Kelakuan Paling Menyebalkan dan Paling Berbahaya di Jalan

Buka blog reader gue baca re-blog postingannya mbak Luluk dari mbak Tyke. Gue langsung tersentil buat postingin soal uneg uneg gue tentang jalanan ibu kota juga yang udah lama keseimpen di draft.

Gue tinggal di Grogol kerja di Kuningan, tiap hari yang namanya ngadepin kelakuan pengguna jalan di Jakarta ampun ampunan deh. Awalnya, tiada hari gue laluin tanpa misuh misuh soal jalanan Jakarta yang menurut gue super duper nyebelin, sekarang sih ya palingan kalo udah kesel banget aja sih baru misuh misuh kebanyak gue udah lebih lihai menyabarkan diri.

Apa aja sih kelakuan yang menyebalkan & paling berbahaya yang ada di jalanan Jakarta?

Kelakuan yang paling menyebalkan di jalanan:
1. Mobil mobil mewah yang pake voorijder buat buka jalan pas lagi jam jam rush hour. Sumpah mampus gue sebel banget sama hal ini. Pengen rasanya gue toyor toyorin tuh yang sok sok pake voorijder pas lagi rush hour. Siapa sih yang pengen kena macet? Gak ada! Semuanya pengen jalanan, apalagi pas pulang kantor, lancar jaya biar kita semua bisa sampe tujuan dengan cepat. Kalo buat ambulance, pemadam kebakaran, mobil jenasah, atau presiden gak apa apa deh pake voorijder, itu emang ada peraturannya. Cuma “orang orang sok penting” yang punya duit lebih buat bayar voorijder lah yang paling ngeselin. Yang gue sayangkan harusnya polisi juga punya aturan ya soal penggunaan voorijder, bukan sembarangan di berikan ke orang yang asal bisa bayar aja.
2. Tukang nyerobot. Idih kalo ngeliat ini bawaanya pengen nge jitak deh. Orang banyak yang gak tau atau belagak gak tau sabar antri itu sebenernya amat membantu kelancaran di jalan raya . Bener deh yang namanya nyerobot itu gak nolong. Kalo emang jalanan lagi ramai, yang nyerobot juga bisa maju sampe sejauh mana sih?  Nyebelin! Yang ada malah bikin semua jadi tambah macet aja.

Note: kayaknya budaya antri tertib emang gak pernah jadi budaya kita, banyakan orang kalau pake fasilitas umum yang diharuskan mengantri kalo gak ada tali pembatasnya pasti aja semuanya ngerumun gak ada yang mau tertib mengantri😦.

3. Pengendara kendaraan pribadi yang nyerobot jalur busway. Ini kelakuan di jalan yang menyebalkan menurut gue aja sih sebagai pengguna setia TransJakarta. Coba harusnya pengendara mobil/motor itu pada mikir dong, malu sama slogan “gunakan bus nya, jangan serobot jalurnya”😦. Kita yang naik busway Transjakarta adalah notebene orang orang yang sadar untuk gak nambah kemacetan di jalan raya. Bukan berarti kita gak punya kendaraan pribadi loh. Heloooh pada mikir gak sih, situ yang naik kendaraan pribadi sih enak bisa duduk di kursi mobil yang empuk, adem kena AC, plus gak nyium aroma aroma keringat manusia pulang kerja. Tolong kasianin kita lah yang desak desakan & pegal kelamaan berdiri didalam TransJakarta  yang ikutan kena macet akibat kendaraan pribadi tumplek semua di jalur busway😦 *esmosi*

Kelakuan yang berbahaya di jalan:
Buat kelakuan yang berbahaya gini aduuuh tolong lah ya, kalo diri sendiri doang yang celaka sih gak masalah tapi kalo sampe membahayakan orang lain malesin banget.Seperti kata Luluk:

kalau kalian celaka, itu urusan kalian, tapi kalau kalian mencelakakan orang, kasihan kan? Kasihanilah mereka yang sudah berhati-hati di jalan raya. Jangan pula sia-siakan hidup kalian. Keluarga menunggu di rumah. Keluarga mengharap kalian semua selamat sampai pulang lagi.

Jleb gak sih?
1. Para pemotor yang gak sabaran. Hoi para bikers! Pada sadar gak kalo kalian itu rentan banget kecelakaan? Entah kenapa pemotor yang gue liat di jalanan kok berasa pada punya nyawa 9. Selap selip sana sini, mikir ga keenggak sabaran kalian itu taruhannya nyawa? Gue paling ngeri kalo ngeliat pemotor yang bawa motor sambil ber HP ria entah SMS an, BBM an, terima telepon sampe sibuk denger lagu pake earphone. Aduuh gue sih gak kebayang ya, bawa motor kan butuh keseimbangan terus akrobat banget ya kalo jaga keseimbangan sambil kedistraksi sama HP?😕. Murah banget ya nyawa kalian seharga SMS/BBM/atau telepon?😕. Sungguh gak habis pikir gue. Terus gue juga ngeri kalo liat motor nyelip di samping TransJakarta yang bis gandeng. Gak tau aja kali ya, kalo bis TransJakarta yang gandeng itu kalo ngerem mendadak gak bisa langsung pakem akibat bodynya yang panjang?😕. Makanya gue antara kesian gak kesian sih kalo ngeliat motor yang kesenggol sama bis TransJakarta😦, sorry to say.
2. Sopir bis/metromini/kopaja/angkot yang ugal ugalan bawa mobil. Ini selain membahayakan juga nyebelin sih. Gue ngeri, udah komat kamit banyak doa aja kalo pas naik angkutan umum sopirnya gila ngebut. Entah apa yang ada dipikiran mereka, gak sadar apa mereka bertanggung jawab untuk menghantarkan penumpang yang udah ngasih mereka duit?😦. Gue juga sebel kalo mereka memperlakukan penumpang seenaknya, diturunin ditengah jalan sebelum sampai tujuan, di oper ke bis lain seenaknya, sampe diem aja atau malah ikut berkomplot kalo penumpangnya di todong/dicopet😦. Antara penumpang & sopir angkutan umum kan sebenernya sama sama saling menguntungkan, kenapa gitu kita gak saling jaga? Buat penumpang angkutan umum juga, coba ya bayarlah ongkos sesuai tarif. Misal kalo aturan ongkosnya jauh/dekat Rp 2000, biar tujuan kita dekat tetaplah bayar 2000. Cuma bayar 1000 dan menghemat sisa 1000 nya gak akan bikin kita jadi lebih kaya juga kok🙂.
3. Joki nekad di sepanjang jalan protokol. Aduuuh gue sih soal yang ini speechless deh. Bayaran joki gak seberapa tapi taruhannya nyawa, mereka bisa tiba tiba nyebrang gak liat kanan kiri dulu, beuh apalagi yang didepan MPR/DPR Slipi, pada nekad nekad deh, bikin kagok.

Sejauh ini gue cuma kepikiran top 3 itu sih kelakuan yang paling menyebalkan dan membahayakan di jalanan. Masalah kelakuan kelakuan itu bukan masalah pendidikan atau status kekayaan tapi lebih ke attitude orang nya sih. Disayangkan kalopun nyawa taruhannya, banyak yang berani mempertaruhkannya dengan harga yang sangat murah.

10 thoughts on “Kelakuan Paling Menyebalkan dan Paling Berbahaya di Jalan

  1. halooo…..🙂
    bener kan, jadinya orang suka ngecap jelek pengendara motor, karena kebanyakan ugal2an emang. gak pake helm, potong kanan kiri, apalagi smsan sambil nyetir sebelah gitu.😦
    masalah antri, kayanya emang udah luntur bgt, sedih deh liatnya.

    • Haloo mbak, thanks for sharing. Hahaha jadi keinget kalo aku juga punya uneg uneg soal pengendara motor. Aku juga bawa motor dan sampe sekarang gak habis pikir kalo ngeliat para bikers yang nekad nekad itu ko.
      Hmm kalo soal antri kita mesti belajar lagi sama bebek kali ya😆

Leave a Reply

