Minggu ini, Masak Simpel & Juicer Baru

Iiiih minggu ini hampir gak bisa BW santai kemana mana, pasalnya kerjaan menggunung, waktu habis dijalan, hujan, dan ujung ujungnya tepar kecapean😆.

Minggu ini pun gue absen nyobain resep. Sabtu Minggu, gue & si Mbul full nge gym, gak mau rugi karena sebulan dari weekend kemarin kita bakalan stop nge gym di mall. Sebagai gantinya kita bakalan nge gym di deket apartement kita aja yang lebih murah dan lebih dekat🙂. Lumayan loh beda harganya sampe setengahnya.

Pulang nge gym hari Minggu, nodong si Mbul beli rice cooker baru sama blender. Yay! Akhirnya punya rice cooker baru & blender juga. Rice cookernya setelah pilih pilih kita akhirnya beli merk Yong Ma. Emang agak mahal tapi rice cookernya udah anti lengket & anti gores, plus gak ada buangan airnya (itu loh air yang suka ketampung di kantong kecil di sampir rice cooker, kita suka males buangnya. Itu juga yang bikin rice cooker berkerak kalo gak rajin di bersihin).
Blendernya kita beli merek Miyako padahal pengennya Philips tapi mahal bangeeeet . Kebeneran kita nemu yang paket blender dapet chopper buat daging & bumbu. Biasanya kan blender sama blender bumbu yang kecil. Jadi senang hati lah gue, masak balado bisa gerus sendiri bumbu nya & kalo mau masak tumisan daging giling bisa giling dagingnya sendiri😆.

Dengan noraknya, pulang kita langsung masak nasi pake rice cooker baru & bikin jus. Hahahaha😆.

Kalo yang suka mantengin Instagram pasti ngiler liat Instagram nya Nadia Hutagalung & Titi DJ yang kayaknya hidup sehat banget dengan jus & smoothies tiap hari. Gue pun tentunya pengeeen.
Emang gue latah, tapi gue gak muluk muluk sampe food combining segala. Gue ngerasa emang pasokan buah & sayur gue sehari hari tuh kurang banget. Buat makan buah potongan udah keburu begah duluan, terus makan tumisan sayur tiap hari juga kok ya berasa mbeeek. Lagian berapa banyak sih yang bisa kita makan kalo buah dan sayur itu masih dalam wujud utuh? Makanya dengan di blender itu jadi solusi bagus kayaknya, tingal blender macem-macem buah jadi satu terus minum, beres.

Percobaan bikin jus yang pertama gue nge jus:
100 gr semangka
100 gr pear
2 sdm madu
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
100ml air
Semua di blender, jadi kira-kira satu gelas lebih dikit. Enak deh🙂

Bahan bahan jus
Bahan bahan jus
jus semangka pear
jus semangka pear

Selain itu gue coba juga untuk nge blend pisang pake susu Entrasol sama oatmeal & sedikit air. Hueeek rasanya gak enak, tapi ternyata ngenyangin loh😀

Susu Entrasol+pisang+oatmeal. Gak enak tapi ngenyangin & SEHAT pastinya :D
Susu Entrasol+pisang+oatmeal. Gak enak tapi ngenyangin & SEHAT pastinya😀

Yang gak gue sangka sangka enak, nge blend pepaya pake yoghurt & yakult (gak perlu ditambah air), astaga endeuus banget. Sekarang tiap pagi itu sarapan gue, sementara berenti dulu minum susu entrasolnya😆. Sekarang setelah lumayan rajin nge jus, yang kurang cuma FOTO😛. Gue selalu lupa mau foto, begitu jus nya jadi bawaanya pengen langsung di minum aja *haus ceu😆*

Sampe saat ini gue emang masih dalam tahap nge jus buah aja, belum berani nge jus sayur. Masih berasa aneh, tapi nanti mudah mudahan berani nyoba🙂.

Terus gimana kabar mau nyobain resepnya, sementara ini belum nyobain lagi. Udah ada beberapa calon resep yang kayaknya pengen gue coba sih tapi nanti lah kalo udah senggang lagi aja waktunya. Minggu ini gak sempet juga mau sowan ke pasar🙂.

Anyway biarpun gak sempet praktek resep yang rumit rumit, of course gue masih sempet masak walaupun dengan bahan seadanya. Seenak-enaknya makanan beli jadi yang bertebaran di resto di bawah apartement tapi kalo gak sempetin sesekali masak tuh kayaknya gak sreg deh *narsis*😆. Minggu ini gue masak: Tumis Asinan. Apa tuh?

Tau sawi jerbug gak? Nih yang penampakannya kayak gini:
mustard-green

Gambar diambil dari sini

Biasanya disebut sawi pahit karena rasanya yang aujubilah pahitnya. Kalo masih berupa sayur segar jujur gue gak doyan karena pahit tapi kalo udah dijadiin sayur asin, gue doyan banget. Rasanya yang asam asam segar itu khas banget🙂.
Banyak orang yang gak tau kalo asinan sawi pahit ini enak kalo ditumis, banyakan orang familiar kalo udah dijadiin asinan betawi. Padahal kalo di tumis, enaaak banget. Ini salah satu sayuran yang selalu gue stok di kulkas. Selain tahan lama kalo udah dijadiin asinan, makin lama disimpan rasanya juga makin sedap🙂.Biasa di jual ikatan, satu ikatnya 2000 rupiah aja.
Sayur asinTumis asinan sawi pahit ini juga bahan bahannya sederhana, persiapannya cepat (cocok buat dimasak sehabis pulang kantor karena praktis) & bumbunya cukup garam sedikit. Dimakan pake nasi anget anget, wih nyam nyam.

Padanan untuk tumisan sayur asinan ini biasanya bisa babi (samchan) atau yang halal ayam potong. Kalo males masak daging kayak gue bisa pake tahu, entah tahu takwa atau tahu putih goreng, atau tahu goreng siap pakai. Gue sih gak pernah coba pake tahu telur atau tahu sutra, ngerasanya kurang pas aja😀.

Kemarin ini gue masak tumis asinan sawi pahit pake tahu takwa, resepnya:
Bahan:

  • 1 Lembar tahu takwa, potong dadu
  • 2 sdm tausi kalengan (kedelai hitam kalengan, tiriskan airnya)
  • 2 ikat asinan sawi pahit, cuci bersih, potong potong
  • 3 siung bawang putih, cincang.
  • 2 sdm minyak
  • 2 sdt garam
  • 300 ml air

Cara Masak:

  1. Tumis bawang putih sampai harum kecoklatan
  2. Masukan tahu takwa, tumis sampai matang
  3. Masukan tausi, aduk rata
  4. Masukan asinan sawi pahit
  5. Bumbui garam, tambah sedikit micin kalo suka, kasih air, masak sampai air mendidih
Bahan-bahan tumis sayur asin
Bahan-bahan tumis sayur asin
tumis sayur asin tahu takwa
tumis sayur asin tahu takwa

Cara masak kalo pake daging juga sama sih, daging ditumis dulu sampe matang dan bisa ditambah jahe 2 cm🙂.

Aaaah besok lumayan dapet libur sehari, sebelum Jumatnya harpitnas. Selamat liburan, semoga banyak yang bablas liburan sampe weekend biar jalanan hari Jumat sepi😉

12 thoughts on “Minggu ini, Masak Simpel & Juicer Baru

    • iya, emang udah lama pengen beli blender buat nge blender bumbu. Aku makin males makan buah makin gak sehat non, buat makan potongan gitu males, keburu eneng duluan kalo makan banyak2 jadi di jus kayaknya solusi bagus ya😉.
      btw gimana khasiat air kangen? udh dicoba?

  1. May si tausi itu mirip tauco gak sih rasanya?aku pengen nyoba itu kayanya seger tp gak punya tausi adanya tauco. Kami udah rajin ngejus sih tp blum prnah nyampur yakult jd senapsaran kalo emang endeus hihi salam sama kitchen gadget barunya ya hahaha semoga ter-abuse sempurna

    • Beda mbak, kalo tauco dari kedelai putih yang di fermentasi jadi bau. Kalo tausi dari kedelai hitam yang buat bikin kecap itu loh, pake yang kalengan aja udah oke kok. kalo tausi gak berbau & gak seasin tauco. Kalo sayur asin aku belum pernah coba masak pake tauco, hahaha kayaknya sih blenger mbak. dua dua nya sama sama hasil fermentasi dan asin😆
      eh campur yakul deh, enaaak apalagi kalo pepaya. cuma ga tau kalo dalam dunia per jus an itu sehat apa engga😀

      • hahhaahahaha nggak usah mikirin sehat deh, anakku gak suka pepaya samsek. AKu mau nyobain ini, besok blanja mingguan mau cari pepaya yang pasti manis deh. Thankiusss

        • hahahaha emang pepaya itu gak semua orang suka mbak, aku juga dulu mah gak suka. Anak anak pasti gak suka bau nya, sama kayak wortel gitu. Bau nya bikin sebel. tapi coba deh pake pepaya california mbak, entah kenapa kalo menurut aku yang jenis itu gak terlalu bau, gak sebau pepaya kampung. Emang gak besar & agak mahal tapi gak bau. siapa tau kalo di jus anak anak lebih suka😀

Leave a Reply

