Singapore Trip : Gardens by The Bay

Taken from OCBC Sky Bridge
Taken from OCBC Sky Bridge

20140908_144008

20140908_143543

Gue ke Gardens by The Bay sebenernya atas bujukan dari tante gue. Mungkin tante gue kesian juga liat gue pertama kali ke Singapur tapi cuma jalan jalan gak juntrungan sama kuliner doang. Di tawarin ke Sentosa, gue males secara sendirian (tante gue kan mesti kerja). Akhirnya Gardens by The Bay pilihan yang paling baik menurut tante gue. Dia bilang tempatnya gak ngebosenin. Kebenaran karena masih dalam suasana peringatan kemerdekaan Singapur & mid auntum festival, di Gardens by The Bay lagi ada pameran lampion & anggrek.
Wah, gue pikir boleh juga tuh. Lagian Gardens by The Bay deket sama Marina Bay Sands jadi sekali jalan gue bisa ngeluyur di dua tempat🙂

Pagi pagi gue udah jalan kesana. Gue jalan sendiri dan dari malam udah browsing gimana cara naik MRT nya kesana. Bisa dari Marina Bay Sands atau turun di Bayfront. Kalo dari Bayfront lebih deket sih, keluar ya langsung di Garden by The Bay. kalo lewat Marina Bay mesti jalan lagi lumayan jauh. Untuk informasi lengkapnya bisa langsung di cek ke situs nya disini. Di situs sudah tersedia komplit semua informasi mengenai event yang sedang berlangsung disana, harga tiket masuk, dan bagaimana cara nya mencapai Gardens by the Bay.

Gue sampe udah lumayan siang di Gardens by The Bay, soalnya gue sempet ngeluyur dulu ke Kinokuniya di Takashimaya. Sampe Gardens by The Bay kira kira jam 11 siang. Puanaaaas banget. Gue lupa pula bawa topi atau payung, mateng deh.

Kalo mau keliling area pake shuttle sebenernya bisa tapi mesti bayar lagi sekitar SGD 2 kalo gak salah. Dan karena gue pikir sayang bayar lagi, ya udah lah gue panas panasan aja jalan kaki ngiterin area nya puas puas sebelum masuk ke dalam conservatory (dome) nya.

Oya, untuk pembelian tiket conservatory (dome) nya Gardens by The bay yang murah bisa bisa di cari di travel agent di Lucky Plaza, Orchad. Disitu mereka jual biasanya udah paket an dan lebih murah daripada harga resmi, tapi asli kok. Lumayan lah. Bukan cuma untuk tiket Gardens by The Bay, disitu juga mereka banyak jual paketan tour lokal, pembelian tiket bus untuk city tour, sampai tiket ke Universal Studio. Tante gue beliin gue tiket untuk 2 conservatory sekaligus, Flower dome sama Rain Forrest dome itu harganya sekitar SGD 22 kalo gak salah, lebih murah SGD 6 daripada harga resmi.

Masuk ke dalam Gardens by The Bay sendiri gratis, yang bayar kalo kita masuk ke dalam conservatory nya, naik shuttle nya, atau naik ke OCBC Sky walk nya. Gak heran kalo sore sore banyak orang yang jalan jalan atau olah raga di sana karena emang sebenernya Gardens by The Bay bukan cuma sekedar tempat wisata tapi juga taman kota di tepi teluk.

Sebelum masuk ke conservatory nya, gue keliling keliling dulu di sekitarnya. Ho’oh tengah hari bolong, di bawah panas terik. Gue sampe akhirnya beli topi di toko souvenir saking gak kuatnya kepanasan.
Karena masih siang, gue bisa ngeliat bertapa rapi dan terawatnya Gardens by The Bay. Tong sampah banyak, tanda dan peta banyak tersebar dimana mana, tanamannya terpelihara dengan baik, dan pastinya bersih. Peta brosur tersedia di informasi, tapi sebenarnya tanpa itu pun kita gak bakal kesasar deh karena petunjuknya jelas dan ada dimana mana.
Kalo yang bawa anak anak pasti senang. Pemandangannya bagus, anak anak bisa berlari lari bebas karena area nya luas. Gue lumayan lama duduk duduk di bawah pohon menikmati pemandangan ke arah teluk dan landmark Marina Bay yang terkenal. Bagus banget deh, ditambah lagi ada banyak lampion di pasang.
Di luar conservatory banyak tersebar taman taman tematik yang bisa dinimati gratis kayak taman oriental yang di buat nuansa oriental, taman India, taman melayu, dsb. Bukan cuma sekedar taman, itu juga sebagai wahana edukasi. Informatif deh.
20140908_144633

Udah puas puter puter di taman, gue bergegas masuk ke area conservatory. pertama gue masuk ke Flower dome. Kebeneran lagi ada pameran anggrek disana. Dan begitu gue masuk, hamparan bunga bunga nya breathtaking banget! Asli baguuuus. Semua tertata rapi dan sangat informatif. Walaupun cuaca di luar dome puanas bukan main, tapi di dalam dome lumayan dingin. Sinar matahari terik tapi gak panas. Karena lagi ada pameran anggrek, baru kali itu loh gue baru bisa bener bener nyium wangi nya anggrek gimana. Saking banyaknya, wangi anggrek sampe tercium kuat. Yang suka bunga pasti betah masuk di dalam Flower dome ini. Ada di dalam sini rasanya damai banget, gue lumayan lama loh di Flower dome, ada kali 3 jam an. Gue muter berkali kali. Kayaknya gak puas puas liat bunga nya yang cakep cakep.

20140908_150657

20140908_152904

20140908_161902

Sehabis dari Flower dome gue bergegas ke Rain Forrest dome. Berbeda sama Flower dome yang isinya bunga semua, Rain Forrest dome itu seperti hutan hujan buatan. Begitu masuk dome, pengunjung langsung di sambut sama air terjun buatan setinggi 6 meter. Ada di dalam rain Forrest dome cuma membuat gue berpikir ini yang bikin dome judul nya niat banget! Miniatur hutan hujan di buat sedemikian rupa untuk wahana edukasi komplit dengan area gua stalaktit sama stalakmit, sungai dan danau mungil buatan. Kereeen. Dan yang lebih keren lagi plus bikin gue gemeteran adalah cloud walk. Itu literally kita kayak jalan di atas awal saking tinggi nya. Gue jalan sampe nyaris merangkak saking ngerinya, tapi tetep aja gue jalanin, dan gue kitarin sampe dua kali saking serunya😆

waterfall
waterfall

20140908_164536

lumut
lumut
Cloud walk
Cloud walk
up above
up above
Dari Cloud walk
Dari Cloud walk

20140908_171822

20140908_171932

20140908_172334

Goa stalaktit, stalagmit & batuan kristal
Goa stalaktit, stalagmit & batuan kristal

Hari udah mulai beranjak sore ketika gue keluar dari Rain Forrest dome. Gue sempet duduk-duduk sebentar di pinggir Flower dome menikmati matahari sore sambil ngeliatin matahari terbenam dan orang orang yang pada jogging. Nikmat bener…🙂

Setelah hari beranjak gelap gue jalan lagi mengitari taman sambil ngeliat lampion, bagus bagus deh. Sayang gue gak bisa foto foto karena udah mulai rame plus gue juga mesti hemat batre handphone. Nyesel juga gue gak bawa kamera pas jalan jalan, ngandelin HP ternyata gak kuat seharian batre nya.

Gue juga naik ke OCBC Sky Bridge. Emang bayar lagi sih SGD 5 itupun di batasi cuma boleh 15 manit doang diatas, tapi lagi lagi its worth it! Pemandangan dari atas sky bridge cantik banget pas sore sore. Hehehe sepanjang jalan di jembatannya dooong asli bikin gemetar soalnya tinggi banget dan goyang goyang. Beda sama di Rain Forrest dome, biar tinggi tapi kan gak goyang goyang di tiup angin😀

Pemandangan dari atas Sky Bridge
Pemandangan dari atas Sky Bridge
ngeri ngeri sedep
ngeri ngeri sedep
sky tree
sky tree

Puas foto foto gue pun menikmati keramaian lagi di bawah. Kan lagi mid auntum festival (festival musim gugur) jadi rame banget. Ada pentas kesenian dan hiburan pula selain ada lampion. Banyak yang piknik sore sore sampe malem untuk nonton pertunjukan tari.
Biarpun rame, banyak yang gelasr tikar ditaman gitu, yang bikin gue kagum tuh teteup loh bersih. Gak ada sampah berserakan. Semuanya tertib dan teratur.
Di dalam area Gardens by The Bay gak boleh bawa makanan dan minuman dari luar tapi gak di periksa juga kok. Jangan kuatir di dalam ada food court yang jual makanan. kalo gue sih karena mau irit, gue bawa minum botol minum sendiri. Bisa di refil kok di keran air khusus air minum yang ada dimana mana. Untuk  toilet nya bersih dan banyak dimana mana.

Overall gue nilai Gardens by The Bay bagus banget. Sangat informatif, mendidik, dan nyaman. Gue jalan jalan disitu seharian betah banget.

Sedikit note dari gue, sebelum gue menulis postingan ini kan gue sempet piknik sama temen kantor gue ke Kebun Raya Bogor, gak sengaja gue jadi bikin perbandingan antara Gardens by The Bay sama Kebun Raya Bogor. Menurut gue membandingkan dua kebun ini cukup apple to apple kok.
Gue jadi prihatin kenapa ya Kebun Raya Bogor gak bisa sebagus Gardens by The Bay? Padahal itu sama sama kebun. Kesimpulan gue bagus/engga nya itu lagi lagi tergantung niat gak sih pengelola nya me-maintain kebun tersebut. IMO, Kebun Raya Bogor harusnya bisa kok jadi sebagus Gardens by The Bay. Iya lah, apa yang ada di Gardens by The Bay di Kebun Raya Bogor gak ada? Dari pengamatan gue, semua sama kok, sama sama ada. Malahan Kebun Raya Bogor tuh lebih unggul karena lebih alami bukan buatan di dalam rumah kaca.
Untuk anggrek aja, Kebun Raya Bogor tuh punya conservatory dan rumah kacanya sendiri sendiri. Anggreknya lebih bagus dan lebih beragam. Di Gardens by The Bay kemarin banyak anggrek karena pas lagi pameran aja.
Sayangnya ketika gue piknik di Kebun Raya Bogor, keadaanya memprihatinkan. Kebersihan taman tidak terjaga, cari tong sampah susah, cari toilet susah, sampah bekas piknik dimana mana, sungainya kotor, banyak coretan coretan jahil di fasilitas umum, dsb. Peta dan petunjuk jalan pun udah gak jelas.
Yang bikin kesel, conservatory anggrek di Kebun Raya Bogor gak bisa di kunjungi oleh umum. Gak jelas juga kenapa karena gak ada petugas yang bisa di tanyai.

Hhhh mau gimana lagi gue ngomong ya. Gue cuma bisa menyesalkan aja sih. Lagi lagi dengan berat hati gue harus membandingkan, Singapur aja sampe bela belain bikin rumah kaca, taman buatan, sungai buatan sampe hutan hujan buatan…demi loooh. Demi edukasi sekaligus demi masyarakatnya supaya punya ruang publik buat beraktivitas selain sebagai paru paru kota juga. Sayang kenapa Kebun Raya Bogor gak bisa kayak begitu juga padahal modal alaminya udah ada dan pemandangannya gak kalah keren. Berdampingan pula sama Istana Presiden😦

Jadi berharap siapa tauuuu ya suatu hari Kebun Raya kita bisa seketje Gardens by The Bay🙂

 

 

29 thoughts on “Singapore Trip : Gardens by The Bay

  1. Hallo!

    Seru juga ya didalem dome nya, dlu aku pas ke sana cuma menikmati dari luar sambil duduk2 kena angin sepoi2. Ternyata dalemnya luas juga ya, banyak spot2 menarik buat narsis😀

  2. Maayyy,
    aku 2x ke GBTB belum berhasil masuk ke dalamnya. Hiks.

    pas maintenance melulu … musti inget2 jadwal mereka nih.

    semoga ada kesempatan lain untuk bisa masuk ke dalam DOME nya.

  3. Ci gw lebih tertarik cobain ocbc sky bridge ketimbang cloud walk nya, kalo gw yg jalan disana pasti ga berani liat bwh deh…
    Lah di FX aja yg lt 7 transparan kebwh itu gw ngerii 😭
    Gw ke gbtb cm foto2 diluar doank, blm prnh msk conservatory nya.. Mayan jg tnyta isinya, meskipun gw gasuka bunga heheheh

    • Hahahaha iyaaa, itu asli ngeri ngeri sedep loh Mey. Keren sih. Bridge nya gak panjang tapi rasanya ujung ke ujung lama banget sampe nya.
      Lumayan bagus kok isinya, kalo yang flower dome biasa aja sih, lebih keren yang rain forrest. Udah gitu lumayan kalo siang siang bisa ngadem😀

    • Di lucky plasa banyak yang jual jual paket begitu mbak, biasanya sih lebih murah walau gak sampe SGD 10 murahnya tapi lumayan lah apalagi kalo belinya banyak.

  4. fokusnya pemerintah Indonesia emg bukan di memperbaiki fasilitas umum yg mendidik kyk Kebun Raya Bogor gitusih. Dan ntah mengapa orang Indonesia masih byk yg kecil kesadarannya untuk bisa tertib membuang sampah pada tempatnya. Dan ini gak semata tergantung tingkat pendidikan loh. Aku punya kenalan seorang dokter yg bisa santai buang sampah sembarangan.

    • salam kenal mbak, thanks udah mampir.
      hehehe iya ya, kemaren gak sempet kesana sih tapi kok feeling aku tetep aja ya bagusan Singapore Botanical Garden. Nggg kebun raya bogor lebih bagus sih tapiii perawatannya bikin geleng2 kepala🙂

  5. Whooaa kemarin aku nggak tau kalau bisa naik ke Sky Tree. Keren!
    Btw thank you infonya soal travel agent di Lucky Plaza. Lumayan banget kalau bisa lebih murah😀 Hehehe

    • oya? itu juga gak tau sih tadinya eh liat ada antrian ikut ikut ternyata bisa naik😀
      iyaa di lucky plaza itu banyak loh, banding bandingan aja mana yang lebih murah. Banyakan biro travel filipina gitu mbak

    • Hai so sorry for late reply, saya baru bisa buka blog lagi.
      Untuk tiket Garden by The Bay hanya untuk masuk ke area dome (flower dome atau forrest dome) dan sky bridge nya. Tiket bisa di beli di tiket box langsung atau via on line. Diluar dome dan sky bridge, Garden by The Bay bisa dinikmati secara gratis.

Leave a Reply

