Pro/Kon Kenaikan Harga

Masih tahun baru, penghuni apartemen gue udah dapet “kado” kenaikan harga maintenance fee dari pengelola.Pada Protes? Pastinya. Gue? Well gue sih ga protes tuh😆.
Gini, bukannya gue orang yang kebanyakan duit, cuma menurut gue emang itu maintenance fee perlu naik. Bayangin aja maintenance fee untuk unit gue sebulannya cuma 300 ribuan. Itu muraaah banget di bandingin apartemen lain yang udah minimal 500 ribuan. Untuk apartemen daerah Sudirman malah udah rata rata 1 jutaan perbulannya. Kenaikan itu juga bukan tanpa alasan kok, pengelolanya juga pasti udah keteteran untuk nutupin defisit biaya biaya yang ada terutama sejak UMR dinaikin menjadi 2,2 juta.
Kalo soal berat karena bayar jadi mahal, ya pastinya berasa banget. Cuma gue mau kasih kesempatan, gue pengen liat dengan naiknya harga maintenance apakah kenyamanan di apartemen juga meningkat. Jujur belakangan ini gue ngerasa apartemen yang gue tinggalin jorok bukan kepalang. Kecoak kecil kecil dimana mana (dan itu bukan karena gue gak bersih bersih loh), basement tempat parkir motor tiap ujan dikit terus banjir, sampah juga suka lama di angkut jadi berserakan di tangga darurat, lift sering mati, sampe lampu di selasar kalau mati suka lama di gantinya.
Gue gak keberatan sama sekali dengan kenaikan harga asalkan masalah masalah yang ada itu cepet di tanggapin & di tanggulangin. Kalo enggak di beresin juga padahal maintenance fee udah naik, juga baru lah gue protes.

Tiap tahun berganti seiring dengan pergerakan ekonomi pasti ada aja barang/jasa yang harganya naik. Wajarnya sih begitu. Coba liat deh apa tahun ini listrik, air, bbm, tarif kendaraan umum atau tol bakal naik apa enggak.
Gue termasuk orang yang lumayan pro atau minimal gue gak langsung protes marah marah ketika ada kenaikan harga. Gue bakal liat dulu gimana dampaknya kenaikan harga itu dengan return yang akan gue terima. Contohnya, kalo sampe Trans Jakarta naik jadi 5000 misalnya, gue setuju apa enggak? Gue setuju aja dengan catatan armada bis nya diperbanyak jadi kita gak perlu desak desakan macam sarden dalam kaleng, jalurnya steril jadi perjalanan lancar jaya, dan bisnya on time jadi gak perlu nunggu kayak orang bego di halte. Kalo sampe bisa begitu ya MAU BANGET! Yang bikin mangkel itu kalo udah naik tarifnya eh tetep memble pelayanannya.

Come on, siapa yang gak bakal protes/demo sih kalo harga naik gila gilaan tapi kompensasinya ga ada, dalam artian tetep aja gak tambah nyaman, malesin lah.
Misal lagi listrik air naik tarif dasarnya, setuju tapi jangan sering mati listrik, voltase listriknya stabil, & kualitas airnya ditingkatkan dong. Kalo setelah naik tarifnya terus pelayanannya tetep butut, gimana konsumen gak sebel & protes? Ujung ujungnya pada banyak yang nyolong listrik/air karena mereka juga keberatan bayar kenaikan harganya yang dinilai gak sebanding sama pelayanannya.
Tarif tol naik tapi jalanannya masih geradakan aspalnya, terus macetnya lebih gila dari jalan biasa non tol, siapa yang gak pengen ngepruk coba?😆 *curcol*

Jadi boleh aja naik harga, kita juga mesti rasional lah, selama ekonomi bergerak mana mungkin itu harga gak naik, lah gaji kita juga tiap taun naik kan ? Asaaaaal dibikin tambah nyaman juga dong, biar gak nyesek bayar kenaikan harganya😉

Leave a Reply

