Kuliner di Pecenongan

Yang udah lama tinggal di Jakarta (dan sekitarnya) pasti udah ga asing dong sama kawasan Pecenongan? Dulunya sih kawasan Pecenongan tuh termasuk daerah prostitusi tapi selain itu disana juga banyak warung warung tenda kaki lima bertebaran menjelang sore hari. Banyak kuliner enak disana, dari mulai makanan yang halal sampe yang gak halal. Catet ya: semuanya enak😀.
Lama lama sih prostitusinya menghilang dari kawasan itu, jadi bersih lah dan belakangan malah gue denger kawasan Pecenongan di labelin kawasan wisata kuliner Pecenongan.

Gue tau Pecenongan itu dari jaman gue kecil. Waktu itu gue suka di ajak bokap nyokap makan seafood di daerah situ yang enak banget.

Malam Natal kemarin, sehabis misa, mumpung searah gue dan Mbul memutuskan buat dinner di kawasan Pecenongan.
Gue udah lamaaa banget ga ke daerah situ sampe pangling ngeliatnya. Warung tenda makin banyak bertebaran di sepanjang jalan, hotel bintang lima pun udah berdiri dengan ciamik disitu. Udah gak remang remang lagi. Sayang warung tenda seafood yang enak itu udah ga ada. Jadilah gue dan Mbul memutuskan makan sate babi aja.
Kita mampir di Kedai Sate Babi Krekot tepat didepan hotel Alila. Tempatnya rame tapi pelayanannya cepet dan gesit. Kalo udah laper banget pas banget deh mampir ke warung tenda yang satu ini. Gue dan Mbul pesen bakut sayur asin seporsi, sate dagingnya 4 tusuk dan sate ususnya 2 tusuk. Udah deh lagi lagi lupa sama food combining😛. Habis 100ribu aja udah kenyaaaang banget. Sate nya sih biasa aja menurut gue, menurut Mbul malah enakan yang di pasar modern BSD tapi bakut sayur asinnya dong. Mantap! Potongan dagingnya besar tapi empuk. Gurih kaldu dan rasa asamnya pas banget. Yummy!

image

Beres makan, next kita mau berburu martabak Toblerone. Iya martabak yang lagi hiets yang lagi banyak di omongin di mana mana.
Awalnya gue tau dari Twitter. Penasaran tapi belom segitu niatnya nyari sampe akhirnya gue baca liputan kuliner tentang serba serbi martabak di Majalah Femina. Dari artikel itulah gue tau kalo martabak itu ada didaeran Pecenongan.
Tempatnya ternyata ga susah dicari kok, begitu masuk area pecenongan (dari arah Pasar Baru) habis lewatin hotel Alila gak lama bakal keliatan tuh warung tenda Martabak Pecenongan 43 yang ruameeee banget. Disitu lah yang jual martabak Toblerone dan Nutella.
Yang jangan kaget kalo elo beli martabak disitu adalah: jenis martabaknya yang apa juga ada ( pilihan toppingnya komplit plit plit termasuk isi Toblerone & Nutella, tersedia juga martabak manis tebal tipis dan telur), antriannya yang bujubuneng lamanya, dan muahal ceuuu. Jangan salah ya, yang mahal itu bukan karena pake topping Toblerone atau Nutella, itu cuma nambah 30 ribu doang kok, basic martabaknya sendiri juga udah mahal. Martabak spesial pake mentega Wiseman (dan sedikit Blue Band) udah di bandrol 90 ribu dengan pilihan 1 topping (diluar Toblerone atau Nutella). Sedangkan martabak biasa yang full pake mentega Blue Band dibandrol 80ribu. Mejret ga tuh?😀. Bandingin dah sama martabak Terang Bulan deket apartement gue yang cuma 40 ribu doang udah dapet spesial punya. Tapi selain karena menteganya, wajar aja sih mahal kejunya aja pake keju Kraft😀, meses nya pake Ceres. Kualitas toppingnya oke punya.
Malem itu gue pesen martabak spesial keju Toblerone, jadi 120ribu aja ceu. Untung udah gajian😆
Awalnya gue sempet ragu enak ga tuh topping Toblerone dicampur keju. Kalo ga enak matik deh, amsyiong tuh 120ribu😀.
Setelah nunggu hampir 1 jam, jadi juga tu martabak. Duh lamanya bikin penasaran deh. Oya jangan heran juga ya kalo banyak yang misuh misuh pas antri. Gue sih udah tau bakal antri lama, di Femina udah di bilang martabak disitu emang mahal dan lama antri nya tapi worth it. Penasaraaaan X-).
Sampe di rumah, langsung sikaaaat. Makin amnesia aja tuh sama food combining terus lupa juga sate babi dan bakut yang belum lama di makan. Kayaknya udah di buang dalam black hole😆😆😆
Yakali sampe rumah aja udah tengah malam, orang lain udah bobo kita masih memamah biak makam martabak Toblerone keju. DOSA ABIS!😆
Terus gimana kah rasanya? Ya Tuhaaaan begitu suapan pertama gue berasa ada di surga. Sumpah ga lebay itu martabak terenak, gue ulang pake hurup kapital MARTABAK TERENAK yang pernah gue coba sepanjang hidup gue! Sungguh 120 ribu itu gak terbuang sia sia. Adonan dasar martabaknya aja udah enak banget, lembut, manisnya pas dan gak mahtehg. Kombinasi topping Toblerone dan kejunya mematikan banget enaknya. Kita sampe agak nyesel kenapa gak beli masing masing seloyang *rakus tingkat khayangan*😆. Malam itu gue dan Mbul bobo dengan senyum bahagia lupa sama tambahan lemak diperut😀

image
image
image
image
image
image

22 thoughts on “Kuliner di Pecenongan

  1. Dan SALAH PAKE BANGET gw kebangun jam tiga pagi trus bewe ke sini. *tendang kompor dan panci yang menggoda bikin indomie! Gilingan May, gak usah review-revoew martabak terenak deh di blog. Bikin orang ngences abis. Bhuahahahahaha!

  2. pas ke Jakarta kemaren, Abi juga udah intip-intip google map: “Pecenongan deket ga ya dari sini? Mmmmm kayaknyaaa jauh……”😆 dikarenakan kami takut ama macet (ya takut ama Tuhan dan takut gendut juga sikhhh), jadi batal lah beli martabak ini. Next time aja dah nunggu klo dese dah ada delivery serpis!😆

    • Hehehe kalo dari tempat kalian nginep kemarin sih ho’oh jauh banget mem, dan pasti macet. Mudah2an nanti kalo Abi training lagi di Jakarta di area Pasar Baru situ *siapa tau* boleh banget ikutan antri🙂. Ealaaah mem, kalo liat antriannya sih kayaknya kalo ada delivery serpis bisa bisa pesennya malem ini dikirimnya besok malem😆

  3. May sebagai Warga jakarta barat yang mana ke pacenogan mah ga perlu sejam kan ya…mustinya gw nyoba ini ya. Tapi kan bukanya malem..susah gw keluar malem ama suami. Tapi nanti gw akan wujudkan may,,,,,gw kan latah kalo soal beginiannn
    And FYI mayyy, waktu gw mulai diet itu gw udah putus hubungan ama yg namanya martabak.ampe gw pernah nulis status :”we will never ever gettting back together” (referring to martabak) ehhh gw telen lah itu kata2 gw ndiri….setelah sekian bulan, gw makan lagi tuh martabak…dan adek gw tnyta sering makan martabak ini di pacenongan. hiksss ntar dia dateng gw ajak di kesono ahhh…
    mayyyyy gw sakau!!!!! sakaww martabakkkk
    tauk ahhhh sebel nih si maya postingannya!!😀 😀

    • Huahahahahahahahaha, ngakak se ngakak ngakak nya gue baca komen ini😆😆😆
      welcome to the club Jo, justru ituuuh lah gue posting biar gue gak menambah lemak sendirian😆
      Jo, asli deh itu martabak enak banget, gue kan gak terlalu doyan yah sama martabak sebenernya, bleneg aja kalo makan martabak manis kebanyakan tapi khusus buat itu martabak Pecenongan pengecualian deh. Enaknya pake banget and I think you should try it😉

  4. Kalo martabak aku lebih suka martabak telor, May. Habis udah manis, sih… *asyeeeemmm*😆
    Btw, kebayang itu omzet si tukang martabak, berapa duit ya, jualan semalem…? *mata ijo kebayanh fulus*🙂

    • Aku juga biasanya lebih suja martabak telor sih mbak. Kalo martabak manis kan blenegh ya, makan 2 potong aja udah begah rasanyam beda aja sama yg ini😀.
      Eaaaa iya dah, udah manis jadi diabetes yak kalo kebanyakan makan martabak manis😆
      Adeeeuh mbak, kalo liat antriannya sih setahun udah kebeli CRV baru lah, jadi mau alih profesi jadi jual martabak Toblerone kah demi CRV baru? *kedip kedip*😀

  5. Kayaknya maryabak 1 ini lagi heboh bgt yaaaa.. Byk bgt yg ngomongin.. Bener2 enak gitu toh May… Kalau martabak telornya coba juga ga? Kebetulan aku ga terlalu suka martabak manis..😦

    • Iya Be, toppingnya ga biasa sih dan ternyata Toblerone dan Nutella nya cocok sama adonan martabaknya. Aku pikir awalnya bakal mahtegh loh, secara Toblerone nya satu dicampur keju pula tapi ternyata enak bangeeeet jadinya😀.
      Aku juga penasaran sama martabak telor nya Be, next destinasi mau cobain martabak telornya deh🙂

  6. Ampun mbaaaa, aku ngiler sama martabak pecenongannya. Udah sering denger ini martabak enak di Jakarta, tapi belum pernah coba sampai sekarang.. Aaaaa pengeeeen😆

  7. ini martabak yang paling hits dengan harga yang super nampol itu ya? hhhmmm…makin banyak yang cerita ttg martabak ini makin penapsaran pengin nyoba etapi dompet mana dompet? *kekepindompet*😀

  8. terdampar disini gara gara googling martabak pacenongan…..udah lamaaaa pengen nyobain…apadaya tempatnya jauh bingits dari rumahku. Tapi tapi tapi setelah baca posting ini kayaknya HARUS dicoba sesegera mungkin deyyy hahaha. Salammm kenal ya mbak…..

    • Hahaha salah kenal mbak. awas lho sekali nyobain jadi ketagihan, soalnya uenaaak banget😀
      Emang tempatnya jauh sih, tapi sekali sekali di sambangin mah boleh lah😉

Leave a Reply

