(Lagi-lagi) Banjir

Baru aja paginya gue ngebatin “buset deh itu kali Grogol (yang depan CL) sampahnya banyak amat ya, kalo hujan gede lagi sedaaap deh”, secara itu sampahnya aneh aneh, ada bantal, ada karung, sterofoam mah jangan ditanya deh. Semuanya ngambang di kalo situ.
Ternyata sesorean kemaren hujan gede loh. Gue amit amit gak pernah ngedoain Jakarta banjir lagi kayak bulan lalu, ribet tauk😥

Bulan lalu ada ramalan katanya tanggal 27 Januari 2013, Jakarta bakal hujan deras & tenggelam deh karena pada tanggal itu posisi air laut lagi pasang jadi kalo sampe hujan di darat ya gak bakal ketampung sama laut. Setelah bertubi tubi terima BM yang bikin puyeng tentang ramalan itu ternyata kejadian itu gak terjadi tuh. Hehehe lagian gue pikir, segala sesuatu yang udah di ramalin tuh entah kenapa 80% nya gak bakal kejadian. Sampai lewat tanggal 27, semua amaaan.

Gue penasaran dong, kok bisa meleset gitu. Ternyata, sekilas gue nonton berita di TV, kalo pemerintah udah melakukan langkah langkah preventif untuk mencegah supaya Jakarta gak hujan deras. Karena gue gak denger sampe habis beritanya, jadi gue cuma denger rumor rumornya doang dari gegosipan dikantor kayak: hujannya di pindahin ke laut lah, pemerintah ngerahin banyak pawang ujan lah, sampe ada yang bilang awannya ditaburin garam biar hilang, bener gak sih?😆. Tapi entah sampe kapan pemerintah mau ngandalin cara instan gitu ya😕, kayaknya solusi banjir tuh cuma perbanyak daerah resapan air (dan bukan mall), jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan deh.

Kayak kemaren karena hujan deras itulah macetnya jadi parah banget. Depan kantor gue, antrian kendaraan mengular panjang banget sampai Semanggi. Sebabnya? Gak tau pasti, ada yang bilang banyak genangan air alias banjir dimana mana, ada yang bilang gara gara demo, ada juga yang bilang karena ada kebakaran di SCBD. Gawatnya, kayaknya ketiga dugaan itu bener, makanya macetnya parah banget deh😦

Gue mikir aja gimana bisa sampe kerumah. Kalo macet gitu kan susah bis, kalau bis nya ada pun pasti penuh banget. Eh bener aja loh, yang di TransJakarta udah kayak sarden dalam kaleng aja saking penuhnya, penumpangnya di halte numpuk & bis nya gak juga bisa jalan karena macet. Sedangkan bis biasa non TransJakarta gak keliatan wujudnya.
Setelah nunggu di kantor lumayan lama, akhirnya gue & temen seperjuangan gue, Jenny, memutuskan buat jalan kaki. Yes! Jalan kaki dari Gatot Subroto sampe Slipi, mantap gak tuh!? Jauh bo!
Ini bukan kali pertama gue jalan kaki pulang kantor. Habis gimana lagi, mau naik bis,  gak dapet. Kalau pun dapet bis mau kapan sampenya? Secara gue jalan kaki  sama laju bisnya cepetan gue jalan kaki😆.

Kemarin kita berdua start jalan kaki dari jam 7.30 malam, sampe slipi pas 1 jam. Habis itu tinggal disambung naik kopaja. Asal udah sampe Slipi untuk sampe rumah mah bisnya banyak. Tapi begitu sampe Slipi, penderitaan belum serta merta selesai, naik Kopajanya lumayan brutal. Penuuuh mulu bisnya. Terus sampe tujuan pun mesti nerabas banjir, genangan air dijalanan depan apartemen udah selutut ajee😆
Yang kasian si suami, dia ada training after office hour di…SUDIRMAN😆. Selamet deh, perginya garing kena macet, pulangnya ngesot kena macet juga. Dia sampe rumah jam 11.30 malem😛

Aduuuh ini udah kejadian kesekian kalinya Jakarta macet gegara banjir. Pak Jokowi ayo dong segera di benahin. Yuk dari kita juga mulai biasain diri untuk disiplin gak buang sampah sembarang, swadaya sediain tong sampah buat di lingkungan, terus biasain deh pilah-pilah sampah yang mau dibuang. Jakarta gak banjir aja udah macet, ditambah banjir yasallam gudbay tua dijalan deh😆

4 thoughts on “(Lagi-lagi) Banjir

Leave a Reply

