Weekend Bareng Bule

Weekend ini, hari Minggu, gue dapet tugas ‘negara’ buat nemenin adek nyokap gue yang paling bungsu buat jalan jalan keliling Jakarta sama temen temen bule nya.

Ini kali ke dua gue nemenin tante gue & temen bule nya keliling Jakarta. Tugas yang bikin kepala gue berasap secara bahasa Inggris gue kan ngepas banget, little little sih I can, tapi mesti ngawal  bule bule itu yang udah cas cis cus Inggisnya bikin kepala gue berasap juga. Tapi gue laksanakan juga tugas gue, kan intinya gue bisa spend time sama si tante, kangen karena dia jarang jarang balik Indo.

Anywaaay, kemana ngajakin jalannya? Yaaah kalo bule mah biasa lah gak jauh jauh dari Kota Tua sana. Kalo yang dulu pake acara ke museum Fathaillah, Museum Wayang, & Cafe Batavia, kali ini enggak ke museum cuma ke Pelabuhan Sunda Kelapa aja.

Mister bulenya sebut aja D & R (namanya jangan di publish lah ya, gak enak hehehehe). Dua dua nya co workernya tante gue dari Amrik.
Jangan bayangin bule muda & cakep ya, dua duanya udah paruh baya alias udah pada bapak bapak banget😆 tapi baik baik & ramah.

Kita mulai jalan udah agak siang karena D baru aja landing pagi itu jam 10.51 jadi kita pun langsung janjian ketemu di resto padang Garuda yang di Hayam Wuruk.
Tante gue ini emang rada rada deh, udah tau tu bule bule resik banget diajakin makan padang yang spicy. Ya mereka sih seneng seneng aja, tapi gue tau mereka kuatir juga. Di akhir makan, si R sempet bilang (dengan nada bercanda) kayaknya dia butuh beli Norit kalo pas ketemu apotik😆. Hahaha dasar bule.

Beres makan, tante gue nanya mau ke Museum Wayang ga, tapi D nolak. Dia capek karena baru aja landing jadi dia takutnya gak bisa nikmatin kalo ngeliat museum. Akhirnya kita langsung capcus ke pelabuhan Sunda Kelapa.

Bener deh kalo gak karena pernah nganterin temen temennya tante gue sih gue seumur-umur tinggal di Jakarta gak bakal pernah maen ke Sunda Kelapa kali, secara jauh di ujung Jakarta sono.
Sebenernya kalo ngeliat Sunda Kelapa suka ngenes sih. Sayang aja ngeliat tempat yang seharusnya bisa dikelola dengan baik dan jadi salah satu objek pariwisata yang oke malah keliatan kumuh & semerawut. Itu pelabuhan
kapal kapal yang berjajar udah keliatan keren tinggal di rapiin dikit aja, di atur gitu. Yang bikin sutris lagi itu sampah yang ngambang di laut banyak banget *tutup muka*. Tapi itu bule bule sih seneng loh di bawa kesana. Mereka terkagum kagum liat kapal Indonesia yang kokoh kokoh (iya lah kurang kokoh apa, ada satu kapal yang muatannya semua TABUNG LPG! X__X ).
Mereka cuma prihatin ngeliat banyak sampah yang ngambang di laut gitu sih, dan tanya ke gue kenapa pengelola pelabuhan gak bersihin & gak sediain banyak tong sampah di area pelabuhan? Yaelah pertanyaan yang bikin gue pengen tutupin muka pake kapal saking malunya😦.

Puas liat liat di Sunda Kelapa, kita meluncur ke klenteng Tjin De Yuan di petak Sembilan Glodok. Emang yang namanya klenteng bertebaran ya di daerah pecinan Glodok tapi gue paling sering ke Tjin De Yuan. Dulu sih pas jaman masih kuliah buat nemenin Rieska temen kuliah gue sembahyang. Tempatnya biasa aja sebenernya seperti layaknya klenteng lah cuma tempatnya bersih & teratur, keliatan banget di kelola dengan baik sama pengurusnya. Habis liat liat di klenteng, kita jalan jalan ke pasar ga jauh dari klenteng. Pasar pecinan ini ada di belakang Harco Glodok. Gue paling seneng jalan jalan kesitu karena banyak jualan yang unik unik. Ada yang jualan kodok yang masih hidup buat di masak, ada yang jualan perlengkapan hantaran nikah (sang jit), kura kura, penyu, burung, permen permen impor dari Cina, kacang kacangan, baju, obat obat tradisional cina, perlengkapan sembahyang klenteng, dsb dsb. Unik unik lah pokoknya. Belom lagi kalo mau wisata kuliner (yang gak halal) disitu juga surganya. Cuma pas pergi kemarin sih gak wisata kuliner lah ya, makan padang aja mereka sutris apalagi diajak wisata kuliner blusukan di pasar, ogah pastinya😆.

Puas keliling pasar, kita langsung capcus ke Sarinah. D & R mau beli batik plus oleh oleh handicraft di sana. Beres belanja terus kita nge bir di Starkbierhaus di Ex. Gue awalnya mau bawa mereka buat ngebir di Paulanner, tapi mengingat terakhir gue kesana bir Paulanernya masih di ganti Heineken & Bintang alias masih kosong, gue jadi gambling bawa mereka nge bir di Starkbierhaus. Gue sendiri belum pernah sih nge bir disitu karena masih baru banget, gue tau juga dari Twitter. Kalo Starkbier nya sendiri sih gue udah pernah minum di La Biere Central Park. Starkbier itu bir asli buatan Indonesia, dibuat di Bali lebih tepatnya. Lumayan enak sih birnya, apalagi dark wheatnya. After taste nya enak. Terus Starkbierhaus nya sendiri gimana? Ternyata Starkbierhaus itu tempatnya di bekas Hard Rock Cafe Jakarta, Hard Rock Cafe nya sendiri pindah kemana gue kurang tau. Tempatnya lumayan, walaupun kalo buat gue sih terlalu gelap ya. Udah tempatnya kurang penerangan, buku menunya hitam pula *tepok jidat*. Asli mau baca menu aja susah bener. Harganya standar bir lah, gak semahal Paulaner pastinya🙂. Overall oke lah buat gue, sayangnya D & R kurang suka bir nya. Buat mereka itu terlalu soft, kebeneran dark wheatnya lagi kosong jadi kita cuma pesen yang biasa. Tapi dasar bule emang doyan bir, biar kata gak enak abis juga seliter😆.

Abis ngabisin bir sambil ngalor ngidul ngomong, berakhir juga lah jalan jalan. Overall it was fun. Cuma ya namanya juga bapak bapak bule ya, mereka kalah energik sama gue & tante gue😆. Dan entah karena gue udah lama gak minum bir atau kenapa ya, gue rada rada puyeng loh pas pulang. Padahal gue cuma minum gelas kecil doang, dan yang gak biasanya lagi sendi sendi tangan & kaki gue pada ngilu. Dasar! Jangan jangan gue udah ketularan faktur U nya bapak bapak bule itu kali ya😆😆😆

PS: Jalan jalan kali ini, gue gak foto-foto karena lupa bawa Note gue hiks😥

2 thoughts on “Weekend Bareng Bule

  1. sebenernya malu juga sih ya ngebilang ini, tapi aku suka males pergi ke tpt tpt begitu, (sunda kelapa dkk) kecuali buat foto foto. *akunya yang difoto buat nunjukin aka pernah ke sana* Huhuhu. Tapi makanannya aku langsung pengeeeen

Leave a Reply

