Stay or Leave (?)

Emang terkadang blogwalking itu suka jadi ratjun dunia sih. Plus gue juga terlalu menghayati kalo baca, jadi mikir terus ujung ujungnya jadi kepengen😆

Diawali dari blogwalking ke tempatnya Erlia terus jadi jalan jalan ke blognya ko Arman & mbak Ika. Kesamaannya mereka bertiga adalah mereka sama sama orang Indonesia yang bermukim di luar negeri. Erlia tinggal di Singapore, ko Arman tinggal di Amrik (LA), dan mbak Rika tinggal di Finland (Kerava). Baca cerita mereka, suka duka mereka tinggal di luar negeri bikin gue mupeng abis. Pengen ikutan hijrah juga.

Oke seriusnya nih:

Bukannya gue latah atau emang sekedar kepengen aja, cuma gue pada akhirnya mikir, mau sampe tinggal di Indonesia? Pemikiran ini ga ada hubungannya sama urat nasionalisme gue. Gue ngerasa kok makin lama tinggal di Indo ini makin gak kondusif aja. Bikin gerah. Semuanya serba gak bener. Tau gak bener, sedikit yang mau ngebenerin, & kebanyakan udah ngerasa nyaman sama keenggakbeneran itu. Gemes jadinya.

Gue yang masih keluarga muda jadi mikir “apa iya gue mau nantinya anak gue besar di negara yang segala sesuatu nya serba gak jelas masa depannya?” mikir banget kan jadinya tuh.
Yah namanya kalo buat keluarga pengen yang terbaik lah. Pengen tinggal di negara yang stabil, aman, pendidikan & jaminan kesehatannya bagus. Disini, soal pendidikan sama pelayanan kesehatannya bikin ngelus dada ya. Pendidikannya mahal tapi mutu dipertanyakan. Pelayanan kesehatan mahalnya ampun ampunan terus tricky banget lagi. Sakitnya apa dikasih obatnya apa, duh! Mau sehat aja kok ya pake deg-deg an.
Lainnya lagi soal transportasi umum & kondisi jalanan. Ini ya gue keluhin gak sekali dua kali tapi sering. Karena kondisi jalanan, gue ngerasa quality time bareng keluarga kurang banget. Waktu gue habis di jalan karena macet atau nunggu bis gak jelas kapan datengnya. Gue & si suami cuma punya waktu full pas weekend, hari biasa pulang kerumah aja udah capek banget. Boro boro mau ngobrol, pengennya langsung mandi terus tidur.
Dulu awal awal married gue masih sempet pulang kantor masak untuk makan malam, cuma ya apa daya makin ke belakang makin keteteran juga kalo mau masak, soalnya macetnya di jalan very unpredictable. Kasian si suami udah kelaperan kalo nunggu gue masak dulu. Gue pengen banget pp kantor tuh waktunya pasti, gak buang waktu  percuma dijalan. Gue belom mampu beli mobil sendiri *mahal bo* makanya gue berharap transportasi umum yang bagus & kondisi jalanan yang lancar. Nampaknya sih itu cuma tinggal harapan ya. Semua pemimpinnya pada sibuk korupsi mana sempet mikirin perbaikan, tinggal rakyatnya aja deh yang mepet kejepet😆

Gue bukannya gak cinta sama Indonesia. Gue lahir & besar di Indonesia. Bahkan gue jalan jalan ke luar negeri juga belom pernah. Gue ngerasa kalo di Indonesia masih ada Bali, Lombok, Raja Ampat, dll yang begitu kerennya, kenapa gue harus keluar negeri dulu untuk jalan jalan? (Fyi pergi ke Raja Ampat itu lebih mahal dari pada pergi ke Singapore :lol:). Belom lagi makanan disini enak enak🙂.
Tapi pada akhirnya gue jadi gerah sendiri. Gerah ngeliat keadaan Indonesia yang makin semerawut aja. Gue pengen hidup di negara yang lebih teratur, pengen tinggal di negara yang aman & ngelindungi hak setiap warga negara. Ngarepin di Indonesia hal semacam itu di Indonesia kok gue agak pesimis bakal jadi kenyataan (at least gak dalam waktu dekat ini). Kayaknya hal itu cuma angan angan, kenyataanya sih mungkin baru sebatas spanduk di pinggir jalan pas lagi musim kampanye😆. Gue cinta tinggal di Indonesia, keluarga dekat, makanannya enak enak, tapi rencana buat pindah ke negara lain mungkin mulai harus dipikirin kali yah demi masa depan🙂

Buat gue Indonesia memang udah gak ngelawan penjajah lagi, Indonesia sekarang lagi berjuang ngelawan korupsi. Kalo dulu penjajah bikin kita bersatu dari Sabang sampai Merauke, nampaknya korupsi justru lebih sukses memecah belah kestabilan Indonesia. Ironis & bikin sedih😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s