Takut Ayam

Banyak yang gak tau, termasuk nyokap gue & si Mbul, kalo gue tuh takut sama ayam baik yang masih hidup maupun yang belum di olah. Anehnya, ayam jadi makanan favorit gue sepanjang masa. Buat gue asalkan ada ayam, pasti enak deh.

Alhasil dari dulu masak sampe sekarang, hitungan kurang dari 5 jari gue ngolah masakan ayam dari mentah alias jarang banget. Dipikiran gue selama masih ada yang jual masakan ayam di luaran ngapain juga gue mesti payah payah dan geli geli masak ayam sendiri dari mentah, mending beli yes?😉

Mau ayam goreng tepung tinggal telepon 14045. Mau ayam goreng tradisional tinggal ke warung pecel ayam atau resto sunda. Mau soto ayam? Haelah di warung soto jaminan lebih enak ketimbang gue masak sendiri.

Gue tuh asli geli banget sama ayam. Boro boro mesti nyembelih sendiri tu ayam, ayam yang udah bersih di pretelin bulu nya aja gue jijik banget. Kalo ke pasar gue paling menghindari deh lewat bagian ayam. Anehnya gue gak se-geli itu kalo ngolah sapi atau babi. Agak agak absurd emang😀

Dan kegelian gue sama ayam metah itu makin parah pas jaman gue nge kos dulu gue beli ayam mentah di pasar begitu sampe rumah ayamnya busuk. Gak tau tuh gue yang gak pinter milih ayam atau emang ayamnya aja yang gak fresh. Baunya kalo gue inget sampe sekarang aja rasanya masih samar samar masih bisa gue cium dan bikin gue eneg setengah mati. That’s it deh, kalo pengen makan ayam gue putusin buat makan di luar aja. Ngapain repot repot masak sendiri.

Dasar nasib, habis punya rumah dan rajin masak, suatu hari si Mbul ngusul kenapa kita gak masak ayam goreng sendiri aja. Kan lebih sehat, lebih murah juga. Harga ayam McD sekotak itu bisa dapet ayam metah (paha nya doang) sekilo di pasar. Udah gitu kan sekarang masak ayam goreng kan gampang ya udah ada bumbu instan jadi anti gagal.

OMG gimanaaa ini?! Gue sempet ngeles tapi si Mbul ngerayu sampe ngerengek. Bah! Kan gak mungkin ya gue bilang gue takut sama ayam mentah sama si Mbul. Bisa habis di ketawain gue.

Jadi lah akhirnya gue dengan berat hati beraniin diri masak ayam dari mentah. Sumpeeh deh, kalo gue gak cinta cinta banget sama laki gue sih, gue ogaaah *nangis*

Gue akhirnya coba masak ayam goreng pake bumbu Sajiku. Bukan ngiklan nih tapi gue mah cari yang gampang aja lah bumbunya. Maksudnya, yang keliatan aja sama mata gue di rak supermarket jadi gampang di ambilnya😆

Caranya sih gampang sebenernya, cuma cukup bumbu instant sama air. Ayamnya juga tinggal di ungkep. Iya sesederhana itu. Gak perlu tuh bawang dan bumbu bumbu lain. Bahkan gak perlu lagi tambah garam.

Iya sih gampang…

*hening*

*menatap nanar tumpukan ayam mentah*

Tapi gue stresss pas mesti beli ayam mentahnya *cemen*😆
Adoooh, liat deretan ayam mentah montok montok putih di pasar aja mo semaput gue rasanya. Untung bapak yang jual baik. Ayamnya beneran di bersihin dari segala bulu dan darah darah nya. Huhuhu gue nobatkan tu bapak jadi penjual ayam mentah favorit gue deh. Trus dia juga pilihin ayam yang paling fresh, di bantuin nyuci nya juga sama dia. Mungkin di kesian kali liat gue yang udah bermuka stress mau semaput😆
Pokoknya tu ayam udah bersih, rapi, pulang langsung siap di masak deh…Aaaak aku padamu bapak tukang ayam😆😆😆

Akhirnya gue sukses juga bikin ayam goreng. Si Mbul happy banget mukanya. Gue? Errr gue makan cuma dikit doang, banyakan si Mbul yang makan. Hahaha udah ilang napsu makan duluan gue gegara kebayang ayam mentahnya. Ish! Cemen banget rasanya😀

Anyway gue gak kapok masak ayam, walau gue gak janji bakal makan tapi at least gue mau biasain masak ayam deh siapa tau lama lama ilang jijik nya terus bisa motong ayam sendiri *yeah right!*😛

20140803_114934
Raw chicken… dilumuri dulu pake jeruk nipis biar sedap dan gak bau amis. Ngelumurinnya pake sarung tangan plastik dobel😀
20140803_141546
Proses ungkep
20140803_145206
Jadinya 1 kg ayam itu 1 tupperware gede bisa buat 4x goreng.
20140804_201728
Hasil akhirnya. Well not too bad yah *pake bumbu instan aja bangganya selangit* :p

27 thoughts on “Takut Ayam

  1. Tosss May, gw pun ga bs masak/ungkep ayam. Parahnya, gw ga bs bersihin ayam, ikan dan daging >.< klo pun gw yg bersihin, gw yg masak, ga akan gw makan. Ampun yah gw hahahahaha

    • Sebenernya urusan bersihinnya itu yang bikin geli sih mbak. Err mungkin kalo tinggal masak sih lain perkara ya. Susah emang jadinya, doyan ayam tapi geli masak ayam itu gimanaaa coba

  2. Yaampun May, kebayang gw itu gimana rasanya mau semaput kalo deket ayam. Kalo gw sih ama ikan mati sampai yang udah dimasak kecuali sushi. Kalo sampe kesentuh ikan mentah dikiit aja pasti gw akan cuci itu bagian yang kena berkali-kali pake sabun dan air. Hahaha..

    • Huahahahaha gue anehnya kalo sama daging yang lain gak terlalu geli mas. Cuma sama ayam aja. Ikan malah gak pernah masak soalnya si Mbul kaga doyan ikan. Tapi I feel you lah, emang bagusan masak sayur aja kali ya biar sehat😀

  3. Aku klo beli ayam, selalu yg boneless, may. Ngefek ga yah, klo di kamu? Sapa tau bs less jijik gitu klo boneless. Trs bumbunya aku pake Bamboe. Cm diungkep doang, ga brani nggoreng krn bbrp kali nyoba nggoreng, eh gosong.

    *banting frying pan*

    • Kalo yang boneless enggak geli mbak, misalnya dada ayam udah gak ada kulit gitu trus belinya di supermarket yang udah bersih *kebanyakan syarat*😆
      Trus kalo udah di cincang juga gak masalah. Yang bikin geli mah kalo masih utuh sama kulit. Gak bisa megangnya deh apalagi motongnya😆
      Err kalo terpaksa sih ya bisa aja tapi pake sarung tangan dobel terus ujung ujung nya jadi gak makan. Bumbu Bamboe enak ya mbak? Belum pernah nyoba. Hahahah eymbeeer itu juga gorengnya juga pe-er banget tapi karna udah mateng aku gak goreng lama lama deh asal coklat aja

  4. huahuahuahua kamuuu takut ayam??

    kok sama may😀 *dijitak*
    akupuuuun geli banget sama ayam terutama yang hidup dan bentuknya masih keliatan ayam banget *opo to iki*

    Tapi aku emang gak terlalu suka ayam sihh, pilih2 kalo makan ayam. Maunya yang udah gak berbentuk ayam kayak dada ayam yg boneless atau chicken nugget atau yang udah berbentuk suwir2 kayak di soto itupun maunya yg warna dagingnya putih doank. Kalo ada yang item-item, ada lemak sama kulitnya pasti aku oper ke temen sebelah😀 Makanya daripada rewel mending makan tempe-tahu atau ikan aja deh

  5. Takut atau geli May?🙂 Aku juga awal belajar masak gitu sih, lama-lama biasa. Malah sekarang bisa potong ayam utuh jadi 8 bagian.

    Salut loh walaupun takut, tetep masak ayam untuk suami tercinta🙂

    • Kalo sama ayam hidup nya aku takut mbak, kalo uang udah mati dan di bulu in aku geli, licin licin gitu hahaha😀

      Haaa hebat mbak, aku kalo dikasih 1 ayam utuh (udah di buluin) pasti gak berani potong potong sendiri deh. Aku tau nanti mesti di beraniin sih mbak soalnya masak sendiri jelas lebih bersih dan lebih sehat. Masih berusaha nih untuk gak geli geli🙂

      Hehehehe iya makasih mbak, abis suami ku jarang banget request. Biasanya dia gak minta jadi kalo dia udah minta itu tandanya dia emang udah kepengen makan ayam goreng sepuasnya di rumah😆

  6. Aku juga dulu paling geli disuruh ngebumbuin ayam/ikan mentah.. Kalo kepaksa ya ngaduknya pake sendok/cutil kayu..😀
    Sekarang sih bumbuin udah berani, tapi kalo disuruh bersihin masih ogah2an..😛

    • Bumbuin pake sarung tangan plastik mbak😆
      Aku setiap bersihin daging atau ikan selalu pake sarung tangan sih, tapi khusus buat ayam sarung tangannya dobel hahahaha
      Kalo suruh motong, aduuuh… *kibar kibar bendera putih*😆

        • Iya non paling solusinya begitu. Dulu pas masih di apartemen seringan beli di supermarket soalnya kalo di pasar pedagangnya pada gak mau bersihin. Kalo di pasar modern BSD bapak nya baik mau bersihin sampe bersih jadi pulang tinggal di masak aja ga usah di pegang2 lagi😀

  7. huahahaha may aku kalo ayam hidup juga takut, kalau beli ayam mentah buat dimasak pasti aku minta dibersihin semua2nya sama tukang ayamnya plus dipotong2in juga, jadi aku tinggal cuci2, taro bumbu, ungkep, goreng hahahaha..

  8. Aku juga jarang masak ayam mba, ga bisa pas in bumbunya, jadi juga pake bumbu jadi😀
    Kalo uda berupa potongan daging ga takut, tapi kalo masih hidup suruh potong aku juga takut >.<
    Koq bisa takut gitu mba? apa pernah ada kejadian sama ayam?😛

    • Wah kalo soal bumbu sih kayaknya aku emang pasti pake bumbu instan, gak bisa nakar nya mbak😀
      Aaaak kalo suru potong ayam hidup hidup sih aku nyerah! engga deh mbak😆
      Aku sama ayam hidup pernah di patok, kalo sama ayam mentah emang geli aja padahal aku paling doyan makan ayam😛

  9. toss ce! sama banget kita, gw juga takut banget sama ayam idup.. kalo lewat jalanan yg ada ayamnya gw biasa muter, kayanya trauma karna waktu SD pernah dipatok ayam deh😦
    sama ayam yg udah mati n mentah gini jg gw geli liatnya, tapi sama sapi ikan n babi mentah juga geli sih (belom jadi ibu2 hehehe)
    nah kalo makan ayam jg gw sangat doyan, terutama ayam goreng tepung KFC sama ayam goreng kuning tradisional gitu hoho
    selamat yaah udah berhasil masak ayam sendiri, irit deh😀

    • Hahahaha iyaaa gue juga pernah tuh di patok ayam, di patok bebek juga pernah makanya dua itu deh gue takut😆
      kalo masih mentah banyakan geli kali ya, gue juga kalo suru ngulitin 1 babi juga geli kali. Cuma kalo udah di filet mendingan. Cuma kalo ayam kan males banget ya makan filet terus, pesak.
      Yaaaah belom Mey, masih takut nanti kalo udah di coba variasi masakan ayam yang lain baru deh sah gak takut lagi, kalo sekarang mah masih ngeri ngeri sedep😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s