Kejadian di Hari Jumat

Kalo yang sering naik turun kendaraan umum kayak gue pasti familier berurusan sama pengamen yang rupa rupa tingkah dan wujudnya.
Ada yang bersih, ada yang kayak gak mandi sebulan. Ada yang sopan, ada yang semi semi malak. Ada yang minta dikasihani dengan mengumbar segala kesusahan mereka, ada yang bawa bawa bayi supaya kita kasihan. Ada yang kreatif ngamen + ngedebus, ada yang ngamen bawa full band (padahal di bis kan udah sempit gitu). Macem macem deh. Kebanyakan mereka ga berbahaya kok. Kalo dari pengalaman gue selama gue sopan menolak ngasih uang dengan bilang maaf, paling paling disindir pelit.
Tapi kejadian sama pengamen di hari Jumat kemarin yang (lagi lagi) di dalam Kopaja pas gue pulang kantor lumayan bikin gue shock sih. Lebih shock dari terakhir gue ngalamin pelecehan di Kopaja😦.
Jumat kemarin gue emang gak naik TransJakarta karena bisnya penuh banget, akhirnya gue naik bis biasa lalu ganti bis di Slipi. Perjalanan hari itu berjalan lancar kok, gak terlalu macet, gak hujan juga. Gue udah seneng lah. Pun ketika gue ganti bis, naik Kopaja di Slipi masih lancar lancar aja. Kopajanya memang penuh, gue gak kebagian duduk. Tapi gak masalah.
Masalah baru dateng justru ketika udah sampe halte Mall Taman Anggrek, Kopaja dinaikin sama 2 anak muda cowo. Mereka berpenampilan kurus, bertato, mulai berteriak teriak yang intinya mereka lapar, minta uang, bla bla bla nampaknya kayak orang beler gitu. Gue gak terlalu perhatiin sih, itu biasa soalnya. Posisi berdiri gue ada di deket pintu keluar, mereka naik dari pintu belakang. Dari halte Mall Taman Anggrek tujuan gue emang udah deket banget. Pas gue siap siap mo turun, baru aja mo ngetok kaca buat ngasih kode ke supirnya kalo gue mo turun, tiba tiba ada yang narik tas gue. Gue pake tas ransel dan posisi tas ada didepan. Refleks gue narik tas gue dong, gue liat pengamen yang naik itulah yang nge grap tas gue. Gue gak tau waktu gue narik tas gue itu, gue kena nyikut dia apa gak. Gue buru buru ngetok kaca sambil teriak “kiri kiri”. Kejadian selanjutnya cepat banget, pengamen itu ngedorong gue keluar dari bis. Sumpah gue kaget banget. Gak nyangka kalo pengamen itu bakal ngedorong gue. Sialnya, gue dapet sopir Kopaja gelo, berentiin penumpang gak ditepi jalan lagi tapi dia berenti ditengah jalan, dia bahkan gak bener-bener berenti sih cuma memperlambat kendaraannya. Untungnya, jalanan lagi gak ramai & posisi kaki gue udah siap turun jadi pas didorong cuma limbung bentar tapi gak sampe hilang keseimbangan. Shock pastinya tapi thanks God refleks gue lagi bagus hari itu. Sempet diklaksonin mobil karena mungkin gue keliatan kayak tiba tiba loncat. Gue buru buru nyebrang ketempat yang aman & meriksa isi tas. Thanks God juga ga ada yang hilang.
Ini kedua kalinya gue ngalamin kejadian gak enak di Kopaja. Apa gue kapok? Hmmm nope. Gak ada alasan untuk kapok atau trauma. Gue sadar, itulah resikonya ketika gue naik kendaraan umum. Waspada itu penting. Terutama dikota kayak Jakarta yang emang jalanannya keras. Lagian buat sekarang ini gue juga ga punya pilihan lain. Yang bisa gue lakukan cuma jangan takut & selalu waspada. Kalo ada yang mo niat jahat jangan ragu buat ngelawan atau teriak. Sedikit tips ala gue kalo naik kendaraan umum di Jakarta selain jangan takut & waspada:
1. Jangan mencolok baik bawaan maupun dandanan. Masukin gadget, jangan pernah dikeluarin kalo pas lagi di bis apalagi kalo lagi ada pengamen. Pisahin uang ongkos sebelum naik bis biar gak perlu pamer dompet.
2. Gue jarang tampil “cantik” kalo kekantor naik bis. Gak dandan, gak pake rok (apalagi rok span, gak praktis & ribet. Pake celana panjang udah paling oke), gak bawa handbad (kalo gak pake ransel ya pake tas slempang itu pun posisi selalu didepan), gak pake hi heels (sepatu keds atau flatshoes biar gak ribet turun naik bis).
3. Tata isi tas, pake organizer bag didalam tas kalo perlu. Barang barang berharga kayak gadget & dompet mending taro di bagian bawah atau belakang tas yang nempel ke badan kita.
4. Bawa barang seringkas mungkin, jangan kebanyakan tentengan. Kalo belanja ke mangga dua misalnya gue selalu satuin belanjaan kedalam satu tas besar biar gak tercecer & ribet.
5. Investasi beli payung lipet yang kuat yang bisa buat ngegebuk orang. Selalu pegang di tangan kalo naik bis😛. Atau belajar untuk nyerang titik titik kelemahan kayak selangkangan, mata. Menurut gue kekuatan cewek itu ada di sikut & dengkul, jangan ragu untuk menggunakannya dengan kekuatan maksimal & penuh perhitungan. Jangan bawa pepper spray atau stunt gun kalo gak tau cara pakainya, bisa berbalik jadi senjata makan tuan buat kita. Oya gak nganjurin juga jadi sok pahlawan sih, pinter pinter menilai situasi lah
6. Jangan bengong atau ngelamun. Perhatiin barang bawaan kita & perhatiin tindak tanduk sekeliling kita. Hindari kontak mata kalo gak penting
7. Pake jaket/kardigan tangan panjang kalo bisa ada tudung kepalanya. Jadi kalo ada yang nyolek (walau intensinya gak jahat) gak kontak langsung sama kulit kita.
Gue gak berharap ngalamin yang kayak gini lagi dan gue berharap gak ada orang yang ngalamin kayak gue deh😦. I was so damn lucky hari itu, bisa aja gue jatoh atau mati konyol ketabrak mobil. Next time who knows?! Transport umum di Jakarta emang jauh dari memadai, maka kita sebagai penggunanya yang harus bisa proteksi diri sendiri.
Jadi seperti kata bang napi “waspadalah! Waspadalah!”😉

4 thoughts on “Kejadian di Hari Jumat

    • Iya Dan, itu mah beneran bisa mati konyol deh. Thanks God gue masih gpp🙂. Ahahaha iya banyaj banget yang ribet sama penampilan kalo mau naik bis, keliatannya sepele tapi bahaya sih. Ribet sama penampilan bisa bikin bahaya diri sendiri

Leave a Reply

