Tradisi Imlek

Yak, cepet aja udah Februari lagi.
Sebelum keburu basi, mau cerita cerita tentang Imlek yang tahun 2014 ini jatuh nya di hari Jumat dan di bulan Januari akhir (biasanya di Februari).

Anywaaaay, mau breaking news dulu ah.
Pagi ini lagi lagi hujan gede dan banjir di Grogol. Dalam minggu ini udah dua kali aja kejadian hujan gede dan banjir *sigh* 😦 .
Kapan beresnyaaa ini urusan banjir banjiran ya? Berangkat ngantor jadi ribet banget. Mesti nerabas banjir, terus mesti nguber bis biasa (sedapetnya) karena bis TransJakarta gak beroperasi.
Kayak tadi pagi, gue sprint nyebrangin perempatan Grogol yang super hectic demi nguber bis APTB. Gile! Baru pernah tuh gue nyebrang melintas perempatan besar gitu, yang untungnya lagi macet. Belom sampe kantor udah capek duluan πŸ˜€ . Sedih juga denger kabar temen gue yang lagi lagi kebanjiran sampe masuk kerumah padahal kemaren kemaren udah surut dan udah bersih bersih 😦 . Semoga episode banjir banjiran ini ceper berlalu yah

Okeh back to Imlekan. Gue dan Mbul mengucapkan:

GONG XI FAT CHAI

Semoga di tahun kuda kayu ini banyak rejeki, berkat dan keberuntungan yak πŸ™‚

Chinese-New-Year-2014-Horse-1
Foto dari http://photo.elsoar.com/chinese-new-year-2014-horse.html

Ngomongin soal Imlek kalo buat gue sebenernya gak ada yang terlalu spesial. Dulu sebelum nikah sih ajang cari duit alias berburu angpao doang. Kalo sekarang, ya Imlek sama dengan libur. Apalagi tahun ini, ciamik banget deh Imlek nya jadi long weekend πŸ˜€ .

Gue ini bisa dibilang udah Cina coret kayaknya. Gue inget jaman kuliah dulu di Untar, gue dipandang agak aneh sama temen temen kos gue yang (keturunan Cina) mayoritas orang Medan, Palembang, Lampung, Pontianak, dll karena gue ini mata sipit tapi gak punya nama Cina plus gak bisa ngomong dialek Cina (Hokkien atau Khek) atau Mandarin. Gue mentok cuma bisa bahasa Sunda itu juga cuma sepotong sepotong terus nama gue itu Indonesia banget karena ada Astuti nya πŸ˜› .
Ya abeees, ortu gue juga udah Indonesia banget sih. Ortu gue emang masih punya nama Cina dan SKBRI tapi mereka udah gak ke Cina Cina an *apa seh istilahnya* πŸ˜† .

Dalam hal tradisi Imlekan, keluarga nyokap dan bokap gue emang agak beda. Yang sama paling kumpul keluarga aja kalo Imlek nya jatuh di hari Sabtu/Minggu (inget kan dulu mah Imlek gak libur? πŸ˜‰ ).

Keluarga bokap gue sebenernya lumayan Cina totok. Gue masih manggil Apoh (nenek) dan Kungkung (kakek) ke ortunya bokap gue. Ke kakak/adik bokap gue pun masih manggil dengan sebutan kukuh, apak, asuk, dll. Yang asli bikin gue lieur. Gak boleh salah manggil pula karena gak sopan. Makanya gue paling males kalo disuruh ikut kumpul keluarga bokap gue, tapi akhirnya gue jadi semangat soalnya kalo ikut kumpul keluarga bokap dapet angpao nya banyak hehehe πŸ˜† . Pokoknya habis Imlekan tuh gue bisa punya mainan baru aja hasil dari angpao πŸ˜€ .
Dari dulu Imlek di keluarga bokap selalu rame. Semua kumpul. Kakak/adik bokap gue dari Jakarta pada pulang ke Karawang. Meja sembahyang di bersihin terus masing masing anggota keluarga termasuk cucu nya masang hio. Yang gue inget, kalo pas Imlek popoh gue pasti masak masak. Ada ayam rebus, babi hong, bakut sayur asin, pokoknya enak enak deh makanannya. Kalo sekarang, popoh gue engga lagi pasang meja sembahyang di rumah, pun udah gak masak masak karena beliau udah tua udah gak kuat buat masak besar besaran. Yang tertinggal di tradisi Imlekan keluarga bokap gue cuma kumpul kumpul keluarga aja.

Lain bokap lain nyokap. Keluarga nyokap gue termasuk generasi Cina peranakan yang udah gak terlalu totok. Gue aja manggil ortu nya nyokap gue, emak & engkong. Beda sama kungkung (papanya dari bokap) gue yang asli orang Cina daratan sono, emak dan engkong gue udah generasi kesekian yang menetap di Indonesia, di Karawang lebih tepatnya. Nyokap gue tujuh bersaudara perempuan semua, manggil mereka gak perlu pake sebutan khusus. Cuma aih atau iih yang artinya sih tante dan suaminya gue cuma manggil oom. Gak ribet jadinya. Dalam hal Imlekan, keluarga nyokap gue udah biasa aja. Paling kalo lagi libur ya kumpul, tapi gak komplit alias pada gak bela belain pulang ke Karawang. Sesempetnya aja pada kumpul. Gak ada tradisi sembahyang pasang hio juga, paling ziarah ke kuburan buat tabur kembang. Dan emak gue masak kayak hari biasa aja (yang emang selalu enak masakannya).
Sekarang ini sejak emak & engkong gue udah gak ada, Imlek an di keluarga nyokap jadi lebih biasa lagi. Keluarga nyokap gue malahan lebih komplit berkumpul pas Natal/ Lebaran πŸ™‚

Kalo keluarga si Mbul masih lumayan Cina tapi itu juga pas Imlek gak ada tradisi khusus, mereka udah gak sembahyang hio lagi. Untuk acara kumpul Imlek pasti di rumahnya si Mbul karena popoh & kukung si Mbul tinggal di rumah si Mbul. Mami mertua masak ayam rebus, bikin sate babi dan bakso goreng. Sebelum Imlek juga mami udah sibuk beres beres rumah. Gitu gitu aja. Hehehe kalo kata si mami mah kalo Imlek dia capeeek banget πŸ˜†

Nah Imlekan di keluarga kecil gue dan Mbul gimana? Ya biasa aja. Gue boro boro masak πŸ˜† , tentu tidaaaak, siapa juga yang masak kalo cuma dua kepala doang di rumah? πŸ˜€
Tahun tahun kemarin sih kita berdua masih mudik ke Cirebon, tapi tahun ini karena mami mau lamaran adek nya si Mbul ke Jakarta jadi kita gak mudik. Sepi deh Imlekan tahun ini.
Untung pas hari Imlek, cuaca cerah. Begitu bangun tidur gue langsung mandi terus sungkem sama si Mbul dan dapet angpau dooong πŸ˜‰ .
Habis sungkem ya kita leyeh leyeh dulu dirumah, nonton, main game. Tadi nya pengen ngeluyur ke rumah tante gue tapi gak jadi soalnya tante gue yang dari Amrik dateng jadi tujuh tante gue (termasuk nyokap) lagi girls night out (kumpul tanpa anak & suami) di Lembang.
Sore sore gue dan Mbul dinner doang di Paradise Dinasty terus…nongkrong di Starbucks. Huahahahaha basi banget yaaaa πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† . Ya abisan mau ngapain lagi coba. Yang jelas kita menikmati hari libur kita. Lumayan lah napas sedikit ditengah kesibukan kerja πŸ˜‰