Jadi Anak Kos (Part 1-di Bogor)

Cerita tentang kehidupan jadi anak kos emang penuh warna. Mesti mandiri, home sick gak hilang hilang, belajar hidup bareng sama orang itu cuma sedikit tantangan yang musti dihadapin sama anak kos.  Yang pasti jadi pribadi yang mandiri tuh mesti, kudu, harus ketika kita jadi seorang anak kos.

Gue sendiri mulai hidup ngekos sejak SMA. Dan itu kayaknya udah tradisi di keluarga gue deh, terutama dikeluarga nyokap gue.
Nyokap gue dan adik adiknya (tante gue) malahan rata rata udah mulai jadi anak kos sejak SMP.
Nyokap gue gak memaksa gue untuk sekolah di luar kota, dia menyerahkan pilihan sama gue. Dia sempet ragu karena pada awalnya banyak temennya yang komen negatif. Secara gue baru lulus SMP gitu, cewe pula, masa mau langsung di lepas hidup mandiri ngekos di luar kota & jauh dari ortu? Tapi dengan dukungan dari oma & tante-tante gue, dan gue nya sendiri pun pengen akhirnya nyokap gue jadi lebih yakin🙂.

Gue lahir dan besar di Karawang, memutuskan untuk sekolah SMA di Regina Pacis Bogor selulus SMP di Karawang.
Sebenernya sepupunya nyokap tuh banyak di Bogor, tapi gue dan nyokap gue sepakat untuk nge kos aja ketimbang gue tinggal sama sepupu nyokap gue. Selain biar gak ngerepotin, juga biar gue belajar mandiri lah. Gue akui dengan masih adanya sodara sepupu nyokap gue di Bogor, proses gue belajar mandiri jadi gak gitu sulit. Gue gak kayak langsung ditinggal mesti mandiri hidup di kos. Tante Herlin, sepupunya nyokap gue, bantu banget apalagi kalo gue lagi sakit atau perlu pindah kos atau pas gue lagi kesusahan (kesusahan gue selama ngekos di Bogor sih banyak banget deh. Namanya juga newbie, banyak erornya :lol:)

Kos pertama gue di Gang Baru, di rumah kos an Tante Yeni, deket banget sama sekolah. Saking deketnya, gue bangun jam 6.30 aja gak bakal telat masuk kelas😀.
Gue di situ cuma kuat tiga bulan doang. Emang tempat kos nya bagus, tapi kalo buat gue terlalu rame. Jadi suka banyak ribut ribut antar penghuni nya, belum lagi kalo udah nge gank satu sama lain. Terlalu banyak intrik lah buat gue. Terus yang gue gak suka, tante kos nya (plus anaknya) rese. Intinya gue gak betah.

Akhirnya gue pindah ke kos Tante Ira di Jl Pengadilan, agak jauh sedikit dari sekolah yah 5 menit jalan kaki (santai).
Walau rumahnya rumah tua, gue betah banget nih di kos-an ini. Kebeneran se-kos bareng temen gue sama sama anak Karawang. Kos-an nya agak horor ya secara rumah tua. Kamar gue sendiri gede banget ukuran 3×3 meter. Jendela kamarnya masih kayu dan teralisnya masih model jaman Belanda dulu. Jendelanya bisa di buka atas bawah dengan pemandangan langsung ke taman. Jadi kamarnya tuh sejuk dan nyaman.
Dengan bayar 300ribu sebulan (yang lumayan mahal pada jaman itu), gue dapet jatah nasi putih setiap hari & cuci setrika baju. Yang bikin gue betah, selain kamar kos-nya yang gede, penghuninya juga gak terlalu banyak, si mbak nya baik, cuci setrika nya rapi & bersih. Dan yang terpenting, tante kos nya gak rese🙂. Tante Ira sebagai tante kos jarang banget ikut campur urusan anak kos, gak bawel (selama bayar kos lancar), terus baik lagi sering ngajak anak kos makan makan.
Masa masa ngekos disini seru deh, gue ketemu temen temen (kakak kelas) yang baik baik. Ada ci Monik, ci Nanath, mba Lintang, Ndaru, temen gue sesama anak Karawang Yanti & Yuli. Kita sering gosip gosip sampe pagi, nonton bareng di bioskop 21 deket kos (yo’i kos gue ini deket pasar Anyar ada bioskop 21 nya loh, nonton cukup bayar 5000 aja kalo pas lagi nomat), sering nge date bareng, jalan jalan ke Jakarta bareng , sampe nonton konser Westlife bareng (ini cuma gue sama ci Monik sih :lol:).

Gue pindah terpaksa dari kos tante Ira ini setelah kerampokan! Iya bener, kita di rampok rame rame. Waktu itu penghuni kos udah banyak anak anak baru, adek kelas gue. Ci Monik, ci Nanath, dan mba Lintang udah lulus. Suatu malem pas lagi makan malem di kamar, gue denger ada ribut ribut di luar. Gue pikir lagi pada bercanda, tapi kok heboh bener. Eh pas gue keluar tau tau gue udah di todong celurit aja. Hadeuh…
Serem lah pastinya, kita di kumpulin terus di ikat rame rame di kamar gue. Lebih serem lagi, rampoknya gak tau kalo mereka itu ngerampok kos kos an. Mereka ngotot sambil ngebentak bentak nanya dimana kamar orang tua kita. Kita semua udah nangis aja, takut diapa apain. Secara itu kan isinya anak anak semua, gak ada orang dewasa kecuali si mbak kos. Setelah si mbak kos bilang berkali kali kalo ini kos-kos an akhirnya mereka baru ngeh kalo gak ada kamar orang tua disitu yang berarti gak ada uang berlebih. Akhirnya mereka ngambil seadanya. Anting & cincin gue & anak anak udah pasti digasak, stereo, HP, TV, sepatu kets, dompet. Hiks pokoknya ludes lah. Untung duit gue di dompet gak banyak, gitu juga anak anak. Paling yang nyesek HP gue yang baru beli ikut diambil. Padahal itu baru aja beli gantiin HP gue yang sebelumnya hilang😦. Akhirnya besok harinya, kos an kita bubar jalan. Gue & Yanti nyari kos-an baru bareng. Yap, sejak se-kos bareng di kos-an Tante Ira, akhirnya gue sama Yanti jadi soul mate😛, selama sisa sekolah di Bogor kita ng-kos barengan terus😀.

Oya yang bikin nyokap gue pusing selama gue 3 tahun gue sekolah di Bogor bukan masalah kos gue atau masalah duit karena gue ternyata cukup mandiri & pinter ngatur duit. Yang bikin nyokap gue pusing tuh selama 3 tahun gue sekolah di Bogor itu gue rekor ngilangin handphone 4 kali. Sampe sebel nyokap gue beliinnya. Abis gimana atuh, banyakan bukan salah gue juga😛.
Dari sekian kali hilang handphone, yang karena gue ceroboh cuma pas kecopetan di Taman Anggrek Mall aja. Gue ceroboh ga nutup resleting tas gue, itu pertama kalinya gue kehilangan. Nangisnya aja sampe semaleman. Selebihnya: kerampokan, di hipnotis di angkot, sampe di copet sama temen kos gue sendiri. Huru hara lah.

Okeh abis bubar kos di Tante Ira Jl Pengadilan, akhirnya kita pindah kos ke Gang Baru lagi. Tapi bukan ke Tante Yeni. Gue lupa nama tante kos nya. Gue gak lama disitu kok, soalnya lagi lagi gue gak cocok sama tante kos nya. Gue kos disitu cuma 6 bulanan lah.
Awalnya sih sebenernya gak ada masalah. Tempatnya lumayan enak, anaknya kos nya cuma ber empat, tantenya kalo ada makanan juga gak pelit buat share sama anak kos. Gue dan Yanti menempati paviliun sendiri di samping rumah. Yang tinggal nyatu sama tante kos nya ada Mega & Chika.  Yang akhirnya bikin gue gak betah tuh karena tante kos nya lama lama rese. Namanya juga anak ABG, ya kadang kita suka berisik, cekikian sampe malem. Awalnya cuma ditegur lama lama di marahin kalo kita berisik. Belom lagi jam malemnya yang kalo kelewat bikin kita suka dijudesin sama si tante. Kalo hari biasa sih gak masalah, lah kalo lagi weekend kan garing ya😦. Yo wis cap cus lah kita setelah lewat berapa bulan nge kos disitu.
Yang paling berkesan di kos an itu adalah kita se-kos sama Chika yang pacarnya (sekarang istrinya) Rama Michael. Yup, Rama Michael yang arteis sinetron ituh😆, dia sering main ke kos an buat ngapelin Chika. Ya gue sih cuman kenal gitu gitu doang sama dia nya, tapi sama Chika nya lumayan deket, sering bergosip bareng dulu. Hehehe namanya juga temen se kos😀.

Hhhh ternyata gue pas 3 tahun sekolah di Bogor udah kayak kucing beranak ya, pindah kos melulu hehehe.

Menjelang kelas 3 SMA gue pindah kos lagi setelah gak betah di kos-an tante judes itu. Dan akhirnya gue & Yanti balik lagi ke kos-an Tante Ira. Tapi bukan yang di Jl.Pengadilan melainkan yang di Gang Pabaton.
Kos-an nya kayak rumah boneka gitu, cat nya meriah dan sebelahan sama kos-an cowo. Selama kos disini meriah deh, penuh huru hara. Tapi gue & Yanti betah kos disini sampe akhirnya kita lulus dari Regina Pacis.
Gue betah kos disini, karena emang rame, anak nya asik asik, si mbaknya juga baik.

Biar penghuni kos nya banyak plus deket sama kos cowok, kita jarang ribut. Akur aja main bareng, walau kejadian heboh mah ada aja.
TV kos cewe pernah kemalingan diambil sama temennya anak kos cowo buat di jual sampe Tante Ira marah besar & ketika kita dibeliin TV baru, akhirnya TV nya di kerangkeng ke tembok😆. Gue kehilangan HP (lagi) diambil sama cowo nya temen kos gue. Di kos an ini juga bebas banget. Anak kos cowo sering main sampe pagi & nginep di lantai bawah, kalo pas kebeneran Tante Ira sidak mereka pada ngumpet di lemari pakaian sampe di kamar mandi😆. Untung kamar gue & Yanti di lantai atas, dan kita termasuk senior, jadi kalo berisik bisa langsung kita tegur. Pertama kali ngeliat temen kos gue berantem heboh sama cowonya sampe gebuk gebukan. Kamar mandi di kos-an horor, di kos-an pun (katanya) sering ada penampakan. Gue sih gak pernah ngeliat, jadi cuek aja. Gue juga pernah sakit parah, sampe akhirnya gue mesti di opname di rumah sakit. Hadeuh ribet banget deh, mana baru naik ke kelas 3, mana ortu jauh. Untung ada Tante Herlin yang bantuin ngerawat. Makasih banget deh sama Tante herlin. Secara dia aja repot sama 3 anaknya, masih telaten pula ngurusin gue🙂.

Sampe akhirnya gue lulus SMA, petualangan kos gue di Bogor pun berakhir.

Pengalaman pengalaman gue kos di Bogor ini lah yang berkesan banget buat gue. Asli begitu gue pindah kos pas kuliah di Jakarta, gue home sick berat sama Bogor. Padahal pas awal pindah ke Bogor aja gue gak segitu home sick nya sama Karawang😀. Pernah terbersit untuk tetep aja ngekos di Bogor dan pp ke Jakarta buat kuliah, cuma akhirnya gue nerima kenyataan juga kalo akhirnya gue emang harus pindah dari Bogor.

Banyak kenangan dan pelajaran yang gue dapet kos di Bogor. Dari yang awalnya gue nyaman tinggal di rumah jadi mesti belajar beradaptasi hidup bareng sama orang/sama temen yang of course gak selalu enak. Belajar ngatur uang, yang awalnya tekor (gue sempet jual anting gue buat ongkos pulang Karawang karena gue udah bokek berat dan pantang utang sama orang :D) sampe akhirnya gue pinter cari uang tambahan dengan jual jual oriflame & boneka ke temen temen gue🙂. Dengan hidup ngekos gue belajar kalo hidup itu gak gampang dan selalu enak, tapi kalo dijalanin pada akhirnya ya happy happy aja sih. Belajar ngadepin sikon yang ada dengan mandiri, karena begitu kita jauh dari ortu yang bisa kita andalkan pertama kali ya diri kita sendiri dan bukan malah ngerepotin orang lain.

Next part 2 petualangan gue kost di Jakarta🙂

(to be continued)

8 thoughts on “Jadi Anak Kos (Part 1-di Bogor)

  1. Bny bgt cerita kemalingannya may trus yg ditodong celurit, hiiiii serem bgt sih. Yg pasti ngekos itu seru bgt yaaa. Aku pikir setiap anak mesti ngerasain itu yg nAmanya ngekos hihi. Hidupppppp anak kos

    • Iiih iya itu emang serem banget non. Salah satu pengalaman yg amit2 keulang lagi😦.
      Iyaaa bener banget, hidup ngekos itu bagus supaya anak belajat mandiri & belajar hidup sama orang lain. Kamu di surabaya jg nge kos ya?

  2. haha, kirain ini postingan buat ikutan giveaway, May…!😆
    baca pengalaman kost kamu serasa baca skenario sinetron, dan yang dirampok itu, duuuhh… ter-tegang 2013, deh! Syereeeemmmm! Untung kalian para cewek2 nggak diapa2in…. Eh, ngakak juga sih di bagian itu perampok sampe ngambil sepatu kets juga, desperate banget kali ya, ngerampok kos2an kan nggak ada duitnyaaaa…. hahaha…
    Dan masih shock pas baca HPmu dicopet temen kost, lah. diambil cowoknya temen kost, lah… Duuuuhh, kan sesama anak kost harusnya tepo seliro-nya tinggi, ya!

    • Hahahaha belom pede ngadain giveaway mbak, masih newbie. Maunya ikutan giveaway aja *terus menang :lol:*
      Haduh iya mbak, sekarang mah aku nostalgianya sambil senyum2. Padahal pas habis ngalamin stress sampe susah tidur terus takut & parno sendiri walau udah pindah kos-an. Lucky us perampoknya juga bukan orang yg kejam2 banget, secara kita ni masih cewe2 sma gitu. Emang masa pertama kali nge kos tuh berat banget tapi bagus deh buat pelajaran. Belajar menilai orang disaat yg tepat, belajar toleransi, belajar pinter ngadepin temen, dsb🙂

  3. wew pengalaman ngekosnya udah banyak banget ya May🙄 Aku baru ngekos waktu kerja di Jakarta ini, itupun gak pindah-pindah sampe 4 tahun karena yang jagain enak, dan temen-temennya juga asyik plus males juga kalo ngurusin pindahannya😀

    • Iya aku kayak kucing beranak. Pindah pindah muluuu. Hehehe tapi itu pertama tamanya aja kok, Dit. Lama lama sih males juga pindahan, enak ga enak akhirnya dienak2in

  4. whoaaaa, kost dari SMP ya may. Heibaaaat. Hahahaha boleh ketawa lah ya sekarang kan udah lewat, itu seru banget yang ngekostnya kayaknya soal kerampokan pas kost itu macamdi film film. Ih aku jadi kepikirab bikin posting tentang kost juga, meski gak seberwarna pengalamanmu.
    hihihi ini bisa jadi review an buat yang mau cari kost di Bogor dong ya May

    • Iya tuh pas ngetik postingannya sih udah sambil senyum senyum sendiri, padahal mah dulu pas ngalamin nagisnya seminggu juga gak abis abis. Udah gitu jadi takut ketemu orang, ribet deh😀.
      Wahm sekarang mah kayaknya banyak kost an yang lebih bergengsi di Bogor sana mbak, kalo dulu sih iya masih sedikit banget🙂

Leave a Reply

