Resep: Kue Cenil

Ini jajanan favorite jaman gue SD dulu di Karawang, gue inget yang jualnya bibi-bibi udah lumayan tua pake tetampah yang dialasin daun pisang. Cenil ini kayak semacam ongol ongol, kue sederhana dari sagu dibalurin kelapa parut & gula. Sayang terakhir gue pulang, gue denger dari nyokap gue kalo bibi yang jual cenil ini udah meninggal & gak ada yang nerusin jualannya. Sayang banget. Nah kemaren pas gue bongkar bongkar koleksi resep gue ternyata ada resep kue cenil, yay!

Ternyata buat kue cenil ini bahannya sedikit dan gak susah sama sekali, buat aja sesuai resep, sama persis & pasti jadi.
Pas bikin gue sempet ragu sama ukuran airnya tapi ternyata emang pas nya segitu.

Resepnya:

Bahan:

  • 400 gr tepung sagu
  • 100 gr tepung terigu
  • 2 sdt garam
  • 300 ml air mendidih, bukan panas tapi mendidih
  • Pewarna makanan merah & hijau
  • 2 butir kelapa parut, ini agak kebanyakan sih sebenernya 1,5 butir juga cukup jadi kalo 2 butir kelapa parutnya, taburannya berlimpah banget
  • Gula pasir secukupnya untuk taburan

Cara membuat:

  1. Aduk rata tepung sagu, tepung terigu, & garam.
  2. Tuangkan air mendidih ke campuran tepung & aduk hingga kalis.
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri perwarna merah, hijau & sisanya biarkan putih.
  4. Bentuk adonan sesuai selera. Bentuk yang paling pas kalo buat gue sih bentuk pulungan panjang macam kayak cendol.
  5. Rebus adonan kurang lebih 25 menit atau hingga terapung.
  6. Angkat cenil yang sudah matang lalu tiriskan. Balurkan cenil matang dengan kelapa parut & taburan gula.

20130427_190559

Resep ini untuk 16 porsi, jadi kalo kebanyakan bikin aja setengah resep dulu karena gue bikinnya kebanyakan. Ngabisinnya setengah eneg😆

Resep dari Tabloid Nova

Jadi gimana rasanya? Kata si Mbul sih enaaaak😆😆😆. Gue puas sih sama hasilnya, ngobatin kangennya gue😉. Masak lagi yuuuk…

12 thoughts on “Resep: Kue Cenil

    • Hehehe sama sama dit, gampang kok bikinnya asal telaten ngulenin nya aja. Iya aku juga baru kalo itu di rebut, dikira di kukus😆.
      Nanti cerita cerita ya kalo bikin juga😉

Leave a Reply

