Singapore Trip

Setelah kemarin lancar jaya bikin paspor, sekarang waktunya di jajal dong paspornya. Ya di cek tu paspor bisa di scan apa engga gitu😆

Pilihannya of course gak mungkin ke yurep, bisa bisa pulang gue jadi gelandangan. Pilihan yang paling masuk akal dan mainstream banget ya kemana lagi kalo gak ke Singapura. Jadi beberapa postingan kedepan gue bakal nyeritain tentang trip gue ke Singapur, mudah mudahan gak mogok di tengah jalan gara gara males up load foto yah😀

Karena ini traveling perdana gue ke luar negeri, menurut gue Singapura itu pilihan yang paling oke walau emang mainstream banget ya. Negaranya aman dan teratur jadi gak masalah kalo gue solo trip ke sana.

Iya untuk jalan jalan kali ini gue akan solo trip tanpa si Mbul selama 5 hari 4 malam karena si Mbul harus training kantor di Kuala Lumpur. Jadi kita berangkat dan pulang pada hari yang sama hanya beda destinasi😀

Deg degan juga pas gue mau berangkat.
Pertama, masalah bagasi. Gue kan pergi gak beli bagasi *mau irit ceritanya*, tapi gue lupa kan ada pembatasan untuk bawa cairan ke dalam kabin pesawat, apalagi ini tujuannya bukan domestik. Jadilah sebelum pergi heboh pilah pilah bawa bakal barang cair apa aja dalam koper. Untung gue bakal numpang nginep di tempat tante gue, jadi urusan sabun shampoo odol sih gak masalah. Tinggal pembersih muka, cream muka, sama hair tonik. Untung bisa di selesai in dengan wadah wadah portabel khusus traveling. yang penting kan di bawah 100ml.

Kedua, urusan duit. Yakali kalo pergi ke Bali kan sama sama IDR, gue kaga ribet deh mikirin duit. Nah ini kan beda kurs ya, jadi gue musti bener bener mikirin bawa uang berapa banyak. Kalo lebih sih mending, kalo kurang mau nyari di mana. Belum lagi gue musti perhitungin beli pecahan kecil SGD juga biar disana gak rempong kalo mau beli tiket MRT/bis. Gue putusin bawa 400SGD aja. Harusnya sih pas ya, atau sukur sukur bisa lebih sedikit. Nangis gue pas nukerin IDR ke SGD, berasa banget IDR kita melempem😥

Ketiga, urusan komunikasi. Otomatis HP gue off, daripada kena roaming gila gilaan, tapi gimana caranya kalo ada urgent matters? Kan gue juga perlu komunikasi sama si Mbul, belum lagi kalo janjian sama tante gue. Gue tanya tanya ke provider gue, katanya selama gue gak terima telepon gue gak bakal kena roaming. Untuk SMS palingan kena Rp 8.250 setiap kali kirim SMS *mejret*, sedangkan untuk terima SMS sih gratis. Paket data otomatis mati, hehehe bakal jadi fakir Wi-Fi lah gue disana. Untung lagi tinggal di tempat tante gue dan dia pasang wi fi jadi kalo pagi atau malem gue bisa chat sama si Mbul, toh seharian juga dia training gak bisa di ganggu. Sebelum berangkat gue isi pulsa 200ribu. kata temen gue sih buat SMS doang segitu mah cukup.

Keempat, errr masalah ini nih yang paling bikin gue deg deg an, gue gak bakal di jemput di Changi sama tante gue karena dia kerja. Matik deh gue. Ya jelas gue ketar ketir lah. Pertama kali keluar negri, mana bahasa inggris gue belepotan pula, mandarin gue gak bisa. Cakep deh. Pigimana kalo gue nyasar ya?:/
Gue gak di jemput, jadi artinya gue dari Changi harus bisa survive sendiri ke tempat tante gue naik MRT. Maaaak *nangis*…. Gue gak naik taksi soalnya setelah gue tanya & browsing, naik taksi ketempat tante gue tuh bisa habis SGD 15-25 (kurang lebih 150-250 ribu rupiah) sedangkan naik MRT cuma SGD 2.30.
Gileee ya of course gue kaga rela lah keluar duit sebanyak itu cuma demi naik taksi, lagian mana juga gue bisa ngomong tujuan gue ke supir taksi secara pan gue udah bilang bahasa inggris gue belepotan. Kalo sampe di bawa muter muter trus nyasar malah jadi masalah. Yo wis pilihan yang paling masuk di akan mah emang naik MRT lah ya. Lagian kata tante gue apartemen dia cuma selemparan batu doang dari stasiun MRT. Yak sip, yang jelas di tengah hectic nya kerja kantor gue jadi banyak banyak browsing soal naik MRT dan Singapura di situs ini. Bantu banget deh buat newbie kayak gue. Sampe sampe ada beberapa postinga yang gue copy paste ke MS Words trus gue print buat jadi pegangan.

Hari H nya keberangkatan, baik sebelum berangkat maupun setelah sampai di Changi puji Tuhan gak ketemu masalah. Penerbangannya pun lancar, gak delay. Masalah imigrasi pun beres tanpa ada kesulitan.

Setelah gue sampe di Changi, gue…bengong😆
Huahahah norak abis deh pokoknya gue pas nyampe di Changi. Yaoloooh padahal itu belum juga keluar dari bandaranya. Bandara nya bikin gue kagum deh, secara Changi itu gede banget, dan segala macem ada disitu udah kayak toko serba ada. Gue rasa kalo mesti seharian di Changi gue betah kali😆
Bandara nya nyaman, bersih, dan teratur. Ketakutan gue kesasar sama sekali gak beralasan karena petunjuk jalan dimana mana ada dan jelas. Belum lagi banyak petugas yang sigap membantu. Gue turun di terminal 3 dan tanpa kesulitan sampe di skytrain yang akan membawa gue ke MRT di terminal 2.

Naik MRT itu jadi tantangan pertama gue begitu sampe di Singapura. Asli gue kan buta banget. Gue cuma berbekal petunjuk dari site Travel Singapore yang gue print dan gue baca sampe khatam.
Percobaan pertama gue beli standar tiket di tiket machine sempet gagal, gugup banget deh mana banyak yang antri di belakang gue lagi. Akhirnya gue melipir sebentar terus gue baca lagi print-an gue. Ternyata langkah gue untuk beli standar tiket udah bener cuma gue kelamaan aja masukin uangnya jadi transaksinya di cancel otomatis. Percobaan kedua berhasil dengan mulus. Tiket udah di tangan dengan mulus gue masuk dan nunggu MRT di peron. Gue udah di kasih petunjuk sama tante gue tentang rute nya mesti kemana. Dengan petunjuk dan peta yang bejibun ternyata gue sama sekali gak kesulitan sampe di tempat tante gue tuh, padahal itu mesti transit dua kali.

Sampe di tempat tante gue, ternyata tante gue udah harap harap cemas nungguin gue. Ahahaha gue lupa waktu pas keliling keliling di Changi ternyata. Gue udah landing dari jam 2 tapi gue baru jalan ke tempat tante gue jam 4. Tentu aja tante gue kuatir. Dia sampe ijin pulang cepet dari kantor gara gara takut gue udah nyampe di apartemennya dan gak ngabarin dia😀

Di Singapura 5 hari 4 malem jujur gue gak ngapa ngapain sih, gue bahkan gak nyebrang ke Sentosa Island. Gue banyakan menikmati jalan kaki di taman taman, nontonin gimana orang sana berinteraksi & hidup, ngabisin waktu bareng tante gue, and least but not last cuci mata di mall😀. Pokoknya hidup kayak orang lokal aja. Banyak yang gue pelajarin dan akhirnya gue jadi bandingin sama Indonesia terutama Jakarta.

Satu satunya tempat wisata yang gue kunjungin ya cuma Garden by the Bay, selebihnya ya paling gue melipir ke Chinatown, Bugis, atau Orchad buat sekedar cuci mata sama beli yang lucu lucu.

Setelah gue liat liat, apasih yang ada di Singapur di Indonesia tuh gak ada? Rata rata sih sama aja. Apa yang di Singapur ada, ya di indonesia juga ada. Cuma dalam hal kemasan Singapur lebih unggul. Didukung dengan ketertiban, keteraturan dan kebersihan, apa yang ada di Singapur keliatan jadi lebih kinclong daripada di Indonesia. As simple as that. Semuanya lebih terawat disana.
Contoh aja fasilitas umum kayak halte, bis, kereta commuter (MRT), taman kota. Ya kita juga punya kan? Tapi disana lebih terawat dan bersih. Gak ada coretan tangan tangan jahil, gak ada pedagang kaki lima yang gelar dagangan sembarangan, gak ada gepeng, gak ada sampah berserakan. Kelihatan banget orang disana sangat menjaga fasilitas umum yang mereka punya.

Soal kendaraan, disana juga banyak kok mobil dan motor pribadi walau konon katanya punya kendaraan pribadi di Singapur itu mahal. Di kawasan Orchad atau Bugis malah lumayan hectic lalu lintasnya tapi gak semerawut soalnya semua orangnya tertib dan patuh sama peraturan. Yang bikin gue kagum dan gue ragu bakal bisa gue liat di Indonesia sini adalah apa yang gue sebut (istilah gue sendiri sih) The Power of Lampu Merah. Begitu lampu merah, semua kendaraan berhenti DENGAN TERTIB DIBELAKANG GARIS PUTIH tanpa terkecuali baik motor maupun mobil. Ketika lampu berubah jadi hijau pun mereka gak sibuk memacu kendaraan atau ribut mengklakson, semuanya jalan dengan tertib tanpa terburu buru. Iya gue katro liat ginian doang bisa terkagum kagum😆

Overall pengalaman pertama gue ke luar negeri menyenangkan walaupun buat gue tempat liburan yang paling oke tetep ke Bali🙂
Sedangkan untuk destinasi ke luar negeri pertama kali, Singapur not too bad. Gue banyak belajar, banyak melihat hal hal baru. Membuka wawasan gue sih.
Untuk destinasi liburan, gak banyak wisata yang gue nikmatin di Singapur secara apa apa apa mihil ceu. Tapi living like a local itu juga pengalaman yang gak ternilai buat gue. Untung ada tante gue disana jadi gue banyakan ngintilin dia aja dah🙂
Menurut gue, liburan di Singapur kayaknya baru bisa gue nikmatin kalo budget gue berlebih karena disana itu surganya shopping, apalagi dengan adanya tax refund yang lumayan. Hahaha yang ada ya gue jadi banyakan window shopping doang sambil ngeces atau kulineran nodong si tante 😆

Next time mungkin gue pengen ajak si Mbul kesana, hihihi siapaaa tau ya dia tergerak untuk pindah hidup disana. Abis hidup disana menurut gue enak sih. Gue kan pencinta keteraturan ya, jadi gue langsung jatuh cinta habis habisan sama keteraturan dan kebersihan di sana. Belum lagi fasilitas umumnya yang bagus bagus, transportasi umumnya yang oke, on time, dan yang terpenting aman. Love it!

Mbul…kita merantau yok ke Singapur *disambit merlion*😆

20140905_145008
Welcome to Changi Airport
20140905_151050
Sky train antar airport terminal
20140905_160500
MRT Changi Airport
20140905_162350
Stasiun MRT. MRT ini menjangkau banyak tempat tempat strategis di Singapur. Nyaman, bersih, aman dan tepat waktu
20140905_162540
Antri tertib di belakang garis antri. dahulukan yang keluar. Mau sambil geret koper, ya gak masyalah😉
20140905_163248
Dakota Cres, lingkungan apartemen tante gue.
20140905_171429
Pemandangan dari balkon lt 11
20140906_074957
Pemandangan ke bawah dari balkon lt 11
20140906_094154
Old Airport Road market
20140906_144656
Famous Orchad Rd
20140907_091347
Tanjung Katong
20140907_110143
Tanjung Katong, beda tipis sama Glodok tapi jauh lebih bersih🙂
20140907_110723
Marshall Lane. Abaikan yang lagi mejeng😆
20140907_110743
Rumah lelang. Bangun tua yang terawat
20140907_190408
Iniii loh yang gue bilang The Power of Lampu Merah. Begitu lampu merah semua berenti😀
20140907_215641
Chinatown
20140908_111757
ION Mall…Ngg bagus sih, tapi kok kayaknya lebih cakepan Grand Indonesia yah😀
20140908_143204
Under the Marina Bay Sand

to be continued

 

19 thoughts on “Singapore Trip

  1. akupun suka Singapore May, padahal ya udah beberapa kali kesana tapi gak pernah bosen. Keteraturannya itu kali ya bikin kangen😀 Tapi mas bebeb malah gak suka ke Singapore, katanya kotanya gitu-gitu doank, gak seru dan semua mahal, jadinya kalo ke Singapore mending gak ngajak dia deh *dikepret*

    • Iya itu keteraturannya, kebersihannya, aman nya itu loh yang bikin seneng jalan jalan kesana😀
      Tapi bener sih Dit, kotanya mahal bikin dompet nangis menjerit trsu mungkin kalo liburannya kelamaan ujung2 nya bosen. Aku demeeeen banget sama taman taman disana X)

  2. Bali gak ada matinya walo ke singapore seneng juga ya may hehe. Emang ya, selemparan batu aja dari negara kita udah langsung bisa nemu yang teratur kayak gitu, gak usahlah jauh2 ke yurop or amrik. Makanya heran kenapa kita gak bisa. Lebih lucunya kalau di luar kenapa kita bisa antri dan ikut peraturan tapi disini gak bisa hehe

    • Hehehe stuju, Bali emang gak ada matinya. Emang Bali lebih kayak tempat liburan sedangkan Singapur tuh lebih cocok jadi tempat kerja/tempat hidup kali ya non secara segala sesuatunya serba teratur. Itu yang bikin aku amazing non, beda banget sama Indonesia padahal jaraknya deket. Seneng deh aku liatnya, secara aku kan orangnya suka segala sesuatu yang teratur.
      Hehehe abis kalo jadi orang tertib di Indo mah percuma aja kali non. Pas lampu lalin udah kuning aja, coba kalo kita melanin kendaraan siap siap berenti sebelum lampu merah apa gak di senggol sama motor atau di klakson mobil belakang tuh?😛

  3. halo…salam kenal🙂

    singapore itu emang negara aman kalo mau solo trip… bahasa inggris pas2an juga ga masalah… sebenernya yg dikangenin dr singapore kalo buat aku cuma MRTnya doang hahahaha… disini ga ada sih… ada, tapi kan ga serapih disono hahaha…

    • Hai salam kenal juga, thanks udah mampir🙂

      Tul, kayaknya negara yang tepat buat yang pertama kali jalan ke luar negeri ya. Gak ribet, serba jelas dan yang penting aman. Aku malah disana sering di ajak ngomong mandarin padahal gak bisa sama sekali hehehehe.
      Samaaa, aku juga kangen sama MRT nya. Sebenernya kalo di liat liat keretanya sih sama aja kayak commuter line nya kita dalam artian gak bagus bagus. baru juga gerbongnya cuma disana lebih well maintained jadi lebih bagus🙂

    • ish! booking air asia segara, ajak ndul ndul kesana, Ataaauuu mau trip bareng gue yok *nyetanin*🙂
      aaah mana ada gue belanja Jo, mahal nian segala macem nya. Alhasil cuma bisa ngeces aja liat kanan kiri. Tau ga paling banyak gue belanja apa? Makanan kaga halal😆 huahahaha

    • Hehehe buat buka wawasan boleh juga ke singapur Mey, udahannya ditanggung kayak gue pengen pindah kesana rasanya😆
      Jatuh cinta deh sama rapinya singapur🙂

  4. Singapura emang nggak ada matinya deh hahaah😀 utk yang bukan pencinta keteraturan, hidup di Singapura itu menyiksa, mbak Maya😀 seperti tinggal di lingkungan robot kata mereka2 yg nggak suka itu😀

    • Iya sih mbak, mungkin kalo buat liburan ke lamaan mah boring juga ya abis kotanya emang gitu gitu aja.
      Kalo pencinta keteraturan kayak aku sih waaah surga banget😆
      semua serba teratur dan on time emang kayak robot sih jadinya kalo kelamaan😀

  5. Dulu pertama kali gw ke luar negeri juga ke singapore dan emang ngeliat changi pertama kali emang mencengangkan… Hehehe.

    Menyenangkan ya jalan jalan ke singapore itu… 🙂

    • Iya bandara nya tuh untuk ukuran negara semingin Singapore itu judulnya niat banget😀
      Juuuh banget sama bandara kita *yakali*
      Iya, walau mahal tapi jalan jalan ke Singapore itu aman, dan gak ribet🙂

  6. jadi inget pertama kali ke sana bareng orang mandiri. semuanya pada jorok-jorokin buat nanya karena pada gak pede pake bahasa inggris. padahalan loh ya singlishnya itu ya sekenanya. Hahaha. Seru ya May pengalaman pertamanya..

    • Iyee seru banget mas. Walau gak banyak jalan kemana mana sih tapi ya namanya lliat tempat baru😀
      Hehehe paraah deh gue malah gak nangkep loh mereka ngomong apa. Udah dah muka bingung tuh udah default aja pas ngomong sama mereka. ujung2 nya minta di ulang omongannya😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s