Jerawatan Ih!

Siapa coba yang gak pernah jerawatan? Semulus mulus nya muka, pasti ada masanya jerawat itu timbul.

Saya sendiri jerawatan gak cuma di masa puber dulu aja. Jerawat saya sepanjang masa kayaknya, cuma berkurang banyaknya aja. Kalo dulu pas puber kulit muka tuh sampe hampir gak keliatan gara gara penuh jerawat. Kalo sekarang udah mendingan, cuma hitungan jari tangan aja, itupun banyakan bukan di pipi tapi di dagu sama jidat.

Urusan jerawat ini memang menyebalkan sih. Bukan, bukan karena bikin jelek muka kalo dalam kasus saya, tapi sakitnya itu loh bisa membuat jadi sakit kepala & susah tidur. Belom lagi bikin nyokap saya jadi rese karena gak betah ngeliat muka saya merah merah karena jerawat. Ya secara sih jerawat saya jaman puber dulu tuh gede gede macem kayak bisul *semuka bo!*

Jangan terlalu ngarepin seiring lewatnya masa puber para jerawat itu bakal hilang dengan sendirinya, karena gak semua orang seberuntung itu, seperti saya bilang tadi ada yang jerawatnya emang sepanjang masa.

Pertolongan pertama kalo udah jerawatan parah, pergi kedokter kulit lah ya. Udah deh gak bisa di tawar kalo udah akut jerawatnya sih. Coba coba pake berbagai macam produk untuk jerawat yang du jual bebas di pasaran terkadang malah bikin jerawat malah tambah parah & menyebar kemana mana.

Sebelum ke dokter, googling dulu, tanya refrensi ke teman teman. Karena dokter kulit pun cocok cocokan, mahalnya dokter gak jaminan tokcer ngilangin jerawat.

Kalo udah ketemu dokter yang kira kira cocok, kita mesti telaten berobatnya. Minum obat yang dikasih dengan teratur & sesuai dosis. Khusus cewek hati hati ya kalo minum obat untuk jerawat pastiin sesuai dengan resep yang di anjurkan dokter karena banyak obat jerawat oral itu mengandung hormon. Dulu sebelum saya menikah, saya minum obat obat jerawat yang namanya Isotretinoin. Kapsulnya berupa soft gel warna merah terang, ampuh banget mengurangi minyak di muka & otomatis membuat jerawat jerawat bandel jadi kempes & mengering. Setelah saya menikah, pemakaian obat tersebut langsung dihentikan oleh dokter, karena katanya itu mempengaruhi kinerja rahim juga dalam memproduksi sel telur.

Selain obat diminum secara teratur, pemakaian krim muka, sabun, tonner pembersih yang dikasih dari dokter juga harus di pakai secara telaten. Itu membantu banget membersihkan jerawat & membuat kulit gak bopeng bopeng akibat bekas jerawat.

Kalau kulit kita berminyak memang gampang jerawatan. Saya sekarang udah gak rutin pergi ke dokter kulit lagi *mahal😥* jadi buat mencegah & mengobati jerawat yang dikit dikit keluar pasca mulusnya muka hasil perawatan dokter, saya selalu rajin cuci muka. Pilih sabun cuci muka untuk muka berminyak, bagus malah kalau ada sabun yang khusus jerawat. Itu bantu banget.

Pakai cream muka yang berupa lotion & bukan cream. Kenapa? simpel nya kalo cream itu kandungan minyaknya lebih banyak daripada lotion.
Rajin maskeran, pakai masker yang khusus untuk muka berjerawat.
Ujung ujungnya ya emang telaten sih ngurus muka kalo gak mau jerawatan🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s