Masak Simpel

Hari gini, di jaman hari serba cepat, masak simpel, enak & sehat itu suatu keharusan kayaknya. Karena jujur aja, buat sebagian orang *termasuk saya*, memasak itu kalo ribet suka bikin males biarpun hasil akhirnya enak.

Buat saya, masak simpel itu tentu suatu keharusan. Waktu cin, terbatas. Udah habis di jalan karena macet, sampe rumah kalo mesti ribet masak pasti udah males duluan dah. Ujung ujungnya makan di luar. Padahal makan di luar di daerah apartemen saya tuh bikin dompet meleleh. Belum lagi kolesterol saya tinggi, kalau makan di luar udahpasti ujung ujungnya nasi goreng atau pecel ayam. Gak sehat banget.

Kesimpelan memasak nampaknya emang lagi trend, Jamie Oliver si koki beken dari Inggris sono aja sampe bikin acara *lupa nama show nya apa* cara menyiapkan jamuan full course hanya dalam waktu 30 menit saja.

Jadi, menurut mas Jamie ini, masak full course dalam waktu 30 menit tuh mungkin mungkin aja. Yang penting semua well prepared. Alat alat masak kayak blender, food processor, sampe oven yang ciamiks mesti ada & terletak dalam jangkauan. Jadi tinggal chop chop chop, cemplungin, udek bentar, masukin oven atau tumis bentar, viola jadi deh!

Eeerrr kayaknya ala mas Jamie biarpun keliatannya gampang agak susah di praktekin. Secara, sayur sayuran di sini kan mesti di ome in (siangi) dulu, di bersihin dulu, belom di potong potong, tau lah kalo dari pasar tradisional kayak apa. Belom lagi mana mungkin cin kita punya dapur secanggih Jamie Oliver, palingan modal kompor sama wajan doang.

Jadi, kalo buat mau simpel itu, lupain masak cantik ala Jamie atau masak yang ribet & perlu banyak bumbu kayak rendang, balado, dll untuk di hari kerja. Simpen aja untuk weekend *kalo masih ada tenaga fufufufu :))*.

Kalo menurut saya, masakan simpel, enak & sehat itu tumisan.

Saya penggemar macam macam tumisan. Selain gampang, persiapannya juga gak perlu rumit. Tinggal kupas atau siangi sayur, siapin bawang putih (tumisan ala chinese food cuma pakai bawang putih, kalau ala Indonesia agak ribet pake tambahan bawang merah & tomat), bumbu nya cuma kecap asin sama merica. Saya memasak jarang pakai MSG atau micin. Untuk rasa gurih biasanya saya pakai kaldu jamur untuk vegetarian atau gula sedikit. Kalau mau ada protein bisa tambah bakso, fillet daging, atau udang.

Sayuran yang enak buat di tumis: kangkung, pok choy, caisim, horenso (bayam jepang), bayam, wortel & brokoli, taoge, kailan, siongmak. Untuk masakan tumisan, urusan paling ribet pasti nyiangi sayurannya (+/- 30 Menit kalo gak sambil nonton tv kayak saya). Untuk memasak sayurannya sih jangan lama lama. Paling pas kalo rasa sayurannya masih crunchy, jadi masih enak di makan & vitaminnya pun masih terjaga, gak terbuang karena proses memasak.

Keuntungannya masak sendiri: yang jelas SEHAT. Minyaknya jelas (saya pakai minyak canola atau kedelai), sayurannya juga segar hasil pilihan sendiri. Yang kedua, HEMAT. Contohnya: kangkung 3 ikat cuma 3 ribu, bawang putih 500, bawang mearh 500, cabe seribu, tomat seribu, jadi deh tumisan kangkung se kuali buat makan sehari 3 kali juga bisa, cuma habis 6 ribu rupiah aja. Lah kalo beli di luar, kangkung seplastik kecil aja dua ribu harganya.

Yuk masak!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s