Singapore Trip: Kuliner Sedap

Gak asik kayaknya kalo liburan gak di barengin sama wisata kuliner. Pas ke Singapur yang bikin gue happy of course karena disana banyak makanan yang gak halal kesukaan gue dong. Udah kebayang tuh yang namanya makan di hawker center (semacam food court), nyobain bakut teh, dsb dsb.
Banyak yang bilang kalo kuliner Singapur tuh kurang rasa, kurang greget tapi setelah gue alami sendiri sih kayaknya oke oke aja. Walau harganya mahal tapi rasanya semua enak dan enak banget😆

Ini beberapa hasil jalan jalan kuliner gue di sana. Gak banyak sih, soalnya entah kenapa, mungkin karena banyak jalan kaki kali ya, gue jadi cepet banget kenyang dan gak bisa makan banyak di sana.

Old Airport Road Food Court
Ini semacam food court yang ada di deket apartemen tante gue. Pas pertama kali di bawa kesini gue rasanya jadi kalap sendiri. Stall makanan nya banyak banget dah semua keliatan enak enak. Mau di coba semua tapi mana kuat lah😀
Untuk tempat walau bangunan tua tapi bersih. Self service, alias kalo pesen langsung bayar dan makanan di ambil sendiri tidak di antar. Harga makanannya kata tante gue sih relatif murah untuk ukuran Singapur walau kalo di kurs in ke rupiah lumejen juga harganya alias gak murah murah banget. Tapi worth it kok, porsinya ngenyangin dan enak. Oya untuk minuman gue susah banget nyari es teh tawar disini. Gue lupa Singlish nya teh tawar itu apa. Akhirnya gue minum lemon tea deh, tapi lemon tea nya enak banget, beneran dari lemon bukan essens.

Grilled chicken wings. SGD 3.50 isi 3. rasa nya asin asam. Ayamnya matang pas
Grilled chicken wings. SGD 3.50 isi 3. rasa nya asin asam. Ayamnya matang pas
Kuo tie & Xiao long pao. Enak banget, sekelas bikinan Din Tau Fung. Harga per porsi cuma SGD 3.50
Kuo tie & Xiao long pao. Enak banget, sekelas bikinan Din Tau Fung. Harga per porsi cuma SGD 3.50
Black pepper crab. Kepitingnya manis dan besar. SGD 30.00 aja. Black peppernya gak terlalu medok, cocok buat yang gak doyan pedes lada
Black pepper crab. Kepitingnya manis dan besar. SGD 30.00 aja. Black peppernya gak terlalu medok, cocok buat yang gak doyan pedes lada
Makan kepiting gak asik kalo gak pake cah kangkung SGD 15.00. Gak terlalu istimewa tapi boleh lah
Makan kepiting gak asik kalo gak pake cah kangkung SGD 15.00. Gak terlalu istimewa tapi boleh lah
di Odl Airport Road food court ini banyak banget yang jual es tebu tapi gue lebih suka es lemon tea nya
di Odl Airport Road food court ini banyak banget yang jual es tebu tapi gue lebih suka es lemon tea nya

Soon Huat Bakut Teh
kayaknya gak komplit kalo ke Singapur gak nyobain makan bakut teh ya. Bakut teh adalah semacam sop iga babi pake rempah rempah obat tapi tenang aja, gak bau obat kok. Enak malahan dan sehat. Soon Huat Bakut teh ini gue lupa alamatnya di mana, soalnya perginya bareng sama temennya tante gue. Katanya bakutnya enak dan porsinya ngenyangin. Kedai nya sih gak terlalu besar ya, yang unik pemiliknya adalah mantan narapidana yang tobat. Dia membagi kisah hidupnya yang penuh inspirasi dari mulai dia masih penjahat sampe akhirnya bertobat dan mendirikan resto bakut teh, melalui tulisan di dinding kedai nya.
Bakut teh nya sendiri menurut gue enak dan emang bener porsi nya ngenyangin. Dagingnya empuk. Makanan lainnya juga gak kalah enak. Tante gue dan temennya pesen ayam goreng mentega sama kacang merah.

Soon Huat BaKut Teh
Soon Huat BaKut Teh
Bakut teh
Bakut teh
Ayam goreng mentega
Ayam goreng mentega

Guan Hoe Soon Restaurant
Sepulang misa hari Minggu gue di ajak jalan sama tante gue untuk makan di restauran ini ada di satu tempat di Joo Chiat Road.
Resto nya gak terlalu besar dan makanan yang di hidangkan banyakan makanan cina peranakan.
Kata tante gue, di resto ini jual ayam keluwak yang miriiip banget rasanya kayak yang biasa di masak sama oma gue dulu. Pas gue liat ayam keluwaknya gue sempet skeptis karena lebih mirip ayam kari daripada ayam keluwak tapi setelah gue makan huaaah enak banget ayam nya, dan bener mirip kayak masakan oma gue, walaupun secara penampilan gak sama. Soup bakso kepiting nya juga enak banget. Makan disini agak pricey yah, kita makan berdua habis SGD 50.00 aja loh, untung di bayarin tante😀

Guan Hoe Soon Restaurant
Guan Hoe Soon Restaurant
Appetizer, acar ketimun pake ati ampela
Appetizer, acar ketimun pake ati ampela
Ayam keluwak
Ayam keluwak
Soup kepiting perut ikan
Soup kepiting perut ikan

Kuliner di Tanjung Katong.
Kue khas Teochew.
Sayangnya guebgak sempet nyobain karena kehabisan tapi kata tante gue kue ini enak banget. Next time yaaa, belom rejeki🙂

20140907_102807 20140907_102844

Kue kue basah tradisional peranakan.
Warna warni minta di borong banget yah kue nya. Kalo di perhatiin sih gak beda jauh sama kue kue basah kita kok. Sayang gue masih kekenyangan pas liat kue kue ini, jadi cuma gue foto aja deh🙂

20140907_103455

Roti prata & kuah kari.
Gue biasanya makan roti prata yang di ITC mal Ambassador, itu aja udah lumayan enak. ternyata di salah satu kedai India di Tanjung Katong roti pratanya lebih enak lagi! Dengan isi telor dan cocolan kuah kari, rasanya surga banget deh.20140907_105658 20140907_105711

 

Kuliner Chinatown.
Chinatown ini menurut gue sih surga nya bakwa (dendeng babi). Kalo dulu gue cuma taunya bakwa itu Bee Cheng Hiang doang, di Chinatown ini ternyata banyaaak merk lainnya yang gak kalah enak. Untuk harga sih yaa gak murah murah banget lah, sama aja.

Ini menurut gue bakwanya lebih enak dari BCH
Ini menurut gue bakwanya lebih enak dari BCH

Selain bakwa, di Chintown juga banyak makanan enak. Chinese food gitu yang fo course kaga halal.
Gue kebeneran pas browsing sebelum pergi baca postingan ini tentang dimsum, dan langsung dengan niat banget pengen nyobain juga makan dimsum juga di Yum Cha😆. Cuma gue bukan pergi pas sarapan, gue pergi sehabis makan malam. Dimsum nya enak banget, restorannya agak susah di cari but worth it. Abaikan para pelayannya yang jutek jutek, gak ngurangin enaknya makanan disitu kok🙂
20140907_210510 20140907_210246 20140907_205301 20140907_204009

Kalo pas lagi di Chinatown jangan lupa nyobain es shanghai di kedai ini. Es nya banyak dan bola bola transparan nya istimewa. Meledak di mulut🙂. Oya porsi es nya lumayan banyak bisa buat makan berdua, harganya sekitar SGD 5.00. 20140907_195055

20140907_192422

red bean paste
red bean paste sekilas mun
Es shanghai leci
Es shanghai leci

Selain itu banyak makanan yang bisa di beli di Chinatown. Menggoda iman banget deh. Gak kenyang sama dimsum dan es shanghai gue dan tante masih ngeborong bakwa, jeruk bali yang kayaknya lagi musim di sana, kesemek kering dll judulnya mah lapar mata ajah😆
next time kesana gue mau coba ah makan chinese food nya di Chinatown Street Food🙂

Food street, isinya makanaaan semua :)
Food street, isinya makanaaan semua🙂
jeruk bali
jeruk bali
Kesemek kering
Kesemek kering

20140907_211031

 

Es potong di Orchad.
Es potong sekarang sih di jakarta juga banyak ya, tapi yang istimewa tetep yang asalnya dari Singapore dong.  Banyak yang bilang es potong di Orchad road ini yang enak banget. Dan setelah gue makan emang enaknya pake banget. Gue makan yang es duren dan masih kebayang enaknya sampe sekarang. Makannya di pinggir jalan sambil duduk duduk liat keramaian di Orchad🙂
20140906_145305 20140906_145426

Tiong Bahru Bakery
Ini gue dapet rekomendasi dari Dinadya. Katanya bakery disini enak banget. Tentunya gue jadi penasaran dan pergilah gue sarapan disana sebelum gue pulang. Bela belain deh gue jalan ke Orchad lagi sendirian. Cappucino nya enak banget trus croissant nya…huaaaah enak dah, meleleh di mulut. Tiong Bahru di Orchad ada di Tang Plaza, tempatnya gak gede tapi nyaman. Recomended buat sarapan karena kopi nya mantap!
20140908_100807 20140908_100932 20140908_101326 20140908_101624

Selain kuliner di atas sebenernya masih banyak sih yang pengen gue coba. Ada beberapa yang aneh aneh gak ada di Indo, bikin penasaran. Semoga next time bisa balik lagi buat wisata kuliner deh *buang timbangan*😀

Salah satu hawker center yang gue foto tapi belom sempet gue coba. keliatannya enak enak yaaa
Salah satu hawker center yang gue foto tapi belom sempet gue coba. keliatannya enak enak yaaa
hawker center yang bersih dan nyaman cuma kata temen tante gue susah cari parkirnya kalo lagi rame
hawker center yang bersih dan nyaman cuma kata temen tante gue susah cari parkirnya kalo lagi rame
teh susu yang ada dimana mana dan enak banget buat sarapan
teh susu yang ada dimana mana dan enak banget buat sarapan
yakult warna warni, gue heran kenapa ini gak masuk Indo ya. Botolnya lebih gede dan lebih banyak pilihan rasanya
yakult warna warni, gue heran kenapa ini gak masuk Indo ya. Botolnya lebih gede dan lebih banyak pilihan rasanya

To be continued

 

 

 

 

 

 

 

28 thoughts on “Singapore Trip: Kuliner Sedap

    • Hahaha muat muat aja sih kan makannya juga berdua mas, terus gak dalam satu hari kok😆
      Rincian budgetnya cuma 1, dibayarin hehehe yah namanya juga nebeng sama tante jadi dia makan apa ya aku ikut aja. Tapi kalo di perhatiin sih kalo di foodcourt2 gitu asal makannya masih nasi goreng atau dimsum harganya gak bakal lebih dari SGD 10 kok. Kalo makannya udah makan besar kayak seafood baru deh bisa SGD 25-30

  1. gila enak2 banget kulinernya.. temenku ada loh ce yg dr jakarta khusus weekend ke singapore cuma buat kulineran keliling.. tapi memang kangenin sih makanan2 disana.. sayang aja sejak kurs SGD naik gila2an jadi mahal yah harga makanannya hehe
    gw suka nasi hainam yg di novena ce, sama nasi hainam yg di bagus food court deket pelabuhan harbour front..
    lewat post ini jadi banyak referensi kuliner lagi deh kalo next time ke SG🙂

    • Hahaha gile niat banget ih itu mah judul nya. Tapi makanannya kan emang beda ya, jadi petualangan kuliner tersendiri aja. trus keliatan kalo orang singapur tuh pada doyan makan jadi tempat kuliner tuh ada aja dimana mana.
      Eh gue kemaren malah gak makan nasi hainam loh, nanti kalo kesana lagi udah masuk bucket list. Soalnya gue juga gak main sampe harbor front sih.
      Iyaaa, ayuk gimana kalo bertualang bareng2😀

    • Hahaha iya mbak, abis posting jadi laper juga deh.
      Tanteku tugas 4 tahun di sana, lumayan mbak jadi kalo mau trip ada akomodasi gratis dan makan semi gratis.
      sejauh aku coba sih disana belum nemu yang gak enak, semua enak enak. Padahal konon katanya orang singapore kulinernya kurang berani bumbu loh tapi pas pas aja ternyata🙂

  2. huaaaaa… ini malem2 ngeliat postingan isinya makanan semua… lapar hahahaha….

    singapore sebenernya banyak makanan enak, asal pinter2 milih aja kayaknya… kayak di hawker2 gitu banyak yg lebih enak ketimbang di food republic di mall… es di orchard itu juga menu wajib tiap kali ke sing hahahaha… tapi skrg uda naik ya katanya… terakhir aku kesana masih 1$… hebat itu es, ga kena inflasi hahaha…

    • Hahaha aduuuh bikin kepengen ya? Sama ini yang nulis juga jadi ikutan laper😆

      Iya sebenernya buat aku sih kok makan di hawker center lebih menarik ya daripada makan di food court mall ( food republic). Kayaknya suasananya lebih dapet yang di hawker center.
      Kayaknya es krim potong di orchad yang jual cuma si opa opa itu aja deh, sebenernya di mangga dua juga ada sih yang sama persis mel tapi kok yang ini lebih enak dan varian rasanya juga lebih banyak ya. Hahaha gak ikutan inflasi soalnya gak pake bungkus cuma pake roti doang😆

  3. Iya May, dsini udah banyak bgt es potong ky di orchad yah, lumayan lha tapi klo lg kepengen tinggal melipir ke Raymond Lim aja hehehehe

  4. Aaaaaak.mn gw kemren gak masu . Huhuhuhu. Tapi aselik ngiler lihat poto dan baca ceritanya yang mana semuanya enak dan enak banget, hahahahaha. Tapi kalo gw maka kemaren pas di sono *cuman model yang nasi lemak gitu sih* kok kurang nampol ya May? Apa karena selama makan gw selalu ngitung kursnya ya? Hahaha.

    • Hahahaha soalnya yang enak dan nampol banyakan yang gak halal mas #eh😆
      Iya sih, gue juga selama disana masih ngitung ngitung terus ngebatin, gila mahal banget ya padahal food court doang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s