Cirebon day 2

Hari ke 2 liburan di Cirebon ngapain aja? Ga jauh jauh dari makan & tidur😆.
Jam 8 pagi gue udah bangun. Gue mau belajar bikin sate babi sama mami. Sate babi bikinan mak mertua gue tuh enaknya TOP deh. Perlu gue kapital TOP nya soalnya gue doyan banget. Karena doyan banget makanya gue merasa perlu buat belajar bikin langsung sama ahli nya dong.
Ternyata bikinnya gak susah, cuma mesti telaten & bisa kira kira nakar bumbunya supaya gak keasinan. Jadilah pagi2 tadi gue  udah bantuin ngebumbuin daging nya + merangkainya jadi sate. Disini nih yang mesti telaten, karena nusukin daging  ke tusuk sate itu susaaaah. Dagingnya kenyel-kenyel terus lemaknya alot banget buat ditusuk. Plus kalo gak ati ati, jari tangan bisa kesusupan serpihan bambu dari tusuk satenya. Merangkai dagingnya pun mesti dihitung hitung, proporsi lemak & dagingnya mesti seimbang, ga boleh berlebih biar matangnya rata. Lumayan juga 1 kg daging jadi 30 tusuk.

image

image

image

image

Yang bagian bakar sate nya sih masih si mami, tapi gue udah ngerti lah kira-kira kalo dagingnya mateng kayak gimana. Sama sekali ga susah kok🙂

image
Hasil jadinya nyam nyam

Tuh hasil jadinya, enaaak deh. Apalagi langsung dimakan pake nasi anget anget🙂
Kelar makan, gue sama si suami jalan ke pasar Kanoman buat beli oleh oleh. Pasar Kanoman ini pecinannya Cirebon. Yang mau beli asinan ke toko Sinta, dipasar Kanoman ini pusatnya

image

Dari rumah mau ke pasar ini gampang, tinggal naik becak aja.
Beli oleh oleh di Cirebon bukan cuma manisan aja loh. Di pasar Kanoman ini tersedia macam macam oleh oleh khas Cirebon kayak kue Gapit semacam simping khas Cirebon dengan berbagai macam rasa, kerupuk rangginang juga dengan bermacam rasa, kerupuk kulit, kerupuk aci, ikan asin, terasi, emping, dll. Kalo gak mau ribet ngubek ngubek di area pasar, di toko Sinta juga lumayan komplit kok cuma lebih mahal aja. Semua bisa di beli dalam kuantitas ons sampe kiloan. Nih oleh oleh gue buat orang kantor:

image

image

image

image

Keterangan foto (atas ke bawah) : kue gapit rasa keju; kerupuk aci pedas; rangginang rasa rupa rupa; kerupuk udang.

Habis kelar urusan beli oleh oleh di pasar, gue sempet juga hunting ke toko Sinta

image

Tuuuuh asinannya bikin ngiler kan? Warna warni gitu🙂. Gue sih gak beli soalnya gak terlalu doyan.
Puas window shopping di toko Sinta, gue makan tahu gejrot. Ini khas Cirebon yang sayang banget kalo gak di coba. Buat gue tahu gejrot yang enak, yang di depan toko Sinta. Beda nya sama tahu gejrot di Jakarta, kalo di Cirebon udah gak pake ngulek gula merah lagi & gak pake bawang putih. Jadi cuma tahu, bawang merah, rawit sama kuah gula merah aja. Enak deh. Tahunya kayak spons.

image

image

image

Yang jelas selain enak, porsinya banyak, tahu gerotnya murah banget. Di Jakarta 5 ribu, di pasar Kanoman Cirebon cukup 3 ribu aja🙂.
Abis dari pasar Kanoman kita ga kemana mana lagi soalnya mendadak hujan deras. Aduh gak di Jakarta, gak di Cirebon, hujannya heboh deh. Jadilah kita langsung pulang. Tapi besok gue mau jalan lagi kesana sama mami🙂.
Sesorean, abis bangun tidur siang, gue & si suami cari makan. Gue kepengen makan ayam goreng Hj Sunarti di jalan Bahagia, gak jauh dari rumah kok.
Ayam goreng Bahagia Hj Sunarti ini khas & enak banget. Konsep resto nya masakan sunda dengan menu utama ayam goreng/panggang. Ayamnya ayam kampung, tapi gak keras, ayamnya empuk & gurih. Selain ayam mereka juga sedia sayur asam, lalapan, petai, tahu tempe & jeroan goreng.

image

image

image

Kalo lagi ke Cirebon jangan lupa mampir ke resto ini ya. Makan ayam goreng pakai nasi anget anget, nyaaaaam enaknya🙂. Total kerusakan makan kita tadi 60 ribu aja tuh.

2 thoughts on “Cirebon day 2

    • Hai mba Indah, maaf saya baru nengok blog lagi. Untuk kue gapit yang bisa dikirm ke jakarta saya kurang tau. Biasanya itu bisa di beli langsung di pasar kanoman cirebon. Saya sendiri belum pernah tanya apakah bisa dia kirim ke Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s