Cirebon day 3

Iyaaa ini postingan yang tertunda. Sekarang sih posisinya udah di di Jakarta lagi🙂.
Kalo liburan, hari memang cepat banget ya, 4 hari 3 malem di Cirebon kayak sekejap mata aja.
Hari ke 3 kemarin, pagi pagi gue udah ke pasar Kanoman lagi sama si mami. Ke pasar sama ebo- ebo ya pastinya lebih seru daripada sama si suami ya😆. Kita blusukan dong ke dalam pasar. Sayang, karena ribet sama belanjaan gue jadi gak bisa foto foto, lagian si mami mah gesit banget jalannya jadi gue juga mesti buru buru biar gak ketinggalan. Padahal banyak khas khas Cirebon di pasar Kanoman ini yang menarik buat di foto & dimasukin ke blog🙂. Misalnya:
1. banyak ibu ibu yang jualan cabe yang udah di iris tipis tipis buat sambal nasi jamblang, irisannya tuh khas banget & cara ngirisnya juga khas, jadi yang jualan nasi jamblang gak usah ribet ngiris cabe nya tinggal beli jadi aja, praktis.
2. Banyak di jual kedelai hitam (taosi) sisa ampas pembuatan kecap. Makanan murah meriah yang termasuk khas nya Cirebon enak buat di tumis jadi lauk makanan sehari hari. Selain murah, makanan ini juga bisa tahan lama. Masaknya gampang, tinggal di tumis aja pake bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, sama tomat hijau. Bumbui garam & merica.
3. Bebas jualan daging babi. Untuk ukuran kota santri & mayoritas muslim, berjualan babi nya gak tertutup atau ada di tempat tertentu aja. Bebas jualan di pasar dan pedagang lain pada  cuek aja jualan nasi jamblang, docang, nasi lengko di sebelah/didepannya😆
4. Yang gak biasa lagi, banyak yang jualan sesajen. Gue ga banyak blusukan di pasar sih tapi sejauh ini gue belom pernah ngeliat ada pasar yang jualan bahan bahan sesajen hampir sama banyaknya kayak yang jualan sayuran.

Beres belanja, sambil jalan pulang gue & mami beli camilan dulu. Ini juga khas nih, gue suka banget sama kue ini. Kue tapel. Kuenya di buat dari campuran parutan kelapa sama tepung beras, didadar kayak crepes tanpa minyak, dioles semacam selai pisang & dikasih potongan pisang juga yang di penyet penyet. Rasanya asin, gurih, & manis. Enak dimakan pake teh anget🙂. Nih penampakannya:

Makan siang hari itu kita (gue, si suami, papi & mami mertua) mau makan empal di daerah Plered. Dulu gue taunya khas Cirebon tuh cuma empal gentong aja, tapi setelah gue ke Cirebon ada empal asem yang gue suka banget. Apa tuh empal asem? Empal asem itu daging sapi & jeroan pilihan yang di godog dalam kuah kaldu bening tanpa santan di beri potongan belimbing wuluh jadi rasanya asem asem segar. Bedanya sama empal gentong, empal asem gak pake santan & gak dimasak dalam gentong. Kalo gue sih dibanding empal gentong lebih suka empal asem.
Di daerah Plered sendiri yang jualan empal gentong & empal asem berderet di sepanjang jalan, tapi yang paling enak cuma di rumah makan Amarta & H Apud. Dua restoran ini hits banget & selalu ramai gak cuma pas di jam makan aja. Hari itu kita makan di resto  H Apud.

Keterangan foto: yang kuning itu empal gentong, yang kuahnya bening kecoklatan itu empal asem.

Keterangan foto: empal gentong yang kuahnya dimasak dalam gentong.

Kalo yang doyan sate kambing juga bisa pesen. Enak loh, empuk karena kambing muda.

Habis makan, masih belom puas bikin “dosa” dengan jeroan & sate kambing, monggo di pesen juga es durennya. Seger🙂

Selesai makan kita pulang. Gak mampir kemana mana lagi. Capek. Kenyang makan terus ngantuk😆.
Bangun tidur sore, kita packing buat balik ke Jakarta. Terus malemnya gue & si suami ke kedai rotbak Golden lagi. Hahahaha belom afdol rasanya balik ke Jakarta tanpa makan roti uwur uwur. Nih roti uwur uwur tuh penampakannya kayak gini:

Mantap kan😀

Ah liburan akhirnya beres juga. Masih kurang, tapi yang namanya liburan sih mana pernah cukup ya😉. Besok siap siap lagi kerja, semangaaat….

3 thoughts on “Cirebon day 3

1. May, kayaknya toko empal gentongnya pernah mampir juga ke sana deh. dan emamg endeus rasanya. Sayang gw waktu ke Cirebon cuman sehari waktu itu. Ternyata Cirebon gak kalah oke sama daerah lain buat jalan-jalan ya.

• Hehehehe iya endeus banget, di Jakarta ada yg jual tapi kok rasanya ga sama, padahal masaknya sama2 di gentong juga😀. Sebenernya empal gentong yabg terkenal tuh yang mang Darma punya cuma itu mesti pagi2, jam 12 siang udah abis.
      Iya, maen deh ke Cirebon. Banyak makanan enak. Dateng nya pas Muludan lebih rame, sayangnya kemarin ujan deras pas Muludan jadi ga bisa ngeliat🙂