Banjir banjiran di 2014

Jakarta banjir (lagi)!
Yap Januari 2014 belom lagi lewat, Jakarta lagi lagi kena banjir. Udah kayak event tahunan aja yak.
Gimana Grogol? Well hari Jumat malem kemarin hujan deras semaleman, udah pasti depan apartement gue tergenang. Tapi itu masih belum parah karena Sabtu siangnya lumayan cerah. Eh sore sore nya ternyata hujan lagi ceu, deras dan ga berhenti berhenti *sigh*
Hari Sabtu malem itu air di depan apartement udah se betis orang dewasa, banyak motor yang mogok karena nekad ngelewatin banjir.
image

Minggu pagi ini, gue bangun tidur udah seneng aja karena ada matahari. Gue pikir “yay! Akhirnya cerah juga”. Gue langsung siap siap mau ke pasar buat belanja buah. Karena saluran air depan apartement kemarin ini udah di beresin, harusnya sih airnya udah surut ya alias cuma banjir numpang lewat aja.
Ternyata….gue salah sodara sodara! Depan apartement makin tinggi aja airnya, udah sepaha orang dewasa dan udah berubah jadi Tanjung Duren water park😆 . Piye iki mamiiiih….

image

image

Ya udah lah karena acara ke pasar gagal total akhirnya gue jadi jalan jalan liat banjir *kurang kerjaan*. Dari pada stress liat banjir:mrgreen:

Dengan berbekal jaket dan payung gue jalan jalan sampe depan Citraland Mall. Disana banjir udah tinggi juga. Selihat gue, bis TransJakarta gak beroperasi kayaknya karena jalur busway depan kampus Trisakti dan Untar 1 udah gak bisa dilewatin mobil sama sekali. Tapi banjir di grogol tahun ini gak separah tahun kemarin kok. Kalo tahun lalu banjirnya sampe apartement Grand Tropic, sekarang “cuma” didepan Untar 2 sampe Citraland.
image

image

image

Gue liat di tv sih di daerah Jakarta yang lain lumayan parah banjirnya, syukurlah Grogol masih moderat aja. Di bilang parah banget ya engga, gitu aja dah. Kendaraan asal gas poll sih masih bisa lewat.

Yang menarik dari banjir kali ini adalah ngeliat anak anak pada happy banget main air. Iya, jalanan yang ketutup banjir jadi waterpark dadakan. Hiburan banget di hari Minggu buat anak anak itu. Mereka ga perduli tuh airnya warna capucinno alias coklat banget. Kotor cyn😆 .
Jadi hiburan juga buat gue ngeliat mereka gembira main begitu🙂. Gue kalo ga inget bakal di omelin si Mbul sih udah pengen ikutan😆
image

image

Selain itu yang mau piknik liat banjir, depan apartement gue ada delman loh😆 hahahaha. Bisa aja ya.
image

Anyway tahun ini gue gak seheboh tahun kemarin. Stok indomie doang 5 bungkus, sama ganti batre senter. Gue udah tau kalo di apartement lumayan aman. Giant market juga masih buka dibawah. Jadi whole weekend gue cuma istirahat, leyeh leyeh aja di apartement sambil nonton berita tentang banjir.

Kayaknya sebagai warga Jakarta mau gak mau gue jadi kebiasa sama “event tahunan” ini.
Harapan gue sih sebenernya masih sama kayak tahun tahun lalu ketika banjir terjadi, mudah mudahan gak kejadian lagi. Tapi ternyata ya kejadian terus tuh tiap tahun. Emang tata kota Jakarta yang semerawut, pembangunan mall dan gedung yang serabutan bikin air hujan jadi gak terserap maksimal. Tapi sebenernya yang lebih penting masih banyak orang yang buang sampah sembarangan! Sampahnya Jakarta gak nahan. Bikin saluran air jadi mampet, air di kali gak ngalir lancar.
Coba deh kalo lewat Grogol sempetin ngeliat ke kali Grogol samping mall Citraland, penuh banget sama sampah. Dari sterofoam dan plastik yang memenuhi hampir seluruh permukaan kali, sampe yang paling epic pernah gue liat kulkas jadul teronggok dibuang disitu. Gue gak ngerti tuh otaknya orang yg buang kulkas bekas disitu terbuat dari apa😦. Itu baru kali Grogol, coba liat di Manggarai atau Ciliwung lebih parah lagi sampahnya.
Selama ini kita nuding pemerintah kalo ga becus ngatasin banjir tapi mungkin attitude buang sampah kita juga yang mesti di benahin. Jaman dulu kan masih suka ada tuh gotong royong bersihin lingkungan, sekarang masih ada ga sih? Mungkin sekarang kita udah terlalu sibuk kerja, sibuk kena macet dan weekend sibuk nge mall?🙂. Kalo alesannya tong sampah di Jakarta itu kurang banyak, basi. Gue selalu biasain bawa kantong plastik kecil buat nampung sampah gue di jalan, kalo nemu tong sampah baru gue buang. Biasain juga selalu gunain kantong plastik berkali kali, hindarin pake sterofoam. Buat sampah gede gede kayak kulkas atau perabotan kan bisa diloakin ya, kayaknya ga perlu sampe di buang ke kali deh. Mending jadiin duit🙂.
Tindakan kecil dari kita itu ngaruh loh. Ribet sedikit tapi hasilnya besar kan gak apa apa ya🙂
Oya satu lagi, Jakarta punya gubernur kan udah oke ya. Gue bukan fans garis keras beliau kok tapi gue sangat terkesan sama rencana rencana beliau untuk membenahi Jakarta. Jadi kalo mau di benahin jadi lebih baik ayo dong warga nya pada nurut dan mau diatur. Kalo masih pada ngebandel ya dapet salam tempel dari banjir dan macet😀

12 thoughts on “Banjir banjiran di 2014

    • Iya seenggak nya kalo di apartement ga was was mati lampu atau mati air. Paling kuatir kendaraan aja di basement. Tahun lalu airnya sampe harus dipompa keluar

  1. Buang kulkas di kali grogol? Ya ampun, paaaakkkkk!
    May, daerah grogol ini dulu jajahanku, loh. Tahun 97-2000 kan aku kuliah di kemanggisan situ, jadi kalo ngemall pastiii ke CL sama MTA, pk bajaj, bayar 3 rebu perak, hahaha…. eh, ngemall itu liat2 doang, yes. Bukan belanja. Aye mah belanje tetep di tanah abang, cyiiinnn…😆
    Anyway, semoga cepet surut ya, semua banjir di jakarta (juga di kota2 lain) Sedih pisan euy, liatnya…😦

    • Meringis kan mbaaak? sebenernya bukan cuma kulkas loh, suka ada aja barang barang ajaib yang di buang di situ kayak sofa, kasur, dll. itu tuh yang bikin kali Grogol gak bergerak kemana mana.
      Oyaaa? widiih, mantan orang Grogol juga toh? *toss*
      Yaampun, murah bener, sekarang abang bajaj ke TA aja minta 15 ribu😦
      Ahahahaha samaaa mbak, aku juga kalo nge mall mah numpang ngadem doang, mana itu bisa belanja belanja disitu. Tanah Abang still the best😉
      Amiiin mbak, di Karawang orang tua ku udah di evakuasi😦

  2. Yup, gak setuju kalo warga DKI cuma bisa nyalahin pemerintah tapi kesadaran warga untuk jaga kebersihan aja masih jongkok bangett.
    kemaren pas banjir2an, aku sampe naik ojek sepeda segala demi urusan kantor….hehehe
    Salam kenal😀

    • Iya mbak, harusnya bukan cuma nyalahin yah kita kerja sama sama pemerintah, bantu gimana caranya supaya gak banjir lagi, ya dengan bantu jaga kebersihan lah.
      Hehehe salam kenal juga mbak🙂

    • Iya mbak, tapi syukurlah sekarang udah redaan🙂. Tapi masih hujan terus dan kalo hujannya deras sedikit ya menggenang lagi walau cepet surutnya juga. semoga musim hujan segera berlalu ya🙂

  3. Waduh mba maya, masih tinggi sekarang airnya mbak? Jadi inget dulu aku ke kosan Abangku di sebrang Central Park naik taksi, trus ternyata di dalam kompleks airnya cukup tinggi, taksinya ndak mau lewat, akhirnya jalan dong kita dan airnya hampir sepaha ajah😦

    • Kemarin juga segiut mbak, syukurlah sekarang sih udah enggak🙂. Udah mulai surut, hujannya juga udah mulai reda sih. Mudah mudahan gak banjir lagi deh

Leave a Reply

