Short Trip ke Bogor

Jadi sebelom gue ngeluyur ke Bali, seminggu sebelumnya tuh gue sempet short trip dulu ke Bogor. Emang beneran short trip karena cuma nginep semalem doang di rumah Nina.

Awalnya gue gak ada rencana untuk short trip ke Bogor, tapi ternyata si suami harus-mesti-kudu ikut kondangan kawinan temen kantornya di Cianjur, gak enak kalo gak dateng katanya. Dia berangkat hari Sabtu pagi, baru pulang hari Minggu malem. Lah gue kan ogah ya di rumah sendiri, males amat, malem minggu gitu loh. Mau pulang ke Karawang gue males. Akhirnya setelah chit chat sama neng Nina, gue terbujuklah untuk nginep di rumah dia di Bogor.
Nina nih temen gue dari jaman SMA, satu SMA juga sama Ari. Anehnya pas SMA sih kita gak deket (padahal pernah sekelas :lol:), kita baru deket pas kuliah. Gue sering belajar bareng sama Nina, dan dia pernah jadi mentor gue di beberapa mata kuliah. Nina juga sering nginep di kos an gue kalo pas dia harus balik malem dari kampus dan gue sering nginep di rumah dia di Bogor Baru pas weekend.
Nah sejak gue dan Nina lulus kuliah terus kerja, gue udah jarang nginep di rumah dia di Bogor. Terus pas gue nikah malah kita sempet loose contact beberapa saat sampe akhirnya gue install Line chat di GNote gue ternyata Nina juga punya Line chat dari situ lah kita mulai in touch lagi sampe akhirnya gue nostalgia lagi main ke Bogor & nginep di rumah dia. Setelah hampir 5 tahun, akhirnya gue menginjakan kaki lagi ke Bogor.

Hari Sabtu pagi gue udah naik busway ke tempat kos nya Nina di Kuningan baru meluncur ke Bogor.
Huaaaah begitu masuk kota Bogor rasanya seneng banget. Gue liat sekarang Bogor udah berubah ya. Pagi itu kita mampir dulu buat beli lontong sama roti Venus di mobil kios di Vila Duta Pajajaran. Wah sepanjang jalan gue gak habis habisnya tengok kanan kiri terkagum kagum ngeliat tranformasi kota Bogor. Ternyata sekarang bogor selain kota angkot juga kota ruko ya. Gue liat dimana mana ada ruko atau cafe atau restoran. Kayak daerah Vila Duta, yang dulu nya masih banyak tanah kosong sekarang kalo gak diisi ruko ya di buat restoran atau cafe. Sayangnya gue cuma dua hari semalem doang, kalo enggak mah pengen rasanya gue cobain tuh cafe cafe dan resto resto baru yang nampaknya asik😆.

Bagitu sampe rumahnya Nina, gue langsung ngelepas kangen sama nyokapnya Nina (ada bokapnya juga). Hehehe udah lama banget nih gak ketemu sama si tante, padahal jaman kuliah mah biasanya at least 2 minggu sekali gue sowan ke rumah Nina di Bogor😀. Beres cipika cipiki & say hello gue sama Nina siap siap yoga di sebelah rumah Nina.
Enak deh di daerah rumahnya Nina, ada yang buka studio yoga rumahan namanya Carika. Yoga nya sih emang cuma di garasi rumah doang, tapi rumahnya sendiri udah asri & tenang suasananya jadi nyaman buat yoga.

Setelah capek yoga, kita sempet tidur siang dulu sebelom sore ikut misa di katedral Bogor. Dulu jaman gue masih SMA, ikut misa di Katedral sih langganan. Kan deket banget dari kos gue. Ini salah satu yang gue kangen ketika gue pindah ke Jakarta. Entah kenapa menurut gue, kalo ikut misa di Jakarta kurang khusuk rasanya. Tapi itu menurut gue aja sih😛.
Selesai misa, gue diajak dinner sama ortunya Nina di resto Jala Jala, di deket resto Ayam Goreng Ny Yeni. Resto Jala Jalan menyediakan makanan chinese food sama hidangan seafood. Enak makanannya, resto nya juga gak terlalu crowded, pelayanannya juga cepet.

Malem nya gue diajak main ke rumah sepupu gue, Michael. Nengok ponakan gue, si Oline. Hehehe si Oline sekarang udah gede dan ceriwis banget. Lucu deh. Gue emang udah kepincut sama ini anak sejak dia masih baby. She is so adorable, kesayangan semua orang. Sayang, dia tinggalnya jauh di Bogor, coba kalo di Jakarta sih gue bakal sering sering maen deh. Oline ini salah satu keponakan favorite gue. Karena udah lama gak ketemu, awalnya Oline masih malu malu tapi gak berapa lama kita udah ngobrol ngobrol ikrib hehehe. Oline nih anaknya kritis, apa aja dia tanyain😆.

20130316_211835 20130316_211819Oline lagi berlagak dandan di kamar Nina😆

Hari ke dua (dan terakhir) gue nginep di Bogor, pagi pagi udah bangun.
Hari ini gue & Nina mau santai, jalan-jalan, dan pastinya wisata kuliner sambil nostalgia.
Tujuan pertama kita mau makan ke Mie Sahabat “Yung Sin”.
Gue mau cerita sedikit soal Yung Sin. Yung Sin ini mie ayam khas yang adanya cuma di Bogor, gak ada di tempat lain. Di Bogor katanya sih Yung Sin udah buka cabang di mana mana tapi gue selalu makan di tempat pertama kali restonya berdiri, di deket sekolah gue Regina Pacis. Mie Yung Sin ini udah ada dari jaman nyokap gue sekolah di Bogor kali. Kalo sekolah Regina Pacis ada reuni, pasti di Yung Sin juga pasti ada reuni. Ya tempat kita ngumpul dari jaman SMA gitu. Kalo ke Yung sin pasti aja ketemu temen temen lama🙂.
Sayangnya kunjungan gue ke Yung Sin kali ini bukan ketemu sama temen lama tapi ketemu sama *ehem* mantan lama #uhuk.
Haih, sampe salting gue. Bukan karena gue takut CLBK lagi tapi ketemu mantannya plus sama keluarganya *dhuer*…
Ehm ya sudah lah ya, setelah basa basi super basi, gue fokus yang penting makan aja walau sebenernya sih udah pengen ngacir.
Anyhooow, kan gue udah bilang Mie Yung Sin ini kan khas, cuma ada di Bogor. Mie nya home made, dan kalo mie ayam biasa kan cuma pake rebusan ayam terus caisim. Kalo di Yung Sin mie nya tanpa sayur caisim, cuma ayam (atau ayam jamur) terus di taburin bawang goreng. Terus kalo umumnya mie ayam kan pelengkapnya pake bakso sapi atau bakso ikan di Yung Sin tersedia juga babat kuah. Jangan keburu alergi sama penampilan babatnya yah, itu enak banget loh kalo di makan pake mie😆. Kalo gak inget kolesterol sih udah pesen babatnya semangkuk terpisah deh. Anehnya babat ini cuma enak dimakan kalo pake mie Yung Sin aja, gue pernah bawa pulang buat di makan pake nasi ga enak tuh rasanya, gak pas. di Yung Sin ini harganya lumayan juga, tapi bakmi nya gak semahal bakmi Orpa kok, gue makan berdua sama Nina gak sampe 100ribu🙂

20130317_114120 20130317_114104Mie Yun Sin Ayam Babat, Biar babatnya hitam tapi bersih kok🙂

Selesai makan Yung Sin, kita berdua melipir ke area Bogor Permai. Wah gue kembali takjub ngeliat daerah ini. Dulu daerah Bogor Permai sepi banget, kayak udah hidup segan lanjut usaha juga males. Mungkin yang paling rame disitu cuma es sekoteng aja. Etapi sekarang jadi rameee banget. Makin banyak yang jualan disana, gak cuma es sekoteng sama siomay doang. Ada sate padang, soto mie, mie bakso, dsb dsb.
Tapi buat gue di Bogor Permai paling top tetep es sekotengnya. Apa sih es sekoteng? Es sekoteng itu sama kayak es campur biasa kok. Isiannya ada alpukat, pacar mutiara warna merah, sama kelapa muda, dikasih es serut sama susu kental manis. Enaknya bangeeeet. Yang bikin enak sih gue bilang kelapa mudanya, bener bener muda bertekstur halus kayak sutra. Dulu pulang sekolah gue sering nongkrong di tukang es sekoteng ini. Mudah meriah kok, semangkok dulu cuma 3000, sekarang 8 ribuan kalo gak salah.
20130317_120628 20130317_122321 IMG_20130317_121213 IMG_20130317_121229

Abis dari es sekoteng kita berdua jalan kaki ke arah katedral buat naik angkot 02 ke arah Sukasari. Kita mau lanjut wisata kuliner, biar gak begah kita jalan kaki.
Seneng juga jalan ngelewatin sekolah gue dulu terus nyusurin Istana Bogor, nyebrang ke Hotel Salak, sampe ke katedral. Nostalgia. Gue pas nostalgia gini baru sadar bertapa gue kangen sama Bogor. Tiga tahun di Bogor itu merupakan tahun terbaik dalam hidup gue, betah banget gue di Bogor. Sampe begitu pindah ke Jakarta gue tuh awalnya sempet kayak orang patah hati, sedih banget walau akhirnya gue move on juga😉.
Nih pemandangan yang bikin gue kangen
20130317_124437 20130317_124748 20130317_125044 20130317_125212 20130317_125234 20130317_13014520130317_130224Keterangan gambar (atas ke bawah): Pohon beringin yang udah dari jaman dulu banget ada,foto sepanjang jalan sekolah gue pas SMA, SMA Regina Pacis Bogor, delman di depan hotel Salak sebagai alat transportasi buat wisatawan keliling kota, Hotel Salak The Heritage.

Kalo ada yang main ke Bogor, gue bilang wajiiib banget buat wisata kuliner di daerah Suryakencana Sukasari Bogor. Disitu surganya makanan enak. Banyak yang bisa elo eksplor disitu. Dari pagi sampe malem.
Tentunya karena gue punya kesempatan jalan disitu cuma satu hari doang dan perut gue kapasitasnya juga terbatas, gue gak bisa nyobain semua makanan enak enak disitu. Rute gue kali ini: beli Ngo Hiong, makan soto kuning khas bogor, beli Asinan Bogor Gedongdalem, minum es cingcau, makan rujak jangung, kalo muat mau juga makan pangsit penganten, sama es duren & ditutup sama beli roti unyil Venus. Sounds perfect huh?!😆
Jadi kalo mau ke daerah Suryakencana, naik aja angkot 02, turun di tempat makanan di depan Alfamart Gg Aut, nah di sepanjang jalan setelah itu banyak banget makanan enak. Gue pertama makan soto kuning khas Bogor di sebrang sotomie Ciseeng, Nina makan toge goreng. Sebenernya soto kuning khas Bogor ini enakan yang si Bongkok dideket BCA Suryakencana, cuma kalo mau mesti dateng pagi pagi banget jam 7 udah harus stand by jadi gue cukup puas dengan yang di sebrang soto mie Ciseeng aja lah ya. Sama enaknya kok. Dimakan pake nasi yang di bungkus daun hmmm enaknya selangit🙂. Gue pesen sotonya isi babat sama tulang muda.
Beres makan soto, Nina beli ngo hiong, gue beli oleh oleh buat orang kantor, beli manisan mangga muda, beli aneka rupa pepes, dan beliin si suami babi panggang. Itu semua ada disekitar tempat gue makan soto kok. Oya soto mie Ciseeng juga mesti elo coba deh kalo pas lagi mampir kuliner kedaerah sini, sayang perut gue udah begah banget.

Kelar makan makan & belanja *yang tentunya belanja makanan juga :lol:* kita naik angkot lagi ke daerah gedong dalem. Gue sebenernya pengen makanan rujak jagung cuma entah kayaknya udah gak jualan lagi apa gimana pas gue sampe sana gak ada aja. Akhirnya gue cuma makan lumpia terus beli asinan. Asinan Gedongdalem ini juga khas Bogor. Mereka jual macam macam asinan sih, dari asinan buah, asinan sayur, rujak potong, rujak jagung (tapi gak seenak si bapak yang jualan di depannya sih), sama aneka cemilan. Gue beli asinan buah aja, terus karena lagi musim alpukat gue sempetin beli alpukat yang hmmm menor menor banget. Karena udah lumayan begah, gue ternyata harus milih antara makan es cingcau atau es duren, akhirnya gue milih makan es cingcau aja biar sehat🙂.

Beres makan makan, kita jalan kaki lagi sedikit ke Plaza Ekalokasari buat beli roti Unyil Venus. Dulu sih roti Venus ini buka gerainya disebelah asinan Gedongdalem. Karena tempatnya makin sempit, akhirnya mereka buka gerai yang lebih gede di samping Plaza Ekalokasari.
Sampe sana hadeuuuh ramenyah. Isi orang Jakarta semua yang kayaknya gak pernah makan roti kecil kecil *kayak gue :lol:*. Ish! gue sampe harus ngantri setengah jam cuma buat beli roti. Pegel. Rotinya biar unyil harganya sih gak unyil, dari harga 500 sebijik sampe sekarang udah 1300 sebijik. Busyte deh.

Selesai belanja di Venus, kita langsung pulang ke rumah Nina buat siap siap balik ke Jakarta. Hhhh cuma dua hari tapi berkesan banget nostalgia nya. Gue janji nanti kalo sampe gue ada mobil pasti gue bakal nostalgia lagi ke Bogor ngajak si suami🙂

Foto-foto kuliner Bogor:
20130317_132646 20130317_132143Soto Kuning khas Bogor, di Jl Suryakencana

20130317_132605
Toge Goreng
20130317_135924
Ngo Hiang, Gg Aut
20130317_135841
Soto Mie Ciseeng
20130317_131931
Bir Kocok
20130317_140552
Manisan Mangga Muda
20130317_144300
Talas Bogor
20130317_140405
Aneka pepes
20130317_140414
Aneka Pepes. Coba deh pepes udangnya. Enak🙂
20130317_152532
The Famous Roti Unyil Venus, Bogor🙂

20130317_141706Asinan Bogor Gedongdalem  20130317_142212 20130317_142819Es Cingcau

Antrian roti unyil, maknyus :lol:
Antrian roti unyil, ular naga panjangnya😆

7 thoughts on “Short Trip ke Bogor

    • Hahahah iya, masih sadis aja. walau sekarang lebih teratus karena di buat line antrian & gak desak desakan tapi tetep aja yah antrinya bikin pegel😆

Leave a Reply

