Kenapa Bali?

Banyak yang nanya sama gue, kenapa sih liburan bolak balik ke Bali?
Liburan tahun kemarin aja gue dua kali ke Bali, bulan Juli sama si Mbul & bulan September-Oktober sama Ari. Terus Maret kemarin juga pergi sama si Mbul, yang nanti bakal pergi lagi November lanjut lagi April 2014 *pingsan*.
Muahahaha bahkan ada aja yang nyinyir bilang “gila lo kayak orang kaya aja bolak balik liburan ke Bali” atau “gak bosen tuh liburan ke Bali, napa gak ke Lombok atau ke Singapore/Thailand?

Gini ceu, yang bilang liburan ke Bali itu mahal, pastinya gak pernah ke Bali atau kalo pergi maunya terima beres aja deeeh😀.
Kalo gue mau ke Bali itu pasti udah browsing tiket dari setahun sebelumnya. Sejak ada Air Asia, yang namanya terbang ke Bali itu muraaah banget. Rata rata gue terbang ke Bali cuma 400rb PP bahkan gue pernah dapet lowfare yang 300ribu aja PP. Jadi kalo perginya cuma mau naik Garuda atau beli tiket tiketnya mepet ya jelas pasti mahal.
Tentang penginapan, gue juga selalu browsing dulu baik on-line atau tanya tanya ke travel agent. Beruntung di Bali udah ada Tune Hotel yang murah banget untuk. Gue pernah nginep seminggu (7 hari 6 malem) di Tune Seminyak sama si Mbul cuma 1 juta rupiah. Itu gue booking setahun di muka dan udah all in (termasuk paket AC 1×24 jam dan tax). Kalo pun bosen di Tune dan mau cari hotel lain kayak gue pergi November nanti, gue browsing online di agoda.com atau booking.com (agoda lebih murah sih). Dapet kok hotel di Ubud yang 500rb semalem, dan di Legian yang cuma 300rb semalem. See?! Asal mau nyari, liburan ke Bali tuh bisa murah banget. Yah nyerah deh kalo emang bayangannya nginep di Novotel atau Hard Rock Hotel. Itu udah pasti mahal😆. Traveling itu ada harga ada rupa, kalo mahal ya dapetnya enak, yang murah ya standard.

Kenapa gak ke Lombok, atau ke Australi, atau ke Thailand/Singapore? Gue bakal nyebrang ke Lombok kalo emang udah bosen sama Bali. Gue ngerasa, Bali aja banyak yang belum gue eksplor. Lombok bakal jadi destinasi selanjutnya lah kalo emang udah bosen sama Bali😉. Terus kenapa gak ke luar negeri, padahal Air Asia ke luar negeri tuh ada juga? Hmmm pertama sih pastinya soal duit yang masih mengap mengap. Jujur kalo keluar negeri pasti bakal jadi pertama kali lah buat gue & si Mbul, jadi gak berani yang murah murah banget macem kayak gue melancong ke Bali. Kedua, masalah paspor. Gue & si Mbul sama sama masih belom punya paspor😆. Lah tinggal aja masih ngontrak & belum punya alamat tetap, susah deh. Gue ngurusin KTP yang ilang waktu di Bali kemarin aja belum sempet, apalagi paspor #pemales😆.

Kenapa gue suka banget ke Bali?  Ya kenapa juga harus gak suka😆.
Buat gue di Bali itu tempatnya enak buat santai, liburan, leyeh leyeh, yoga, atau nongkrong aja di salah satu spot nyaman sampe bego😀. Enak lagi kalo pake baju bisa bebas, maksudnya kalo keleleran doang pake tanktop dan short pants gak ada yang ngeliatin dengan tatapan kurang ajar.
Emang sekarang Bali udah komersil banget, perkembangannya setiap gue dateng ke Bali itu pesat. Yang gue dateng ga ada, berapa bulan kemudian (catet ya: gak sampe lewat setahun) eh tau tau udah ada aja. Sigh :(…
Ini yang kadang bikin gue prihatin *SBY mode ON*, soalnya lama lama Bali makin tergerus sama hal hal modern. Gak percaya? Coba deh ke daerah Denpasar, pasti udah berasa kayak di Jawa ketimbang di Bali. Belum lagi pembangunan ruko, hotel, dan jalan tol yang gila gilaan bikin gue ngeri sendiri dan mikir apa nanti Bali bakal kayak Jakarta ya, kehilangan identitas gitu. Mudah mudahan engga🙂. Gue masih pengen anak gue kelas bisa ngeliat hal hal yang tradisional dari Bali.

Gue gak kebayang loh sekarang bakalan sering bolak balik Bali buat ngeluyur. Dulu pertama kali ke Bali sama tante gue agak kurang berkesan, namanya juga ikut orang ya gak bebas lah. Waktu itu belum ada Air Asia jadi terbang ke Bali tuh mahal banget. Gue inget waktu itu gue pergi dengan tiket 1 juta sendiri, PP.
Setelah pergi pertama kali yang kurang berkesan, apa lantas gue jadi kapok liburan ke Bali? Tentunyah tidak, malah gue kayak ada obsesi buat balik lagi kesana. Kali ke dua gue pergi pas reuni keluarga nyokap. Masih gak bebas juga karena terikat itinerary kesana kesini. Baru yang beneran bebas tuh pas gue honeymoon sama si Mbul. Asli bebas. Apalagi si Mbul juga orangnya asik buat diajak jalan. Si Mbul ketagihan loh buat jalan ke Bali, buat dia gak apa liburan gembel di Bali, yang penting ke Bali. Jatuh cinta dese sama Bali🙂
Sekarang setelah kesekian kali jalan sama si Mbul ngapain aja di Bali? Ya makin santai, kita udah tau spot spot mana yang kita suka buat nongkrong. Kita udah gak kebanyakan jalan kemana mana. Satu yang masih belum kesampean, si Mbul belum ngeliat Tanah Lot😆, makanya mudah mudahan November nanti bisa kesampean tuh dia liat Tanah Lot😀.

Biar kata sekarang Bali makin komersil, gue sih selalu suka sama Bali. Gimana bisa sebagai orang Indonesia gue gak suka sama Bali disaat turis dari Rusia jauh jauh datang buat liburan ke Bali?🙂. Mudah mudahan gue selalu bisa ada rejeki buat ngeluyur ke Bali *amiiin*…

 

11 thoughts on “Kenapa Bali?

  1. Aku ke Bali sekali pas gadis *cieh , gadis* dan sekali pas dah bawa krucils. Dan yesss…aku sukaaaak. Mau masa gadis sama temen temen dan sama keluarga dibilang repot sama anak-anak, teteuuup aku sukaaa. Suasana pedesaannya aja aku juga ngerasa beda. Ah suka, suka suka gak usah lagi ngomongin pantai ya itu kan udah defaultnya. Dan selama ke Bali lumayan 5 hari-an, tetep aja pas pulangnya berasa sedih. Dua kali ke sana selalu cari pas gak peak season, males macetnya kan May.

    • Hahahah iya, kayaknya kalo ke Bali tuh apa juga ada yang mau sepi yang mau rame, yang sama keluarga atau yang sendirian. Asik deh😀.
      Iya mbak, sekarang sih Bali kalo lagi peak season gila deh macetnya, parah. Mending pas lagi low season, segalanya serba murah

  2. First of all i do love tulisan kamu ttg ini,11 12 kaya yg aku alamin. Sampe2 banyak tmn2 komen “instagram lo isinya bali semua deh kalo ada libur dkit pasti ke bali” apa ya yg ada di otak mereka bisa ngomong gt? Tp lama kelamaan org yg ngmg gt sering ke bali juga hahaha. Setuju banget sm tulisa km pkoknya hope enjoy next trip in 2014! Semoga kita bisa salin share destinasi jg hehe ;D

    • Hai Endah, hahaha iya sering banget di komenin begitu. Awalnya sih ngerasa kayak nya ngenyek banget ya diomongin gitu padahal sih yang ngomong sebenernya tuh kepengen juga😆. Kalo buat aku sih ke Bali udah pas, secara kalo mau ke luar negeri mahal, kalo mau ke dalam negeri selain ke Bali udah kadung males nyusun itinerary nya🙂.
      Thank you, yuk 2014 kita jalan-jalan🙂

  3. mau nnya” nih mba blh kan?
    mba nyari yiket pesawat’a dmn?alamat web’a apa?soalnya brp kali nyari ssh bnr dpt yg murah?
    trus klo kebali enak’a bulan” apa ya yg gak peak season..please infonya mba..maksih

    • Hai Rizky, maaf ya saya baru sempet liat wordpress lagi.
      Saya biasanya nyari tiket pesawat murah lewat promo di air asia aja lewat webnya, biasanya suka dapet email notifikasi kalo pas lagi ada promo. Memang susah sih dapet tiket murah, untung untungan aja.
      Ke bali enaknya kalo bulan bulan maret-april soalnya gak terlalu ramai dan lagi low season.

      • trus mba klo dTune hotel yg dSeminyak jauh gak sih dari ground zero yg dLegian soalnya saya belum pernah dTune hotel yg dSeminyak?tolong info’a..mksh ya sebelumnya?

        • Kalo tune hotel sih tempatnya selalu nyempil ya, jauh deketnya relatif. ibaratnya ground zero tuh di tengah, tune hotel seminyak arahnya ke kanan, tune hotel kuta arahnya ke kiri. Kalo mau jalan kaki dari tune hotel seminyak maupun kuta ke ground zero lumayan juga gak deket deket aja terutama yang tune hotel seminyak mesti naik motor lah. Tapi tune hotel seminyak kalo mau ke pantai seminyak lebih deket.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s