Uneg Uneg Cemen

Dua melem lalu gue mantengin timeline twitter nya @IkaNatassa tentang F1 Race di Singapore bulan September nanti, terus hari ini gue baca postingannya Dita tentang hal yang sama.

Bukan, bukannya gue mo ngebahas tentang F1 race nya yang emang keren banget acaranya.

Gue baca & jadi miris sendiri. Ngebayangin Singapore, negara yang cuma secuplit, cuma sepersekian luasnya dari negara kita, bisa segitu majunya.
Let’s see, F1 Race plus konser musik dengan artis artis sekelas Rihana, The Killers, Maroon 5? Pementasan drama drama Broadway kayak The Phantom of The Opera, Wicked di Marina Sand Bay? Belom lagi Universal Studio?  Terus konser konser yang batal di Indo tapi tetep berlangsung di Singapore, kayak konser Lady Gaga? Itu semua jadi pemasukan di bidang pariwisata buat Singapore.

Aaaarghhhh

Ngiri gak sih? Gue sih ngiri dan miris.
Mau sampe kapan Indo ngandelin Bali terus sebagai pemasukan pariwisata? Jakarta Semerawut, Lombok udah mulai oke lah tapi ya masih gitu aja, Raja Ampat & Wakatobi? Beuh masih jauh, bagus banget tapi belum dikembangin maksimal terutama infrastruktur nya & jalur transportnya (mau kesana mahal)

Bisa gak sih sebenernya kita kayak Singapore? Bisa banget sih harusnya, lah wong negara kita kaya alam. Kalo pariwisata alamnya mau di garap bener & serius sih, woooh gue percaya itu se Asia tenggara kita gak ada saingannya. Tapi ya itu kan baru harusnya, kenyataannya sih jauh banget kakaaak. Kita tiarap.

Pemerintah kita sibuk ngurusin hal yang gak penting & lupa ngurusin hal yang penting. Belum lagi masalah korupsi yang udah kayak borok. Dana yang seharusnya dipakai buat membangun malah habis di korupsi. Terus jangan lupa masalah keamanan. Keamanan itu kan penting, kalo negara gak aman siapa yang mau wisata kesitu walau tempatnya bagus?

Gue sih cuma ngutip aja yang gue baca di twitter (gue lupa yang nge twit siapa), dia nge twit “mending kalo mo nonton konser langsung aja ke Singapore, soalnya konsernya pasti jadi & lumayan kan sekalian jalan jalan”.
Ini #jleb loh, secara bener adanya. Sekarang tiket pesawat kayak Air Asia tujuan Singapore tuh bisa murah banget, belom lagi cuma modal paspor gak perlu ribet visa. Hadeuh…

Yakin yang punya uneg uneg cemen gini bukan cuma gue doang.
Gerah rasanya liat negara tetangga kanan kiri udah maju terus kita kayak jalan di tempat.

Gue punya uneg uneg gini bukan berarti rasa nasionalisme gue cemen. Liburan aja gue lebih seneng ke Bali daripada ke Singapore kok😆. Gue cuma miris aja.

6 thoughts on “Uneg Uneg Cemen

  1. iya May. pas dulu mikir Danau Toba ya, iparku yg tingal di Belanda bilang ini tempat indaaaah bgt deh. Tapi kok ya pariwisatnya nggak ngejual, ya itu, pemerintahnya kayak males bikin infrastruktur, dan saranan penunjang lainnya. DAn tau kan Bandung itu gimana? Bahkan di tempat pariwisata dan full orang pinter *kandangnya ITB gitu loh* macam Bandung masalah sampah dan jalan gak beres-beres. Dan akhirnya kita masyarakatnya yg jadi terbiasa dan nggak sadar kalo kita banyak kehilangan kesempatan. Btw itu si Phantom of The Opera aku iriiiiiiii, Kalo ada tiketnya macam yg dibikkn @kartupos dengan paket F1 nya, aku mau deh hiks

    • Iya kan? Gile kalo tuh yang namanya pariwisata kita mau di benahin & diseriusin ngurusnya pasti bakal bagus banget.
      Istilahnya yang sekarang aja banyak yang niat dateng jauh jauh, apalagi kalo di benerin & di bagusin?
      Bandung, aduh sayang juga tuh. Bangunan tuanya bukannya di pugar banyak yang di hancurin, aku sedih mbak😥
      Hahahaha gak perlu mbak, kalo nonton pertunjukan broadway di Marina Bay Sands sih gak serame & seheboh nonton F1 race makanya gak ada yang bikin paketnya. Tapi temen aku pergi gak mahal kok, beli tiketnya yang biasa, booking AA sama penginapan terus meluncur deh ketujuan🙂. Kalo F1 race kan emang perlehatan gede

  2. Susah mau maju may, lah penunjuk jalan aja kagak ada. Airport msh busuk padahal di kotabesar. Belon msh bny yg cuek padahal kalo kita bisa ngandelin wisata dijamin bisa koq dapet duit bny

    • Iya banget non. Alam yang bagus aja gak cukup ya kalo ga dibangun infrastruktur nya. Aku gemes non. Biarpun banyak yg berusaha bikin perubahan tapi kalo pemerintahnya cuek ya sama aja ya😦. Sayang banget

      • Lebih bny yg ngaco drpada yg bener sih. Dulu kalo kita ngetrip yg belusukan trus dapet tempat bgs kayak yg pelit gitu ngasih info2 hihi abis begitu rame langsung rusak. Contoh sempu island di malang selatan

        • Haha ga bisa disalahin juga non. Turis lokal ampun deh attitude nya. Terus terang aku aja males kalo ke bali pas lagi high season nya indonesia. Horor. Mending pas high season bule deh. Biar lebih mahal dikit tapi ga sakit kepala😆

Leave a Reply

