Drama di Jalan

Haaaiiii udah lama gak posting di blog🙂

Postingan kali ini lagi lagi gue akan cerita curhat tentang drama gue di jalanan Jakarta *again*😆.

Emang kalo elo tinggal di Jakarta, dan pas lagi apes, acara pulang atau pergi kantor aja bisa jadi cerita sinetron *lebay* 😆

Drama pertama gue alami bukan cuma pas pulang kantor aja, tapi dari perginya juga udah drama.

Dimulai dari hari Jumat minggu kemaren. Gue hari itu emang berangkat kantor ijin dateng agak siang karena gue ada keperluan. Yang gue gak tau, karena gue udah lama gak buka Twitter, adalah kebeneran hari Jumat itu ternyata ada demo gedegede an di MPR/DPR. Gue baru tau dari temen gue yang stuck di halte Trans Jakarta karena Trans Jakarta nya gak beroperasi akibat demo *dweng*.

Gue udah mulai rada panik sih, buru-buru mandi terus pas gue turun ke jalan baru deh berasa. Ya ampyuuun itu jalanan Grogol kayak area parkir. Macet parah. Lalu lintas tersendat karena arah MPR/DPR gak bisa dilewatin akibat keblokir sama aksi demo. Halah.

Oke sampe sini sih  gue udah panik berat. Secara kantor gue tuh pasti ngelewatin MPR/DPR, jadi gimana caranya dong gue mo ke kantor?
Sungguh godaah hati untuk gak ngantor udah gede banget, cuma inget kerjaan lagi numpuk serba salah juga. Akhirnya setelah BBM an sama temen gue yang stuck di halte, akhirnya gue putusin untuk cari bis selain Trans Jakarta yang ke arah Sudirman lewat Harmoni. Jadi kalo biasanya rute ke kantor gue tuh Grogol-Slipi-Senayan-Semanggi-Gatsu, sekarang gue terpaksa ambil rute Grogol-Roxy-Harmoni-Monas-Thamrin-Sudirman-Semanggi-Gatsu. Damn! itu mah namanya gue jalan jalan dulu ya, belom lagi macetnya. Alamat gue baru nyampe kantor abis makan siang dah . Tapi gue nekatin deh, bela belain kerjaan. Akhir taun cin, numpuk itu kerjaan😆.
Lucky me, pas mau jalan ke halte untuk cari bis ke arah Harmoni gue ngeliat ada patas AC 11 arah Sudirman & bis nya tetap beroperasi. Gue gak mau tau deh itu P11 mau lewat mana, gue pikir sih asal gue bisa sampe Sudirman aja udah aman, gue bisa jalan kaki ke kantor atau naik Metro Mini kalo ada.
Gila nya ternyata P11 itu teteup nekad lewati area demo, yang ternyata bisa kok di lewatin 1 kendaraan pelan pelan sambil deg degan. Yaoloooh itu MPR/DPR rame banget. Yang demo ternyata para perangkat desa dari daerah, mereka menuntut untuk jadi PNS atau apalah, gak jelas juga sih. Yang jelas cuma rame nya doang. Sampe ada yang tidur tiduran di jalan segala. Aduuuh macet total lah jadinya. Semua kendaraan jalan super pelan atau bahkan stuck sambil nontonin demo.

Finally gue sampe kantor juga, pas makan siang baru sampe kantor. Ya langsung makan deh ah😆. Sepanjang kerja amaaan. Menjelang sore sore, gue udah kebat kebit lagi. Bukan, bukan karena demo tapi karena langit Jakarta udah super duper mendung. Dari kantor gue lt 20, Gedung sekeliling gue udah gak keliatan karena mendung pekat. Oow, Jumat aja pulang kerja udah pasti 80% bakal macet tapi kalo di tambah hujan, gede pula, oke bisa 1000% pasti macet total. Daaan sesuai prediksi juga, ternyata emang bener hujan dan gede, dan macet *sigh*😦. Saking macetnya, pas gue mau pulang, keluar dari kantor aja udah gak bergerak lalu lintasnya. Hadeuh akhirnya gak ada pilihan lain JALAN KAKI aja sodara sodara.
Yes! Hari itu gue akhirnya pulang, jalan kaki dari kantor di Gatsu sampe ke Slipi Petamburan baru dapet bis ke arah Grogol. Capeknya? Jangan di tanya. Ini kali kedua sih gue jalan kaki sampe ke Slipi Petamburan dan itu kalo dari Gatsu jauh banget men! Lumayan betis langsung berasa atletis😆. Untungnya besok udah Sabtu & libur jadi gue bisa beneran istirahat besoknya.

Catatan gue hari itu: Lebih dari capek, sebagai pedestrian gue ngerasa banget was was untuk menggunakan trotoar di Jakarta. Motor yang seenakannya naik naik ke trotoar, penerangan di trotoar yang yang minim bahkan cenderung gelap, sampai kondisi trotoar yang udah rusak & sulit untuk di lewati pedestrian. Hmm kapan ya trotoar buat pejalan kaki bisa nyaman sehingga banyak orang yang bisa leluasa & merasa aman ketika berjalan kaki:/

Drama yang kedua itu baru aja kemaren Selasa kejadian. Halah itu mah dodol banget deh.

Gue biasanya pulang kantor untuk sampe ke rumah ada dua alternatif, bisa naik bis biasa jurusan ke Grogol atau naik TransJakarta. Kemarin gue akhirnya memilih naik bis biasa & bukan TransJakarta karena bis biasa nya kebeneran lagi ngetem di halte depan kantor. Patas 81 jurusan Depok – Kalideres via Grogol. Bis nya udah lumayan penuh sih, tapi gue pikir gak apa apa lah. Yang penting gak nunggu lagi bis nya.

Perjalanan lumayan lancar walau bis jalan terseok seok karena di jejalin penumpang terus sampai sesak padat. Drama baru di mulai ketika bis memutuskan untuk masuk ke tol Slipi. Harusnya bis bisa keluar di gerbang tol Slipi Jaya-Tomang, kondisi jalan memang lagi padat merayap, si sopir bis gak sabar untuk antri, nyelak antrian, ternyata didepan gerbang tol ada polisi. Halah! Gak sampe kena tilang tapi sama polisi gak boleh keluar di gerbang Slipi Jaya-Tomang. Waduh cilaka deh. Penumpangnya juga gak boleh turun. Jadi mau gak mau bis harus jalan terus.
Maaak gue langsung bingung! Soalnya kalo gak keluar di gerbang Slipi Jaya-Tomang berarti gue harus terus ikut bis  itu sampe ke Kalideres! Mateee gue. Untuk keluar dari tol udah gak mungkin lagi, bahkan untuk penumpang turun secara liar dipinggir jalan tol juga gak mungkin, karena posisi tolnya itu jalan layang.

Pasrah akhirnya gue ikut lah bis itu sampe keluar di gerbang Cengkareng. Sebenernya supirnya sih bilang gak apa apa tetep ikut di bis tapi sampe terminal dan bis itu harus ngetem dulu untuk nyari penumpang sebelom balik lagi ke Grogol, atau penumpang yang ke Grogol bisa turun di lampu merah Cengkareng untuk naik kopaja ke Grogol. Haiyaa, kalo udah gini mo marah marah juga susah ya. Mau marah sama siapa?:/.

Kalo gue ikut ke terminal, gue gak berani. Terminal Kalideres itu jauh banget, dan bis itu akan ngetem berapa lama kan gue gak tau.
Jujur bertahun tahun gue tinggal di Jakarta, gue paling buta daerah Cengkareng. Gak pernah gue ke daerah situ dan dari berita yang gue sering denger, daerah Cengkareng itu daerah preman. Nah gak ikut ke terminal berarti turun di lampu merah Cengkareng juga konyol sih, itu udah malem, gerimis, dan gelap. Gue tau daerah situ pasti gak aman. Gue udah misuh misuh aja dalam hati, tanya sana sini akhirnya dapet lah naik Kopaja 88 arah Mall Taman Anggrek. Duh, yang naik orangnya serem serem, tampang preman semua. Sorry ya bukan gue main fisik tapi itu bener. Gue udah komat kamit doa aja dalem hati. Belom lagi pengamen yang naik ke bus juga serem serem cara minta duitnya. Aduuh itu perjalanan Cengkareng – Grogol berasa selamanya. Untung pada akhirnya gue bisa nyampe juga dengan selamat. Puji Tuhan deh🙂. Pengalaman banget buat gue.

Pesan moral hari itu: perlu banget untuk punya rencana dan gak celingak celinguk kayak orang bloon ketika elo terdampar di daerah yang elo gak kenal. Gue cukup beruntung gak sampe kena todong. Pas gue cerita besoknya, semua temen gue (bahkan yang cowo) aja gak berani tuh jalan ke daerah Cengkareng situ malem malem karena disana itu sarang preman, ya eya laaah gue juga kalo gak terpaksa sih ogah deh😆.

Gue jadi mikir, kapan ya transport umum di Jakarta tuh genah dan aman. Gila gue 3 jam loh di jalan karena kecerobohan sopir bis. Mana jalanan macet, salah jalan sedikit juga udah fatal. Kadang kalo gue baca blogger yang tinggal di luar negri gue suka iri. Iri banget ngedenger cerita mereka tentang bertapa nyamannya transport umum di negara sana. Apalagi kalo baca blog nya Erlia (www.situkangnyampah.com) serta merta gue ngiler banget loh untuk tinggal di Singapura😆. Well mudah mudahan nanti transport kita bisa makin memadai ya. Kasian loh orang Jakarta, sebenernya bawa mobil sama naik transport umum sama menderita nya karena kondisi jalanan yang gak kondusif😦

 

Leave a Reply

