Bakwan Campur

Weekend kemaren seharian di BSD hujan gak berhenti berhenti.  Ideal banget buat kukupan selimut trus bobok dan bukan malah masak yang ribet ribet, tapi apa daya kadang emang niat gak sejalan sama kenyataan😀

Awalnya, semua gara gara lemahnya iman gue kalo masuk pasar modern BSD😆

Gue kalo belanja ke pasar dari jaman dulu emang cuma seminggu sekali, biasanya cuma weekend. Kalo masih jaman di apartemen dulu mah se niat nya gue aja baru jalan ke pasar. Kalo sekarang tiap minggu gue selalu sempetin ke pasar. Gue pikirin banget apa apa aja yang gue udah gak ada stock di rumah kayak bawang, cabe, bumbu-bumbu. Maklum udah gak tinggal deket supermarket lagi, jadi kalo sampe ada yang kelupaan ya minggu depan lagi baru bisa di beli pas gue ke pasar. Tapi buat urusan bahan masakan kayak sayur & daging gue gak pernah rencanain. Beli dulu baru dipikirin mau dimasak apanya belakangan. Soalnya buat sayur dan daging, apa yang gue rencanain di rumah belum tentu sampe pasar ada, yang ada sih seringan meleset.
Bahayanya belanja model begini adalah kebablasan. Asik liat ini itu seger seger, bagus bagus yang ada main beli beli beli. Udahannya bingung sendiri. Belanja seminggu cuma buat 2 orang kok udah kayak belanja seminggu buat se RT. Ya Pasar Modern BSD itu godaanya gak kalah deh sama ITC Mangga Dua😆

Kayak minggu ini, gue beli jamur merang terlalu lebaaay. Alias setengah kilo sendiri. Rencananya sih mau di tumis, tapi kok kalo semua di tumis kebanyakan ya. Akhirnya pikir punya pikir gue kepikir lah pengen bikin bakwan. Kebeneran masih ada sisa udang plus beli Jagung manis juga kebanyakan.

Siyaaal, padahal kan niat awalnya gue gak mau masak ribet ribet yak. Tapi itu ide bikin bakwan udah bercokol di kepala dan udah connect sama mulut pula. Hhhh daripada malem ke mimpi mimpi yo wis mau gak mau mesti di bikin laaah.
Kendala pertama pas mau bikin bakwan: gue kaga punya terigu. Gampil, gue minta tolong si Mbul buat balik ke pasar beli terigu.
Kendala kedua: gue kaga tau resep bikin bakwan gimana *JRENG*😆 . Ya maap sih, abis selama ini udah tau dibikinin nyokap aja alias tinggal makan. Kasak kusuk lah gue cari resepnya. BBM nyokap, centang doang. Telepon mami mertua, kaga di angkat. Bongkar bongkar buku resep, voila ternyata ada boook! *jodeg joged*

Jadi ya cusss marii kita masak : bakwan campur. Kenapa bakwan campur? Soalnya emang campur campur, ya udang, ya jagung, ya jamur. Hahahaha itu lah akibatnya kalo belanja tanpa perencanaan. Sisanya suka nanggung, mau di masak semua kebanyakan, sisanya di masak lagi terlalu sedikit jadi mau gak mau mesti diakalin lagi deh🙂

Bahan:

  • 1 buah jagung manis, di pipil
  • 150 gr jamur merang, potong  kecil
  • 100 gr udang, kupas kulit, potong kecil
  • 2 batang daun bawang potong serong
  • 4 sdm terigu
  • 1sdt sagu
  • 2 butir telur
  • garam & kaldu jamur bubuk secukupnya
  • air seceukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Haluskan:

  • 2 buah cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah

Cara buat:

  • Campur air, terigu, telur, aduk rata sampai tercampur
  • Masukan bumbu halus & daun bawang
  • Beri garam & kaldu jamur bubuk.
  • Masukan bahan bakwan : jagung, udang, jamur. Aduk rata
  • Siapkan minyak, goreng sampai adonan habis

Awal awal goreng, gue masih grogi jadi sempet kebanyakan pas goreng adonannya. Cuma lama lama oke juga🙂 . Yang penting minyaknya banyak, jangan terlalu besar api nya, balik adonan ketika sudah ngambang dan angkat ketika sudah kecoklatan. Sering saring minyak agar hasil gorengan bersih sampai terakhir.

IMG-20140714-WA0000

IMG-20140714-WA0003

Bakwan ala gue ini terhitung sukses dengan adanya rekuest dari si Mbul untuk di ulang masak lagi minggu depan hahahaha😉

 

 

23 thoughts on “Bakwan Campur

    • Hayu bikin Re, gampang banget kok. Hahah tapi prepare bahannya males juga. Prepare nya sejam, gorengnya 30 menit, makannya gak sampe 30 menit😀

  1. May, jelaslah itu enak. isiannya komplit boook. Udang sama jamur kan luxury buat ukuran bakwan ahahaha biasanya kelasnya mah kol dkk, dan sebiji udang di atasnya. SEBIJI ya

  2. Aku juga kalo ke pasar cuma pas weekend doang mba, beli buat seminggu bahannya hihihi
    Bakwan kayaknya emang paling gampang ya mba, tinggal campur2 doang bahannya hehehe
    Liat bakwan nya mba Maya jadi ngiler pengen bikin juga😀

    • Hehehehe iya kayaknya gak praktis ya kalo tiap hari ke pasar kecuali kalo rumahnya deket banget sama pasar.
      Sebenernya bikinnya gampang banget mbak, paling ribet doang nyiapin bahannya. Makin banyak topping bakwannya makin lama nyiapinnya😀

    • Mwahahahaha iyaaa lah mau makan dimana pada tutup semua. Kamu sama Bul ndak mudik tah mas?
      Gampang kalo kerumahku mah, patokan pasar modern deh nanti ta jemput disana soalnya yang punya rumah juga masih kaga apal alamat rumahnya #terlalu😆

        • waw mudik seminggu? asiknyaaa. hahaha dua perantauan di BSD malah kaga mudik nih, di rumah aja nikmatin rumah baru😆
          Okeee, sip sip sip sebenernya dari PasMod udah deket cuma yo aku masih gak hapal jalannya😀

  3. Yahh liat postingan makanan lagiiiii malem2 giniiiii, jadi lapeerr *makanin rambut* btw may aku jg kl belanja suka ga direncanain kecuali bumbu2. Terus bener kata km, belanja buat 2 orang macam buat seRT pas diliat di rumah. Hahahhaa

    • Kalo kepasar tuh emang bikin kalap kan apalagi kalo liat kanan kiri seger, bawaanya pengen mborong padahal mah yang makan kan cuma berdua😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s