Kebanjiran

Akhirnya banjir itu dateng lagi…

Gue sebenernya mikir banjir bakal siklus 5 tahunan aja, harusnya 2012 kemarin Jakarta kebanjiran hebat. Ternyata meleset. 2012 kemarin adem, biasanya deket deket sincia udah hujan malah kering kering aja. Aman lah…

Tapiiii siapa yang nyangka Januari 2013 ini ternyata Jakarta banjir parah. Siklus banjir 5 tahunannya ternyata bergeser.

Dimulai dari hari Selasa, 15 Januari 2013. Dari malemnya udah ujan gede banget, gak berhenti. Gue udah feeling, wah menggenang nih. Bener aja paginya gue liat, jiaaah udah menggenang aja airnya didepan jalanan apartemen. Gue tetep ngantor karena cuma gerimis doang terus motor juga masih bisa nerabas banjir. Dan seperti warga yang norak nya tingkat kecamatan, sempet sempetnya gue foto foto dulu😆

IMG01434-20130115-0905
Jalanan depan apartemen…air sudah naik tapi masih bisa dilalui kendaraan.
IMG01436-20130115-0915
Jalanan depan mall Citraland, udah lumayan tinggi juga tapi masih bisa dilalui, mesti ekstra hati hati banget
IMG01437-20130115-0916
Yuk nerabas banjir demi ngantor🙂

Anyway hari itu, sengsaranya orang Jakarta di Jalan poll deh. Banjir+macet. Pulang kantornya pake acara hujan lagi, walau cuma gerimis tapi awet. Cari bis susah, Transjakarta penuh. Untung gue pulang bareng Jenny, temen kantor gue yang rumahnya di Cengkareng, dan kita cewe cewe manis ini dapet tebengan mobil kantor sampe Slipi Jaya. Lumayaaan🙂.

Malem itu jalanan depan apartemen masih lumayan tergenang. Hadeuh gue udah harap harap cemas, mudah mudahan besok hujan berhenti. repot deh kalo hujan.

Dan keinginan gue terkabul, tanggal 16 hari Kamis gak hujan. Sempet gerimis dikit, cuma rata rata seharian cerah. Pulang kantor gue malah ngeluyur ke Kuningan City bareng Nina sampe malem. Makan makan, haha hihi. Cerah tuh udara. Pulang ngeluyur hati tambah senang ngeliat air di jalanan depan apartemen udah surut. Yay! Akhirnya ujan berhenti juga. Gue pikir drama hujan ini udah beres.

Besok paginya gue kebangun langsung kaget HAYAH ITU UJAN DERAS BANGET MAAAK…
Jiaaah jalanan depan apartemen udah banjir tinggi. Aduuuh…😦

Gue & si suami bingung banget. Itu hujan dari jam 7 pagi sampe jam 10 masih aja deras gak reda reda. Alhasil gue sama si suami gak bisa ngantor. Kita berdua sih udah niat kalo hujan berhenti mau bela belain ngantor, bukan  rajin tapi kita kepikiran kerjaan yang lagi numpuk-numpuknya. BBM gak berhenti berhenti bunyi, semuanya saling ngabarin soal banjir. sampe akhirnya si bos dikantor bilang, dia gak bisa jalan ke kantor, pulang lagi karena gak ada bis. Laaah?!😮 Ternyata oh ternyata banjir paraaah banget hari itu. Jakarta lumpuh, semua kebanjiran termasuk istana negara, bunderan HI, Sudirman Thamrin. Itu daerah yang jarang kebanjiran apalagi sejak dibangun gorong gorong baru. Jangan tanya yang daerahnya langganan banjir kayak Grogol, Kampung Melayu, Daan Mogot. Udah tinggi aje airnya. Bus Transjakarta juga ternyata gak beroperasi karena bis nya gak bisa lewat & haltenya kebanjiran.

Gue buru buru minta si suami stok macem macem kebutuhan. Emang sih kemungkinan air masuk, mati lampu & mati air di apartemen  kecil, tapi berjaga jaga kan ga ada salahnya. Gue beli beras, telur, susu, makanan kaleng, air mineral dll di Giant bawah apartement. Itu Giant penuuuh banget, kayaknya semua penghuni apartement ngeborong buat jaga jaga. Setelah stok udah aman, gue & si suami ngeliat banjir. Iya kita berdua nerabas banjir sampe ke mall Citraland sana dengan jalan kaki. Ngeliat gimana ketinggian air, ngukur ngkur seberapa parahnya banjir kali ini plus ngerencanain kalo sampe makin parah kita mau evakuasi kemana, dan teteuuup foto foto dong😆

IMG01498-20130117-1044 IMG01492-20130117-1041 IMG01488-20130117-1041 IMG01486-20130117-1039 IMG01482-20130117-1038 IMG01481-20130117-1038 IMG01478-20130117-1037 IMG01477-20130117-1037 IMG01469-20130117-1026 IMG01467-20130117-1025 IMG01466-20130117-1023 IMG01458-20130117-1016 IMG01451-20130117-1002 IMG01450-20130117-1001 IMG01449-20130117-0942 IMG01448-20130117-0939 IMG01447-20130117-0938 IMG01443-20130117-0904 IMG01503-20130117-1044

Gue shock sih, kayak deja vu tahun 2007 lagi.
Dimana mana sejauh mata memandang gue cuma ngeliat air sih. Mobil apalagi motor yang nekat lewat udah pasti mogok karena mesinnya kemasukan air. Orang yang nyediain angkutan air berupa gerobak/getek ada dimana mana.
Kalo menurut gue, banjirnya biarpun tinggi gak setinggi 2007 tapi aliran airnya deras, mesti ati ati banget kalo mau lewat.

Hari Kamis tanggal 17 itu, seharian hujan bikin air makin lama makin naik, semua kuatir. Mulai deh isu isu berkeliaran. Sampe pusing baca broadcast massage di BBM. Kita berdua sehabis ngeliat banjir juga, mantengin TV sampe jauh malem, was was ngeliat berita. Banjirnya parah. Tanggul Latuharhary jebol, basement plaza UOB kebanjiran sampe bikin 4 orang tejebak gak bisa keluar, kita jadi bolak balik ngecek basement juga buat ngeliat motor. Untungnya basement apartement  kita sih aman.

Hari Jumat tanggal 18, pagi udah gerimis. Tapi gue nekat aja ke kantor. Bos gue masuk semua soalnya, dan kerjaan gue beneran udah deket deadline. Gue di anter si suami dengan wanti wanti mesti pulang cepet. Iya takutnya bisa pergi, pulangnyanya susah. Jadilah jam 3 sore gue udah pulang dari kantor. Thanks God cuaca cerah hari itu, Grogol masih lumayan tinggi banjirnya tapi seenggaknya udah agak surut dan gak hujan lagi. Malemnya sempet hujan tapi gak lama.

Baru rada lega Jakarta gak hujan lagi & air udah rada surut, eeeh di Karawang si mama teriak banjir. Hayah! Pusing deh. Ternyata kejadian lagi, bendungan Jatiluhur kelebihan debit air jadi pintu airnya mesti di buka yang mengakibatkan Karawang & Bekasi kebanjiran. Kasian nyokap gue sampe ngungsi.

Untungnya up date per hari Minggu tanggal 20, banjir di Karawang sedikit sedikit surut, dan gak sampe masuk ke rumah, baru sampe puntu dapur. Nyokap gue pun gak perlu ngungsi lama lama. Fiuuuhh…🙂

Hari ini, tanggal 21, Grogol & hampir seluruh daerah di Jakarta berangsur normal. Banjir cepet surut karena terbantu hujan yang gak terlalu lebat lagi. Masih tersisa banjir di Kampung Pulo Jaktim & Pluit yang masih lumayan tinggi airnya. Gue berharap banget, amit amit engga banjir lagi deh walaupun prediksi sih katanya curah hujan masih bakal tinggi😦

note:
FYI ternyata banjir kali ini jadi hiburan banget. Banyak yang niat mejeng ikutan masuk TV (banyak siaran berita live dari TKP banjir dari berbagai stasiun TV), bawa bawa kamera LSR buat foto foto (niat banget sih😆 gue mah cukup pake BB aja), sampe anak kecil yang girang main air serasa di waterboom (padahal airnya air got :D). Banyak yang ketimbang pusing mikirin rumahnya yang kerendam memilih untuk menikmati aja banjir yang ada🙂

7 thoughts on “Kebanjiran

  1. Salam kenal Maya.
    Gw tinggal di BSD sih tapi sempet kena akibat banjir juga. Kamis tanggal 17 itu naik KRL kejebak sejam lebih mejret di dalem kereta. Akhirnya gw memutuskan pulang balik. Baru masuk kantor di daerah Thamrin jumatnya. Gemeter lihat Thamrin yang masih ada airnya meskipun udah surut.
    Ngelihat laporan dimari jadi bener-bener gemeter. Luar biasa banget ternyata ya?
    Semoga yang masih kerendem cepet surut dan sehat-sehat aja semuanya..
    :”)

    • Hi Dani, salam kenal juga🙂.
      Iya gue gak nyangka loh Sudirman Thamrin sampai separah itu. Syukur ya semuanya sekarang udah surut. Gue denger KRL pun hari ini udah mulai beroperasi lagi. Di Grogol sendiri sudah kering, yay!🙂.Mudah mudahan gak kejadian begini lagi yah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s