Puasa Handphone

Setelah jalan hampir 2 bulan baru lah gue berani cerita cerita di blog.

Jadi di akhir 2013 kemarin udah berniat di 2014 dalam waktu seminggu, ada satu hari (terutama di weekend) dimana gue bakalan puasa handphone.

Kenapa gue sampe punya niat puasa handphone? Karena gue ngerasa kok kayaknya gue tuh terlalu bergantung sama handphone gue. Yang namanya pegang handphone itu dari melek mata sampe mau tidur. Apalagi sejak gue pake Galaxy Note. Haduh kayaknya itu handphone kalo ada lem nya udah nempel permanen kali di tangan gue.

Dari mulai ngecek & bales  e-mail, baca berita, nge blog (kalo wordpress nya lagi gak error), ngelongok soc med, foto foto, sampe nonton drama korea. Galaxy Note gue multi fungsi nya udah pewe banget deh. Bahkan kalo terpaksa banget, gue bisa juga nge cek kerjaan lewat Galaxy Note gue (yang mana kalo gak terpaksa sih ogah😛 ).

Lama lama gue ngerasa ini handphone malah bikin gue jadi ketergantungan dan jujur gue kan orangnya lemah iman ya jadi sering banget ke distraksi sama handphone😆 . Biasanya sih buat ngecek soc med, chatting atau browsing browsing berita Korea, itu racuuuun bener.

Jadi gue pikir why not gue coba buat puasa handphone, dalam satu hari itu gue gak aktifin handphone sama sekali baik Galaxy Note maupun Blackberry.Gaya ya😆

Terus setelah gue coba, gimana rasanya?

Pertama kali gak aktif in handphone seharian itu rasanya … aneh😦
Gile ya, saking kebiasanya pegang handphone tiap hari sampe rasanya kehilangan banget. Mati gaya lah. Dikit dikit ngeliat layar handphone eh baru sadar kalo lagi di matiin. Jadi gelisah sendiri😀
Dan ternyata, yang ngedistraksi itu kadang kadang bukan handphone nya loh tapi gue sendiri yang nge distraksi diri sendiri. Biasa manjain diri untuk dikit dikit liat handphone terutama buat ngecek soc med🙂 *baru ketauan*

Naaah positip nya, setelah gue lebih kebiasa weekend puasa handphone ternyata jadi banyak hal hal yang bisa gue nikmati tanpa kedistraksi.
Gue bisa nonton DVD dengan konsen, baca buku, ngobrol sama si Mbul ho’oh biasanya lebih asik sama handphone, daaan ngerjain kerjaan rumah tangga juga jadi lebih cepet beres.

Baru kerasa nih, weekend tanpa handphone tuh jadi lebih produktif. Dari bangun tidur, emang kalo weekend kan pasti nya glesehan dulu di tempat tidur ya, gak bakal langsung bangun. Nah ternyata kalo tanpa ngelongok handphone, glesehannya cukup 15 menit aja. Udah gak betah (mati gaya), jadi malah langsung bangun terus nge jus atau beres beres. Kalo pake acara liat handphone dulu, acara glesehan ini bisa seharian loh judulnya. Iya lah, asik update status, browsing, nonton youtube tau tau udah sore aje😆

Awalnya gue cuma puasa handphone satu hari aja, antara Sabtu kalo enggak Minggu. Biasanya Minggu. Jadi Sabtu malem udah gue non aktifin, Senin pagi baru gue aktifin. Sempet juga gue coba Sabtu Minggu gak aktifin, lumayan juga walau itu agak lebay sih karena Senin nya ada yang misuh misuh karena sepanjang weekend gue susah di ajak chatting curhat😆

Jadiii, boleh lah seminggu sekali puasa handphone. Gak udah sampe Sabtu Minggu juga, tapi ada waktu satu hari tanpa handphone biar me time & family time kita bisa lebih maksimal🙂

22 thoughts on “Puasa Handphone

  1. wah boleh juga nih mba maya idenya, apalagi suamiku yang ketergantungan main game di hp, kalo malem jadi jarang ngobrol berdua *eh samaan juga deh aku suka ngecek IG kalo mau tidur* :))

    • Iya mbak, biasanya ya kalo udah asik pegang handphone kan suka cuek cuekan. Nah pas puasa HP gitu jadi lebih ada quality time. Kalo suamiku sih kadang suka gak mau ikutan tapi gak apa apa aku jadi ada me time & kerjaan beres🙂

  2. akupun mbak, sejak ganti android kok ya jadi betah banget, bentar-bentar cek path, terus cek IG, terus buka twitter, terus youtube, belum lagi main pokopang.. tau-tau udah jam 3 sore..😦
    bisa kali ya dicoba.. hihihihih x)

    • hahaha iya kan? gak cuma aku doang ya yang ngerasa nempel sama HP😆
      Abis gimana dong emang kayaknya kalo gak ngeliat HP emang suka ada yang kurang🙂
      Aku kan hobby baca buku, berasa nya belakangan ini kalo baca buku suka jadi gak konsen aja gara2 ujung ujungnya malah sibuk sama HP😀

  3. Mbaa.. Pantesan ignya sepiiii…
    Aku juga tergantung sama hp tadinya parah banget, bangun tidur yg di cek Hp, trus kadang2 suka denger kyk dering telpon & buru2 ngecek padahal ngga ada.. Kalo udah chatting di grup, udah deh.. Lupa masak, lupa beberes…😀
    Tapi sejak jualan, jadi (terpaksa) ngebatasin pegang Hp, soalnya kalo udah pegang hp, susah lepasnya.. pesenan malah keteteran ngga dikerjain..😀
    Sekarang cuma sempet pegang Hp kalo lagi boboin oddy aja & malem sebelum tidur..🙂

    • Iya hahahaha kalo weekend jadi jarang pegang HP sekarang. Awal puasa sih gak betah tapi lama lama malah jadi otomatis gak pegang HP kalo pas lagi weekend kecuali kalo pas lagi pergi pergi kali ya🙂
      Bener, berasa banget kalo udah pegang HP jadi suka lupa waktu😛

    • Iya hayu coba biar ada quality time😉
      hayuuuk, aduh mseti tuh sebelum gue bye bye good bye jadi warga BSD. Hayu lah pulang kantor kita kopdar🙂.

  4. haha…aku banget kayaknya bisa seharian glesehan dikasur kalo lagi weekend, yak apalagi kalo nggak berandroid ria, sampai kalo kata teman2 autis gara2 gadget,haha…yak susah bener emank lepas dr ketergantungan hp,tp kan kata orang bisa karena biasa😆 jadi semangat puasanya mbak, chayooooo 🙂

    • Emaaang, hahahaha gak kerasa tuh waktu tau tau udah sore aja😀
      Pertama nya juga rasanya aneh kok, lama lama jadi biasa aja. Emang perlu seminggu sekali gak HP an biar hidup jadi lebih hidup😆 *halah*

    • Iya awalnya susah sih mas, karena udah kebiasa pegang HP. Tapi setelah 2 3 minggu di jalanin, matiin HP sehari gak masalah lagi🙂 . Kan cuma sehari

    • ehm ehm hayu di coba, biar ada quality time sama krucils😉
      iya sih awalnya mati gaya *banget* tapi kan cuma sehari doang, bukan seminggu lama lama ya biasa jadi nya. Malah jadi kangen sering sering matiin HP di hari kerja #eh *ditoyor bos*

  5. Saluuuuuuuuut. Gw sempet bete ama istri karena dia sibuk maen hp. Ternyata oh ternyata, gw yang lebih sibuuuk. Buahahahhaa, sekarang kalo anak istri bangun gak pegang2 gadget deh. Hahaha.

    • Hahahahaha hayooo cobain deh puasa (ber dua bareng Bul) seharii aja dalam seminggu biar ada quality time. Bener bener di matiin, doalnya kalo gak di matiin HP nya pasti tangan gatel aja pengen nengok negok🙂

  6. Mbak May, gua pernah nih!
    Ga sengaja ninggalin hape pas hari Sabtu, seharian ada ibadah, malemnya cek hape uda ada puluhan sms dan miskol dr teman2 huahaha
    Dikira aku yg sombong padahal ga sengaja, ih. Etapi seru juga yak!😀

Leave a Reply

