Demo oh Demo

Oh well, sebenernya sih gue gak pengen banyak postingan nyinyir di blog ini tapi gimana dong gue juga ga bisa nahan untuk menyuarakan opini kenyinyiran gue . Jadi buat yang bosen baca kenyinyiran gue, postingan kali ini monggo di skip aja, no hard feeling deh😉.

Belakangan ini pasti tau dong lagi pada hot hot nya ngomongin kenaikan harga bbm (bahan bakar minyak, bukan Backberry Massanger).

Premium yang notabene bbm bersubsidi akan naik harganya dari 4.500 ke 6000 apa 6.500 gitu (lupa gue). Itu kenaikan harga udah ditahan bertahun tahun. Disaat harga minyak dunia naik, tentunya harga premium yang ditahan menyebabkan subsidinya menjadi makin memberatkan anggaran negara.

Terakhir ada issue bbm naik harga, pas gue belum nikah. Gue inget demo dimana mana, yang bikin akhirnya gue gak bisa pulang karena jalur pulang gue ngelewati gedung MPR/DPR yang pastinya ketutup orang demo. Gue akhirnya melipir ke kantor si Mbul dulu di Pondok Indah, nongkrong di bar samping kantornya sampe jauh malem sambil ngeliat berita & mantau sikon.

Kali ini pun ada demo demo gitu, walau gue liat sih gak seheboh dulu, cuma tetep aja bikin macet dimana mana. Hari Senin kemarin tuh gue pulang ke rumah nyaris tiga jam terjebak macet di jalan. Untung hari itu bos gue berbaik hati ngajakin pulang bareng naik mobil kantor, gue gak kebayang kalo gue harus terjebak di bis, desak desakan & berdiri. Pengsan kali gue. Gila deh, kemacetan dimulai dari selepas Semanggi. Jalan didepan gedung MPR/DPR gak bisa dilewatin karena demo sehingga semua mobil tumplek di tol dalam kota, dan sisanya di buang ke arah Senayan. Lalu lintas geraknya nyaris kayak keong, pelaaan banget.

Walaupun gue bersyukur sampai rumah dengan selamat, tapi gue tetep aja geleng geleng kepala liat berita di TV.

Gue sekarang rada antipati sih sama demo demo gitu. Gue mungkin terkesan waktu demo pas nuntut Soeharto turun. Tapi sekarang, sorry aja gue sebel liat orang demo. Kayak orang kurang kerjaan. Banyakan peserta demonya gak jelas, terus sebenernya mereka ngerti gak sih esensi atau tujuannya demo tuh apa? Apa cuma sekedar ikut ikutan terus bikin macet dan rusuh doang? Slogan/orasi demonya juga basi. Kata-kata orasinya kayak cuma beo yang ngulang ngulang satu kalimat tanpa sebenernya tau apa sih sebenernya makna kalimat itu. Misal: teriak soal kepentingan rakyat, tapi blokir jalan di depan RSCM. Helooo apa otaknya masih di tempat? Gimana kalo rakyat yang katanya kepentingannya mereka bela itu ada yang sakit dan butuh urgent ke RSCM tapi gak bisa lewat karena mereka lagi demo?😦.
Terus gimana sama rakyat yang kejebak macet berjam jam ketika pulang kerja setelah seharian capek dikantor? Loh kita yang terjebak macet juga rakyat loh, kita juga capek dan harus tambah capek juga ngadepin macet akibat demo *sigh*.

Maapkan kalo kesannya gue gak menghargai orang yang demo. Gue sadar demo itu kadang perlu & bisa mendatangkan satu perubahan yang baik buat bangsa & negara kita. Tapi kali ini gue gak ngeliat apa baiknya selain gak tepat sasaran & cuma bikin rusuh aja.

Kenapa mesti heboh demo buat kenaikan harga bbm?
Kenapa gak pada heboh ngedemo para koruptor yang udah jelas jelas ngerugiin negara? Gue gak ngeliat ada yang heboh ngedemo Fathonah atau ngedemo Angelina Sondakh atau ngedemo Gayus Tambunan sampe nutup jalan dan bakar bakar ban kayak demo kenaikan harga bbm sekarang ini?😕

Hadeuh padahal gue liat yang demo tuh (katanya) mahasiswa tapi kok ya gak ngerti kalo bbm subsidi itu udah gak bener lagi dan harga premium itu udah harus naik? Emang sih naiknya gak perlu sedrastis nyamain pertamax. Gue tau lah kalo itu sih pasti bikin banyak orang kolaps (termasuk gue) karena semua harga bakal melesat naik gila gilaan. Toh subsidi premium itu bukan total dicabut kan, cuma dikurangin aja.

Gue ngerti mungkin sebagian orang juga jengkel karena mereka ngerasa subsidi bbm di kurangin tapi bukan buat kebaikan rakyat tapi banyakan malah di korupsi. Terus gimana dong? Kalo gak di naikin pasti lama lama juga kolaps, ujung ujungnya kita juga yang kena dampaknya.

Gue emang pro kenaikan harga bbm. Berat ga sih buat gue? Secara kan harga harga juga pasti naik tuh, lah gaji masih gitu gitu aja. Pastinya seret.
Tapi gue sih percaya rejeki itu asal dicarinya bener, ulet, dan rajin pasti cukup aja. Yang namanya harga naik kan suatu saat pasti deh kejadian, jadi tergantung kita dong.

Kalo mo ngeluh susah pas harga naik mah ya susah lah. Makanya prinsip gue: gue yang ngatur uang bukan uang yang ngatur gue. Uang berapapun, gaji berapapun mesti gue atur biar cukup. Kalo emang gak cukup ya usaha cari kerja tambahan atau cari kerjaan dengan bayaran yang lebih baik. Pinter nyesuain gaya hidup, jangan lebih besar pasak daripada tiang. Kalo karena bbm naik terus gue gak bisa ngupi ngupi cantik lagi di Starbucks sama si Mbul, ya udah sih ngupi cantiknya pindahin ke warkop di pinggir jalan aja😆.  Yah gue nih kan cuma mbak mbak kerja kantoran menengah gak sampe keatas😆, jadi gak mau kebanyakan gengsi ah karena  duit gue emang gak berlebih.

Jadi buat adek adek mahasiswa, daripada demo bikin macet mending pada belajar yang rajin gih. Ketika kalian udah mentas, udah jadi manusia yang punya value suara kalian akan lebih di dengar daripada teriak teriak di demo. Belajar yang pinter biar gantiin itu pejabat pejabat kita yang kayak curut.
Buat mbak/ mas buruh, daripada bolos kerja buat demo mending kreatif cari usaha sampingan. Cari rejeki lebih buat ngidupin keluarga deh karena sejujurnya pemerintah kita gak bisa banyak nolong kalian kayaknya. Yang bisa nolong kalian ya cuma diri kalian sendiri sebenernya.

Intinya: stop demo gak jelas, mending kita do something biar pas bbm naik rejeki kita tetep cukup😉 *amiiin*

Ada ide gimana nyikapin naiknya harga bbm ini selain dengan demo?🙂

6 thoughts on “Demo oh Demo

  1. Aku di bandung blm pernah segitunya dpt imbas buruk demo, sih. tapi kebayang ya, beratnya di jekardah sana yg nyaris saban hari kena macet parah gegara demo. bangsa kita skrg ini pd over semua sih, kayaknya. over reacted, terutama pd hal2 yg dianggap keluar dr zona nyaman. well, mari berharap saja issue BBM ini cpt selesai, kalo mau naik ya naik (dan siapkan strategi yg kyk maya post diatas itu owkehhh sekali,loh!) dan kalo nggak ya Alhamdulillah.(walopun harga2 kebutuhan pokok udh terlanjur pd naik semua,kayaknya😦 )

    • Iya mbak, tanpa demo aja yang namany jalanan Jakarta tuh udah semerawut loh. Ish ditambah demo, yo wis parkir free style di jalanan😆.
      Aku sih berharap emang semua cepet jelas ya. Mau naik ya naik, terus naiknya berapa dan kalo bisa dikendalikan gitu biar gak berantakan semua harganya. Biar kita-kita nih bisa ngatur uangnya ya mbak?🙂.
      Iya harga-harga mulai berasa nih. Alamat deh, deket gajian gini cuma makan nasi pake kecap aja😆😆

  2. pas demo2 itu di medan kan airport ditutup May. Dari minggu kemaren. orang2 gak bisa masuk airport, jadi harus jalan kaki. kebayang dong kalo bawaannya segambreng mesti nyeret2 tas buat masuk airport. bikin susah aja.
    bukannya gak berempati sih, tapi mbok ya demo yang bener gitu loh, jangan malah nyusahin orang lain ya kan?

    • Haaaa sampe ditutup airport? Ganggu bener tuh! Iya lah yg bawaannya banyak manyun lah😀.
      Ini sih demonya lebih banyaj nyusahinnya ketimbang bawa perubahan. Secara teteup aja naik. Nih hari ini karna positif bakal naik, semua pada ramai2 antri di spbu jadi bikin macet dimana mana. Padahal sih apa gunanya ya? Toh di isi full tank juga ga bertahan selamanya😕. Aku mah suka ga ngerti deh

Leave a Reply

