan dengan karakter kita. Maka baiknya banyak riset dan browsing type dan karater anjing sebelum memelihara ya.

Please adopt don’t buy
Sebenernya mah kalo mau beli juga bebas bebas aja, toh duit bukan duit gue, cumaaaa coba deh petimbangin untuk adopsi dari shelter. Banyak anjing anjing manis yang terlantar dan butuh rumah. Anjing ras pun banyak yang terlantar di shelter.
Coba aja cari di Facebook, ada: Republik Gukguk, House of Stray, Rumah Singgah TPP, Shelter Tegal Alur, dll. Itu semua bisa di search di Facebook. Gue gak bisa link in karena Facebook di block di kantor gue. Buat yang pengen tau pengalaman adopsi, bisa di baca di blog nya Hilda. Gue dulu iseng baca blog nya pas cari info ttg anjing, gak taunya dia tinggal di BSD dan kita sempet ketemuan di acara gathering Serpong Dog Lover🙂.

Jadi:
FB_IMG_1447739073536

Have a nice Monday.
Xoxo

16 thoughts on “Before You Have Dog

    • Iya, sebenernya komitmen punya binatang peliharaan tuh sama kurang lebih kayak punya anak Ye. Kalo lagi ga mood, kalo lagi bete. Err sebenernya kalo mau di marahin pun mereka ga bakal ngerti juga sih -__-“

  1. Mayaaaa akuu pecinta anjiiing, gak pernah bosen deh sama anjing, eh udah baca MArley and Me belum bukunya? Itu aku aja mewek mewek bacanya, anjing itu kan peka banget Maaay. Nanti anak anak gedean dikit mau minta ijin Edi lagi buat punya anjing, ini krucils juga udah bilang kalo balik mau punya anjing yaaa dan bapake kayak agak agak luluh gitu hatinya kalo anaknya yg minta. Gak tau aja die, dulu mamakku gak suka anjing samsek giliran adikku adopt eh malah dia yang sampe sekarang sayang banget sama anjing kalo lagi ke Bandung dia nelponnya ke Medan nanyain anjingnya duluan ahahah

    • Hahahaha abisan sekarang aku bakalan sering posting tentang anjing secara jarang kemana mana daah😀
      Marley and Me? sampe lecek mak gara gara sering di baca, dan yes tiap baca ulang pastii mewek. Anjing emang peka, hahaha tapii kalo urusan nakal mereka kurang peka emang😆
      Aiih semoga bang Edi ijinin ya, bagus buat anak anak kalo punya peliharaan🙂
      Iya tuuh mama ku juga kalo telepon yg di tanyain “cucu” nya duluan, duo krucil😀

  2. Terus terang aku bukan pencinta binatang. Maksudnya aku takut sama semua binatang kecuali ikan. Karenanya aku juga ga makan daging dan ayam. Kasihan dan takut pas ingat2 mereka disembelih. Entah kenapa kalo sama ikan ga kasihan ya haha. Duluuu aku selalu ngibrit lari kalo lihat kucing, apalagi anjing. Dideketin kucing saja langsung teriak2. Tapii sejak di Belanda ini, akhirnya aku terbiasa papasan dengan anjing. Aku melihat Anjing2 disini nampak terlihat bahagia dan jinak karena selalu diajak jalan2 sama yang punya. Kalau papasan sama orang mereka ga agresif gitu. Padahal ada anjing yang aku benciii banget karena mukanya jelek dan nakutin, tapi sejak disini aku ga takut lagi. Kalau papasan biasa aja. Malah aku sekarang sering perhatikan anjing2 yang kecil2 itu lucu juga ya. Jalan geal geol gitu. Beberapa kali pas pulang jam 11 malam, papasan dengan beberapa orang yang ajak jalan2 anjingnya. Entah mungkin aku yang kurang gaul atau gimana, setahuku di Indonesia jarang lihat anjing2 diajak jalan2 gitu. Jadinya kalau ketemu orang nampak agresif, gonggongnya kenceng banget. Bener ga sih logika ini?

    • Heheheh gpp Dan. Takut atau gak suka wajar, karna mungkin gak biasa. Yang penting jangan menyakiti. Soalnya ada yg gak suka terus anjing/kucingnya di tendang😦
      Akupun kalo anjingnya gede banget sih takut😀. Kebiasa sama anjing yang kecil.
      Soal di ajak jalan, aku sendiri jarang ajak anak2 jalan sih. Lingkungan sekitar rumah kurang doggy friendly, tapi untungnya ada mall outdoor di BSD, The Breeze, yang boleh bawa anjing jadi suka aku ajak kesana buat refreshing🙂.
      Emang kalo anjing gak bergaul atau jarang diajak keluar suka jadi (keliatan) agresif atau mungkin terlalu excited sekalinya ketemu orang. Kalo ketemu yang begini mending di cuekin aja ya, jangan ketakutan atau buat gerakan yg mendadak nanti malah di tomplok. Kalo di cuekin dia bakal cuek juga kok karena melihat kita bukan ancaman🙂

    • Heheh kalo soal halaman mah relatif lah Non. Halaman rumah ku juga gak gede, tapi anak2 jarang di luar juga sih.
      Naaah kalo yg sering pergi2 itu baru kasian. Kalo gak liat muka tuannya, mereka sering stress loh🙂

  3. Salam kenal. Karena kepercayaan saya melarang memelihara anjing. Maka saya suke perhatikan anjing anjing piaraan tetangga. Ada satu yg diiket di pagar . Dan percaya deh. Setiap saya lewat si anjing selalu melihat dengan tatapan memelas. Ntah kenapa. Pengen diajak jalan or..,Sampe sampe saya rasanya pengen ngelus ngelus kepalanya. Padahal anjing nya gede. …saya jadi suka baca postingan tentang anjing😀😀😀

    • hai salam kenal juga, thank you udah baca baca🙂
      Aduuh kesian amat. Kadang yang pelihara suka gak niat atau menganggap anjing atau kucing itu kayak barang.
      Piara binatang emang repot, mesti dipikirkan baik baik banget sebelum memutuskan pelihara binatang. Sayangnya ini yang gak banyak dilakukan orang sebelum memutuskan pelihara binatang. Begitu udah ribet solusinya di ikat, dikandang atau bahkan di buang😦

  4. Maya itu Mercy lucu banget. Tahun ini aku pengen hadiah Natal anjing, tapi nampaknya belum terwujud.

    Indeed anjing emang memerlukan komitmen dan di Irlandia berkomitmen dengan anjing lebih mudah ketimbang di Indonesia karena 1) potensi anjing diracuni lebih rendah 2) potensi anjing dicuri untuk dimakan dagingnya lebih rendah 3) banyak ruang terbuka untuk ajak anjing jalan2 4) tetangga gak ribut kalau ada anjing menggonggong.

    Dan patah hati karena anjing mati itu lama bener sembuhnya. Aku sampai sekarang masih sedih kalau ingat anjingku yang mati.

    • Iya, si Mercy banyak gaya hahahaha, itu geser bokongnya dari kursi mobil ribet bener, kekeuh duduk disitu😆

      Kayaknya di luar lebih doggy friendly ya mba, sedih kadang disini punya anjing aja bisa kena surat SP dari RT. Belum lagi mesti di jagain baik baik, sekali raib udah deh bisa berakhir di periuk.
      Nah untuk tempat jalan2 anjing sekarang udah lumayan mba, ada mall central park yg boleh bawa anjing, dan di BSD ada The Breeze juga yg boleh bawa anjing. Cuma kalo taman emang gak ada, pengennya bisa ada dog park gitu ya.
      Huhuhu emaaang, kalo di tinggal anjing mati itu sedih banget. Semoga nanti bisa segera terwujud keinginan punya anjing ya mba Tje🙂

Leave a Reply

