Tepar, antara miris & pengen ketawa

Setelah sekian lama sehat sehat aja karena rutin mengkonsumsi jus buah secara rutin (bahkan engga kena flu atau radang tenggorokan), hari Minggu kemarin gue tepar sakit juga. Bukan sakit yang pelan-pelan, tapi langsung jeblok.

Awalnya, hari Jumat gue janjian sama neng Nina ke GI buat nemenin di beli kado Oline. Kita makan di Sushi Tei terus di lanjutin nge bir (gue doang sih yang nge bir) di Stark Beer Hause di PI sambil nonton live music. Gue emang udah lama gak nge bir, tadinya mau nge bir gelas kecil aja, ternyata mereka cuma sediain minimal setengah liter. Berhubung gue lagi kepengen, yo wis libas. Habis tuh segelas isi setengah liter dark bir, sambil ngobrol & nikmatin live music gak berasa. Pulang agak kleyengan tapi gak mabuk kok wong cuma bir doang. Disitu badan masih berasa enak enak aja, cuma anehnya pas mandi gue kedinginan banget sampe jongkok jongkok mandinya.
Besok harinya masih sehat sehat aja. Gue masih masak buat makan seminggu, masih ke pasar, masih becanda becanda sama si Mbul. Palingan entah kenapa gue males pas di ajak si Mbul nongkrong di luar. Tapi gue pikir sih masih wajar lah, gue kan masak seharian, capek pastinya.

Naaah baru berasa gak enak badan tuh hari Minggu malem. Badan gue udah meriang. Gak enak banget rasanya. Perut juga begah. Gue sampe minta di kerokin sama si Mbul. Abis dikerokin & merah semua, gue minum tolak angin terus tidur cepet. Si Mbul udah bilang, kalo emang gak enak ya besok gak usah ngantor aja. Gue bilang gue masih mau ngantor karena gue inget gue masih harus bikin report mingguan plus gue juga kepengen nonton film balet Swan Lake di Blitz Pacific Place. Biasanya kalo udah dikerokin gitu sih besoknya juga mendingan.

Besok paginya emang agak mendingan dikit, tapi badan gue tetep aja gak enak plus ditambah ternyata gue mens. Si Mbul kembali bilang  mending gue gak masuk aja & gue masih tetep ngotot mau masuk dengan janji gue bakal ngambil cuti mens di hari Selasanya setelah report mingguan gue beres.

Ternyata keputusan gue untuk masuk hari itu salah besar, sodara sodara. Sampe kantor gue udah kleyengan. Gue kerjain report mingguan gue secepet & sekonsen gue bisa. Thanks God itu bisa gue selesain juga. Si Mbul udah ribut aja nyuru gue pulang. Sebenernya tanpa si Mbul suruh pun gue udah gak kuat lagi sih. Gue minta ijin pulang lah sama bos gue & gue pulang secepet gue bisa naik taxi. Dalam hati pas perjalanan pulang gue udah mengigil hebat. Si bapak supir nya sampe nawarin untuk nganterin gue ke RS tapi gue tolak, perut gue udah berontak banget antara pengen muntah & BAB. Gue pikir gue mau pulang dulu deh. Gue gak bakal sanggup ke RS sendiri & ngurus adminnya kalo gak sama si Mbul. Si Mbul siang itu gak bisa skip dari kantor karena dia lagi hectic banget. 

Begitu sampe rumah, habis bayar taxi, langsung lari ke lift (untung lift lagi siaga di lantai bawah semua jadi gak perlu nunggu lagi), masuk apartement, muntah & BAB. Keluar itu semua isi perut gue, dan badan gue mengigil. Udah tuh sejak saat itu gue gak jauh jauh dari toilet. Kalo gak muntah ya BAB. Minum aja bikin perut gue berontak. Gue gak bisa makan apa apa lagi dari pagi. Duuuh pengen nangis rasanya. Udah pengen ke dokter tapi mesti nunggu si Mbul dulu, badan gue udah gak kuat kalo mesti jalan sendiri.

Akhirnya si Mbul bisa pulang juga, kita langsung ke dokter. si Mbul milih bawa gue ke RS R*yal T*ruma dengan pertimbangan itu deket banget dari apartement ketimbang mesti ke Siloam Kebon Jeruk. Gue sih udah gak perduli deh yang penting ketemu dokter, gue pengen tau ini gue sakit apa coba bisa tetiba drop😦.

Sampe RSnya yasalam aja, antri dokternya ceu. gue dapet nomer 14 sedangkan pasiennya baru sampe no 7 *pengsan*. Cuma gue udah beneran gak kuat kalo mo pindah RS lagi, disitu internisnya cuma seorang yang praktek. Ya udah lah akhirnya dengan bergelung kayak kucing mau beranak gue nungguin tu dokter. Lamanya jangan di tanya tapi wajarlah namanya juga dapet urutan paling buncit, terus kayaknya dokternya juga lumayan laris. Pas ketemu dokternya, dokter R, lumayan juga. Lumayan baik & lumayan komunikatif. Kalo kata beliau ada kemungkina kena pra typus, tapi diliat dari lamanya demam itu masih tentative karena demamnya baru satu hari. Akhirnya gue diresepin antibiotik, obat sakit perut, parasetamol, & obat mual. Dipesan untuk makan bubur dulu, bed rest 3 hari, & 2 hari kemudian periksa darah. Oke laaah.

Begitu pulang & kedepannya gue mematuhi anjuran dokter dengan bed rest, makan makanan lunak, dan istirahat. Besoknya sih badan gue udah enakan. Gak demam lagi, tapi makan masih mual & BAB masih mencret. Tapi membaiklah & obatnya lumayan manjur.

Naaah, masalah & dagelan sama RS R*oyal T*aruma itu dimulai ketika gue mesti periksa dari hari Kamis kemarin. Sebenernya gue udah gak mau periksa darah ya, secara gue udah ngerasa baikan banget. Tapi kata si Mbul mending tetep periksa darah aja takut takut beneran pra typus, mendingan sebentar terus tepar lagi kan ribet. Ya udah akhirnya gue nurut, lagian gak ada salahnya toh ngecek. Kalo kemaren pas lagi gue tepar si Mbul yang gurus admin, kali ini buat periksa darah gue ngurus sendiri dong. ASLI gue gegetun banget (gemes) ngadepin staf RS nya. si Mbul teh sabaaar banget.
Pertama, di surat pengantar periksa darahnya di tulis periksa darah jam 20.25. Itu berarti jam 8.25 malam kan? Sampe tempat pendaftarnya, susternya malah bilang (dengan suara guman guman)

“ibu, kok periksa darahnya jam segini, dokternya cuma ada sampe jam 8 loh”.

gue sampe harus bilang

“hah?!”.

Hah disini maksudnya gue gak denger dia ngomong apa saking halusnya suaranya, ditambah dia ngomongnya sambil nunduk jadi gue gak bisa liat gerak mulutnya di ngomong apa. Setelah dia ulangin omongannya, gantian gue hah lagi karena heran. Kok nanya ke gue periksa darah jam segini, lah ditulis sama dokternya emang jam segitu kok di surat pengantarnya, gue sampe ngeliat 2x buat mastiin supaya gak salah dan benerrr kok. Ish! Gimana sih. Gue bilang ya gue sih dateng sesuai jam di surat pengantar aja. Akhirnya dia bilang, oh ya udah ibu bisa langsung ke lab.
Problem ke 2, gue mau ke lab tapi dimana. Gue sampe nengok kanan kiri nyariin petunjuk lab nya dimana, gak keliatan. Gue balik lagi ke suster di tempat pendaftaran buat nanya, dan dia cuma bilang lab nya ke kanan, tanpa bangun, tanpa nunjukin pake tangan ke kanan yang mana, dan tanpa ngangkat muka dari entah dia nulis apa. Sampe sini gue udah ngelus dada aja. Akhirnya setelah gue liat bener bener ternyata ada petunjuknya cuma kecil banget, bukan sign yang besar gitu. Duuh sabaar sabar. Ampun deh rumah sakit mentereng gitu bikin sign LAB gede gede aja masak gak bisa sih😕.

Untung proses ambil darah berjalan lancar. Susternya pinter ambil darahnya jadi prosesnya gak sakit dan gak lama.

Tapiiii gegetun nya gue belom beres. Kelar gue test darah, gue balik lagi ke konter pendaftaran. Maksud hati gue pengen daftar periksa ke dokter R besoknya. Kan si dokternya rame tuh, kalo gue daftar di awal gitu kan udah jelas dapet nomer berapa datengnya jam berapa (kemarin pas gue sakit gue kan langsung dateng gak daftar dulu). Ternyata oh ternyata, sampe disana (dengan suster yang tidak serupa tapi ternyata sama aja modelnya) dibilang gak ada nomer antrian buat dokternya. Siapa cepat dateng dia yang dapet nomor. Doooh!! Pengen tepok jidat rasanya. Yaelah hari gini gitu, capek deeeh…
Gue langsung berasa nostalgia, ini RS sama Universitas gue kan yang yayasannya sama, dulu jaman gue kuliah kalo mau daftar mata kuliah juga sama modelnya kayak gini. Gak ada tuh nomor antri, dateng pagi pagian dan antri manual demi bisa daftar mata kuliah. Pengen ketawa (miris) aja, kalo universitasnya aja dengan antri model gitu udah gak bonafid, ini RSnya sami mawon😆. Ini udah 2013 ya, masak gak ada perubahan sih? Yo wis lah, sing waras ngalah🙂.

Ternyata besoknya si dokter R gak praktek, gak ada dokter penggantinya. Jadi pas gue dateng gue minta dikasih dokter internis siapa aja deh yang penting hasil lab gue bisa di baca & gue bisa dinyatakan sehat jadi gue bisa berangkat kerja dengan tenang di hari Jumatnya.
Gue disuruh milih antara dokter A sama dokter B. Gue bilang terserah, dua duanya juga gue gak kenal jadi sama aja. Akhirnya sama susternya di pilihin dokter B. Oke lah. Gue disuruh tunggu di depan poli no 21.
Gue liat disitu gak ada pasien, tapi banyak (keliatannya kayak) sales obat obatan. Ya elo bisa bedain lah mana yang pasien beneran sakit sama sales. Gue pikir, di dalem ruangan praktek ada pasien. Gue tunggu, lumayan lama tuh 30 menit dan tetiba salah satu sales itu dipanggil masuk sama dokternya. Gue bengong dong. Lah iki piye toh, masa gue yang pasien gue yang disuruh nunggu sales obat presentasi dulu. Ggggrrr. Gemes lah gue, gue udah bolak balik ngelirik susternya. Oya gue tau yang disuruh masuk itu bukan pasien karena susternya tu dokter B gak masuk ke ruang praktek tapi cekikikan di depan sama temennya tu sales. #@*&%$.
Gue udah males banget. Gue minta si Mbul tanyain ke susternya apa masih lama, dan si susternya bilang, masih ada pasien dan gue disuruh tunggu bentar lagi. Jengkel lah gue, mana yang pasien. Gue suruh si Mbul tanya lagi ketika udah lewat 15 menit, gue sampe setengah ngomel & ngancem ke si Mbul mau dia yang tanya atau gue yang tanya. Kalo gue yang tanya udah pasti ribut tuh. Si Mbul buru buru nanya lagi. Gila disuru nunggu hampir 45 menit. Kali ini pas si Mbul nanya dibilang alesannya file gue masih disiapin. Hastagaaa X(( *sabar sabar*.
Gak berapa lama si susternya dokter B nyamperin gue dan nanya:

“Ibu Maya ya? Apa ibu ngerasa sakit banget?”

INI SIH EPIC BANGET DAAAH😆😆😆

Gimana ya, antara gue pengen marah sama pengen ketawa sih dan udah pengen nanya sama susternya: MENURUT NGANAAAA?!?!?!🙄

akhirnya gue jawab: (dengan sopan & tatapan setajam silet)

“Enggak sih sus, cuma mau tanya hasil lab sama kontrol balik aja. Apa dokternya masih lama?”

dan di jawab:

“Oh tunggu sebentar lagi ya bu, dokternya masih ada tamu”

CAKEEEP!!!

Sampe sini gue bilang sama si Mbul, that’s it! Gue gak bakal lagi ke RS itu. Asli ngeri gue. Huahahahaha.

Sekalinya sakit adaaaa aja😆.

Setelah gue masuk dokternya pun ngomongnya gak meyakinkan banget. kata dia gue emang gak pra typus tapi gue kena virus. Virusnya gak jelas apa, dia bilang virusnya juga masih ada tapi overall gue udah sehat. Apaaa cobak ah.

Kapok aku huhuhuhu. But thanks God gue gak kena typus. Amit amit kalo sampe kena typus kan ribet ya🙂. Anyway weekend ini gue mau periksa lagi ke dokter langganan gue yang genah (bener) ah😉

 

14 thoughts on “Tepar, antara miris & pengen ketawa

    • Thanks dit. Udah jauuh baikan. Sebenernya sih dokter yg pertama aku datengin oke juga. Cuma pelayanan RS nya perlu di audit tuh. Udah banyak temenku yg bilang mending ga kesitu. Masih rame krn mungkin strategis & gedungnya keliatan mentereng🙂

  1. Haduh! Ikutan sebel, May…! Tapi emang biasanya, kalo udah jatuh, emang selalu tertimpa tangga deh… beneran EPIC ini sih…. Sini sini, kubantuin jambak rambut susternya! *sadis*😆
    Cepat sembuh ya, neng Maya! Habis gelap terbitlah terang, kok….🙂

    • Hehehe untuuung pas dateng yang ke 2 untuk kontrol itu aku udah jauh mendingan. Coba kalo engga, duuh pengsan kali😆.
      Makasiiih mbak *hugs* udah mendingan kok, kemarin udah kerja lagi. Emang mesti bed rest + minum obat + sama jadi anak manis aja gak jajan sembarangan🙂

    • Iya itu manajemen RS nya perlu diaudit kayaknya mas😀. Dulu aku pikir S*loam lumayan parah loh pelayanannya tapi belakangan mereka banyak berbenah. Mudah2an R*yal itu juga berubah ya, sayang banget kalo engga. Prospeknya bagus. Ehm tapi aku sih kalo sakit kapoook ah kesitu lagi. Ntar sakit nya malah nambah lagi😆

  2. ihh gelok. udahlah kita bayar mahal, pelayanannya jelek kayak gitu😦 asli ya may bikin khawatir banget soal beginian ini. dulu pas aku di sby karena keluarga angkat aku itu dokter semua,jadinya kalo aku sakit rada2 diurus gitu tapiii kalo datengnya sendiri…..yah sami mawon, gak diurus may. makanya ini balik lagi ke medan deg2an kita gak punya keluarga dokter soalnya disini huhuhu

  3. Emang harus ada yang cerewet ya May kalo kita ke dokter. Hebat banget sih si Mbul, bisa ngurus dengan apik dan cerewet tapi TETEP SABAR. Ini kalo tetiba pusing bukan gara gara penyakitnya tapi gegara ngadepin ke geje-an RS-nya kan.
    Hihihi btw May, badanmu udah biasa hidup sehat jadi kaget ya pas diasup minuman non gizi . Udahlah back to greensmothies ajeee..
    Udah sehat kan May. Stay fit, yaaaa, mau liburan dan kerja keras bayar rumah kan kan kan hahaha

    • Hehehe iya si mbul mah emang lebih sabar mak. Dia itu kesabarannya segede dunia, kaga ada judes judesnya tuh ngadepin staff RS yang menya menye gitu.
      Yang jelas sih aku kapok berobat kesitu & sekarang lagi detox biar sisa sisa bir nya cepet hilang😀. Ya ampun itu sakit bikin kapok karena kerjaan berantakan semua mak😆. Sampe gak sempet ngoprek blog😀
      Iyaaa hahahaha sakit itu gak enak mak😀

  4. Staff ama dokter kayak gitu tuh yang bikin reputasi RS jadi jelek. So far gue sih cukup puas ama pelayanan disana May. Mungkin karena ketemu sama dokter yang bener. Cuma masalah adminitrasi awal di sana emang ribettttt banget. Pas keadaan gawat darurat mau pindahin nyokap dr RS Bogor ke sana (karena dapet recommend dokter syaraf yang oke praktek disana) ribet banget. Pertama: si staff nya ga well-trainned, nyokap di rawat di RS Bogor di ruangan HCU (High Care Unit) satu tingkat dibawah ICU. Pas transfer antar RS, suster jaga di RS Bogor bilang kita perlu ruang HCU dan staff disana bilang ga punya ruang itu disana. Pas dijelasin panjang lebar kalau ini ruangan satu tingkat dibawah ICU baru ngeh, ternyata namanya disana bukan HCU tapi IMC (Intermediate Care). Padahal di RS lain rata-rata pake nama HCU. Kedua: Sebelum bawa ke sana gue disuruh transfer uang deposit dulu dikasih waktu 2 jam. Posisi gue waktu itu satu keluarga lagi di RS Bogor, malem hari, tanpa ada mesin ATM di RS itu, ga punya kendaraan. Cari ATM juga bingung dimana? Gue bilang “mbak bisa engga kita bayar deposit di tempat, karena uangnya ada tapi mesin ATMnya yang ga ada.” Ga bisa prosedur nya harus transfer dulu, baru nanti setelah confirm uang diterima baru pasien bisa dibawa dan semua langsung disiapkan disana. Grrrrrrrrr…. Untung setelah disana pelayanan nya masih cukup memusakan.

    • Astaga iya emang RS disini rata rata ribut ya Ndri. Makanya gue suka kesian sama yang kalo sakit gawat, udah panik, udah mesti ngurusin duitnya, udah yang sakit juga udah kesakitan😦. Makanya RS disini bikin gegetun, kalo gak terpaksa males banget *amit amit* sampe berobat ke RS

Leave a Reply

