Resep: Tumis Jamur Sayap Ayam

Setelah gue bed rest karena sakit, gue jadi kepikiran udah lama ya gue gak pernah praktekin masak resep resep yang gue kumpulin. Bukan masak yang rumit rumit sih, gue cari yang gampang gampang aja, kan sayang juga kalo gagal terus gak kemakan🙂.

Setelah dipilih dipilih dipilih, akhirnya gue coba masak:

 Tumis jamur sayap ayam

Ini masakan yang menurut resepnya gampang banget buat di buat, yang mungkin jadi tantangan buat gue adalah gue takut kalo masak ayam. No kidding, gue doyan makan ayam, doyan banget tapi gue geli kalo harus masak ayam mulai dari mentah sendiri.
Gue suka gak yakin ayam nya udah mateng apa belom. Gue baru makan masakannya setelah lewat beberapa jam, jadi gak bisa begitu mateng gue langsug masak karena gue bakal ke eneg eneng sendiri😆.

Resepnya:
Bahan:

  • 250 gr jamur, kalo di resepnya sih pake jamur merang. Berhubung si Mbul gak nemuin jamur merang di pasar jadi gue ganti pake jamur hioko. Sama enaknya kok.
  • 250 gr sayap ayam, buang ujungnya.
  • 3 sdm minyak sayur
  • 4 siung bawang putih, cincang.
  • 7 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 buah cabai merah, buang biji. Kalo di resepnya pakai 12 cabai rawit di potong serong, masalahnya gue abis diare & si Mbul gak doyan pedes jadi gue ganti pake cabe merah biasa biar ada aromanya aja.
  • 2 sdt gula pasir
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt garam
  • 5 buah tomat hijau, belah 4 bagian

Cara membuat:

  1. Rendam jamur hioko hingga lunak, potong potong.
  2. Kerat sayap ayam & bubuhi garam, remas remas, diamkan +/- 15 menit
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas & daun salam hingga harum. Masukan sayap ayam, masak hingga kaku
  4. Tambahkan cabai, tumis hingga sedikit cabai sedikit kering. Bubuhi gula, merica, & garam
  5. Masukan tomat hijau & jamur
  6. Untuk penyelesaian, menurut resep setelah dimasukan tomat hijau & jamur tinggal diaduk & ditutup sebentar hingga bumbu meresep & ayam matang. Tapi karena gue pakai jamur hioko yang kurang berair dibandingkan jamur merang tumisan gue kurang berair jadi gue tuang air (kaldu ayam cair kalau ada lebih bagus) kira kira 300ml & gue masak sampai airnya berkurang sampai ayamnya matang. Kalau yang punya oven, bisa juga gak perlu ditambah air tapi langsung dioven sampai ayam matang.
Bahan Bahan
Bahan Bahan
Tadaaa, sukses hasilnya :)
Tadaaa, sukses hasilnya🙂

resep dari Majalah Femina

Yang mau coba masak, monggo sharing sharing ya kalo ada yang nyoba😉

7 thoughts on “Resep: Tumis Jamur Sayap Ayam

    • Iniiih salah satu masakan ayam yang jarang jarang aku masak itu loh mbak. resep simpel jadi ribet gara gara takut ayam. Hehehe beli ayamnya di Ranch market yang udah cling bersih. Segitu aja ujung ujungnya aku cuma makan secuil, sisanya yang ngabisin si Mbul karna aku udah kadung eneg duluan😆

Leave a Reply

