Tentang APTB

Gara gara postingan gue yang kemaren, gue jadi inget mau cerita pengalaman gue naik bis APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) pertama kali. Gue ngerasa kayak kena jebakan betmen sih tapi setelah gue pikir pikir lagi mungkin gue cuma gak paham aja cara beroperasinya gimana.
Tenang itu bukan karena kita yang bego tapi karena emang dalam pengoperasian APTB ini kayak kurang sosialisasi & penuh kerancuan sih.

APTB di koridor 9 ada dua jurusan. Yang pertama, jurusan Tanggerang. Yang kedua, jurusan Cibinong. APTB itu bis biasa tapi terintegrasi busway jadi bisnya ngelewatin jalur busway & berhenti di tiap haltenya.

Emang untuk APTB ada tarif khususnya yang beda sama bus TransJakarta reguler yang Rp 3.500. Untuk yang bus sedang model Kopaja tarifnya Rp 5.000. Untuk yang jurusan Cibinong kalo langsung Rp 10.000, kalo yang antar koridor aja dalam kota Rp 5.000. Untuk yang bis APTB TransTanggerang harganya 6.500. Kalo udah beli tiket APTB gratis naik bis Transjakarta.
Masalahnya: “Gimana aturan mainnya?” karena gak ada yang namanya sosialisasi. Pamfletnya sih banyak tapi semuanya bermuara pada pertanyaan gimana sik caranya? Arrrgh gue beneran gak paham awalnya.

Pengalaman gue pertama kali memanfaatkan APTB itu berasa kayak kena jebakan betmen.
Hari itu, gue beli tiket TransJakarta kayak biasa Rp 3.500. Cuma tunggu punya tunggu, itu bis TransJakarta kok gak dateng dateng ya sementara penumpang udah numpuk di halte. Eh gak lama dateng lah bis APTB jurusan Cibinong, kosong loh. Gue langsung berubah haluan lah naik bis itu, daripada gue nungguin TransJakarta biasa yang gak jelas kapan datengnya. Gue pikir, kalo emang antar koridor Rp 5.000 (iya gue kan gak sampe Cibinong jadi sesuai pamflet sih harusnya gue cukup bayar Rp 5.000 aja), gue pikir tiket busway gue yang Rp 3.500 gue tuker tiket bis APTB sama pramudinya terus tambah bayar Rp 1.500. Ini emang pemikiran naif gue, dan gue pikir juga fairnya begitu dong. Ternyata engga tuh sodara sodara, kalo naik APTB dan gak beli tiket di loket (atau beli tiket di loketnya untuk bis TransJakarta reguler Rp3.500) tetap disuruh bayar Rp 5.000. Laaah terus tiket bis TransJakarta gue gimana? Ditung itung gue jadi bayar dobel dong Rp 8.500?! Damn! gue kena jebakan betmen karena kebegeoan gue yang bikin asumsi sotoy tanpa tanya tanya dulu. Hiks😦

Jadi biar gak kena jebakan betmen kayak gue, rajin rajin bertanyalah sama petugas loket TransJakarta yang mukanya judes bin asem kalo emang gak ngerti.
Gue sekarang tiap hari pasti langsung beli tiket APTB aja Rp 5.000 di loket. Gak lagi beli yang Rp 3.500. Jadi gue punya pilihan. Kalo ada bis APTB ya langsung naik, kalo bis APTB nya lama datengnya ya udah gue naik bis TransJakarta biasa aja. Toh kalo gue begitu pihak TransJakarta juga gak rugi kan?

Gue heran kenapa gitu tarif APTB gak disamain aja kayak tarif bis TransJakarta yang biasa untuk antara koridor dalam kota? Aneh. Ini kayak di sengaja loh. Kalo yang gue liat, banyak yang kena kejadian kayak gue pertama kali naik APTB, bayar bis nya Rp 8.500😦. Itu termasuk pembodohan konsumen gak sih?😕

Terus yang musti di perhatikan juga tiket APTB itu untuk sekali jalan aja, gak kayak bis reguler TransJakarta yang bisa sambung menyambung. Kasian deh konsumen yang gak tau, pernah ada yang naik bis APTB Trans Tanggerang terus mau nyambung naik bis APTB Cibinong ternyata mesti bayar lagi. Weleeeh.
Kalo yang gue denger sih, antar APTB itu gak bisa sambung menyambung kayak bus TransJakarta reguler karena mereka beda operator. Yaaah kenapa atuh ya gak disosialisasi?! *sigh*

6 thoughts on “Tentang APTB

  1. iya emang strategi yang bagus tuh mendingan beli tiket APTB di loket karena lebih kosong kalau dari cibinong ke jakarta, kebetulan gue akan segera jadi warga cibinong, jadi coba manfaatin APTB ini .. heheh

Leave a Reply

