Cirebon day 1

Jadi akhirnya nih laki bini pulang kampung juga ke Cirebon. Ke rumah mamak mertua. Gak kerasa loh udah hampir 1 tahun kita berdua gak sowan ke Cirebon. Antara males, cuti abis buat ke Bali, sama mahal aja sih tiket keretanya🙂.
Kita pulang kali ini sempet ragu ragu, karena Jakarta hujan terus & kita kuatir banjir lagi. Tapi akhirnya kita nekad in aja deh. Kangen juga sama mami.
Kita berangkat naik KA Argo Jati jam 9 pagi dari st Gambir. Thanks to ipar gue yang mau anterin kita pagi pagi ke Gambir jadi gak perlu ribet naik taksi😉.
Trip mudik kali ini selain ngelepas kangen sama si mami, kita juga mau makan makan makan & makan. Yap penampakan gue dijamin endutan begitu balik ke Jakarta nanti😛.
Baru sampe stasiun Gambir aja udah kelaperan, makan lah soto kriuk di sana. Enak sih sotonya tapi gak istimewa banget. Kecil porsinya, kurang nendang. Sotonya biasa aja kok, soto ayam kuah bening pake toge. Yang enak cuma kriuknya, gurih.
Btw stasiun Gambir sekarang bakal ada Starbucks loh, hahaha si suami udah seneng aja. Abis kan kalo kepagian dateng di stasiun buat menghindari macet ga ada tempat yang asik buat duduk duduk nunggu kereta🙂.
Begitu naik di kereta & mulai perjalanan, masak iya perut udah laper lagi cobak😦. Itu akibat soto kriuknya kurang nendang deh, akhirnya kita pesen nasi goreng di restorasi. Nasgornya standar, tapi komplit pake telor ceplok & ayam.
Ampun dah! Kita nih nyampe Cirebon aja belom, makannya udah 2 ronde aja😀.
KA Argo Jati yang kita naik asik deh. Keretanya bagus banget. Bersih. Recommended buat di naikin.
Begitu sampe Cirebon, abis kangen kangenan sama mami, kita…makan lagi😆.
Si mami udah masak babi goreng tepung sama ayam arak. Enaknya jangan di tanya deh. Enak banget.
Mami mertua gue itu cina banget, kalo udah masak babi enaknya ga ada yang ngalahin. Menantunya sih tau makan doang😆. Ayam araknya gue baru kali ini makan. Enak loh, ayam kampung di masak pake arak + rempah-rempah khas. Maap kan gue lupa nama rempah rempahnya apa, tapi sehat dah. Gak gue foto juga, gak enak sama si mami😛.
Kelar makan siang, kita molor *tuh kan, gue nih mantu tau makan aja :lol:*. Capek & ngantuk banget.
Bangun tidur siang, udah sore, eh Cirebon ujan juga. Tapi kita udah niatin mau makan nasi Jamblang di depan Hotel Subur. Si suami udah gembar gembor katanya nasi jamblang yang ini perkedelnya endeus😉. Terakhir gue ke Cirebon pas mau makan di sini, pas kebeneran lagi ga jualan tukang nasi jamblangnya. Hari ini kita udah dateng ke sana dari jam 6. Ga boleh kemaleman soalnya jam 7 aja bisa udah abis perkedelnya. Untungnya kali ini yang jualnya telat buka lapak, jadi pas jam 6 kita sampe sana, menu nya masih komplit. Ujan-ujan makan nasi jamblang, minumnya teh anget. Nyam nyam deh

image

image

image

image

Keterangan Foto (dari atas ke bawah): nasi jamblang masih full menu; perkedelnya yang endeus, garing di luar, lembut didalam asli enak banget; nasi dibungkus daun jamblang (daun jati), nasinya dikit banget, buat  gue sebungkus paling cuma 2 suap; porsi makan gue.

Itu nasi jamblang emang enak kalo makan di tempat. Perkedelnya maaaak enak bener. Awal makan sih nasi cuma 3 bungkus (ya kali nasinya pitik bener sebungkusnya), perkedel 2, tahu goreng satu, sama ikan asin sepotong kecil. Beradab dong ya, begitu beres makan sih rusak bener😆. Hasil akhir gue makan nasinya habis 5 bungkus, perkedelnya habis 6, nambah telor dadar pula. Tahu sama ikan asinnya gue ga nambah soalnya asin banget, apalagi ikannya. Gue curiga itu ikan asinnya di rendam di air garam kayaknya. Asinnya maksimal, makan secuil aja nasinya mesti 2 suap. Yang bikin gue surprise lagi, mursida abis. Kerusakan makan gue cuma dihargai 9800 rupiah aja sodara sodara hohoho😆.
Beres makan nasi jamblang, kita melipir ke kedai roti bakar Golden di Kalibaru. Ini roti bakar buat gue enak banget deh. Seenak rutbak Madtari di Bandung. Bedanya sama kedai roti bakar yang lain, di rutbak Golden gak jual indomie. Hanya roti bakar, pisang bakar, sama susu murni aja. Khas.
Berhubung kita masih kenyang abis makan nasi jamblang, kita pesen susu murni aja dulu. Aduuuh gue udah gak mikir tuh yang namanya kolesterol bakal melambung, susu murni nya enaaaak🙂.

image

Udah rada entengan perutnya baru deh kita pesen yang lain. Sebenernya yang enak di rutbak Golden itu roti bakar spesial uwur uwur. Uwur uwur itu maksudnya dikasih parutan keju diatas roti bakarnya sampe kayak diselimutin saking banyaknya. Yah gue pass dulu deh roti uwur uwurnya, gue pesen pisang bakar spesial aja biar gak terlalu kenyang bleneg. Pisangnya enak. Manis, diselimutin keju coklat sama siraman susu kental manis🙂.

image

image

image

Keterangan foto: pisang bakar spesial, toppingnya mantap pisangnya manis. Melted di mulut🙂

Si suami pesen rutbak coklat susu tapi gak spesial uwur uwur, penampakannya kayak gini nih:

image

Kenyang makan, puas nongkrong, kita balik deh.
Gila ya baru hari pertama aja makan melulu kerjaannya😆. Pulang ke Jakarta mesti work out di gym gila gilaan nih:).
Sekarang waktunya istirahat, geser geser muatan perut, besok makan lagiii🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s