Bumbu & Alat Masak yang Wajib Ada di Dapur Minimalis

Apartemen gue, sebenernya kerennya aja di bilang apartemen padahal mah cuma segede rumah petak :lol:, cuma punya dapur mini. Mini dalam artian beneran mini (baca: kecil sekali :lol:). Cuma bisa ada kompor sama bak cuci piring aja diarea dapur. Terbatas dong. Nah gue gak bisa tuh nyetok bumbu atau beli beragam alat masak macam di dapurnya Nigella Lawson, bisa bisa dapur jadi penuh gak karuan.

Jadi kalo punya dapur minimalis, baiknya alat alat dapur yang dipunya multifungsi supaya area daput gak penuh. Begitu juga sama bumbu bumbu, beli secukupnya aja.

Nih list alat dapur yang harus dipunya ala gue:

1. Kuali & Panci. Gue tau rasanya pengen punya kuali & panci beragam ukuran karena emang enaknya beda masakan ya pengennya beda juga sih kuali & pancinya. Tapi kalo emang area dapurnya terbatas yang berarti rak yang kita punya untuk menyimpan peralatan dapur juga terbatas, mending cukup punya satu panci sama satu kuali aja. Pilih yang paling multi fungsi. Kalo gue, gue punya kuali lumayan besar. Diameternya 35cm. gue beli kuali yang besar & gue pilih model cekung dengan pegangan (gue gak tau istilahnya sih, wok kalo gak salah). Gue beli itu biar gak usah beli macam macam kuali. Masak agak banyak pun gak masalah. Masakan berkuah atau goreng gorengan gak masalah, cukup pakai satu kuali itu. Paling konyolnya kalo pas mau goreng telor aja sih, goreng telornya cuma sebiji kualinya segede gaban :lol:. Begitu juga dengan panci, gue cuma punya satu, tapi jarang dipake sih dan dalam waktu dekat kayaknya mau gue balikin lagi ke nyokap karena gak kepake.

2. Pisau dapur. Gue punya pisau dapur cuma tiga. Dua ukuran sedang, satu lagi ukuran besar. Biasanya yang ukuran sedang gue pakai untuk kupas bawang & sayuran, dan yang ukuran besar gue pakai buat ngupas buah (pepaya). Penting buat gue untuk misahin antara pisau buah & pisau untuk motong bumbu biar gak kecampur bau nya.

3. Sendok sayur, centong nasi gue cuma punya masing masing dua.

4. Sendok garpu, piring makan, piring kecil, sumpit masing masing gue cuma setengah lusin (6 buah). Untuk mangkok nya, yang ukuran sedang punya setengah lusin juga, yang ukuran besar untuk wadah masakan cuma punya dua, kenapa cuma dua? karena gue masak sehari maksimal cuma 2 sayur kuatnya. Dan buat gue yang serumah cuma berdua sama suami, alat alat makan yang jumlahnya setengah lusin itu udah berlebih banget.

4. Peeler, pengupas ini mah penting banget buat gue. Gue suka kentang & suka mangga. Paling nyaman ngupas mangga & kentang ya pake peeler, tangan aman hati senang :).

5. Sodet masak, gue punya dua.

6. Saringan, punya cukup satu aja. Pentingnya saringan ini buat kalo ngangkat gorengan biar gak minyakan. Terus buat nyaring mie / pasta sehabis di rebus. Makanya beli yang diameternya lumayan besar & gagangnya lumayan panjang yah :)

7. Baskom, gue punya baskom tiga buah. Ukuran S, M, & L. Biasanya baskom gue pake untuk nyuci sayur atau ngulenin adonan.

8. Tumbukan, aduuuh itu loh mortar & pestle. Gue sih nyebutnya tumbukan atau ulekan buat ngulek bumbu.

Hmm apa lagi ya, kayaknya cuma itu aja deh alat dapur. Gak banyak kan? Tempat nyimpennya juga cuma laci kontainer LS kecil doang kok. Alat-alat itu cukup lah kalo buat bikin masakan sederhana atau praktek resep sederhana.

Kalo buat bumbu dapur yang dasar dan harus gue punya : garam sama merica. Tambahannya penyedap (kaldu jamur, penyedap vegetarian), kecap ikan, minyak sayur. Jangan lupa selalu sedia bawang merah dan bawang putih karena bawang merah dan bawang putih itu awal dari memasak. Simpelnya caisim di cah pake bawang putih dikasih kecap ikan aja udah sedaaap :)

Oya ada tambahan lagi buat urusan masak, semacam stok makanan yang biasanya harus ada di dapur gue:

1. Jamur hioko kering. Ini penting banget buat gue buat kalo lagi mati gaya, bosen mampus sama cah sayur doang atau lagi eneg sama daging. Biasanya gue masak dicah sama brokoli, dimasak campur sama nasi goreng, ditumis pake bawang puting aja juga enak. Macam macam lah. Buat gue jamur hioko ini gampang dikreatif in.

2. Taosi kaleng atau tauco. Biasanya buat tambahan di cah sayuran biar gak terlalu plain.

3. Bakso/sosis, ma ling kalengan, kornet, dan kembang tahu.

4. Mie instan.

Empat bahan diatas itu ibarat pertolongan pertama juga kalo elo darurat harus masak karena kelaperan ditengah malem atau males keluar kalo lagi hujan (kalo kasus gue, males turun ke bawah buat beli makanan/belanja sayur :P). Jadi gue sih selalu usahain buat stok di dapur.

Mudah mudahan kalo nanti udah ada rumah & dapur gue gak minimalis lagi, gue bisa upgrade ke alat alat dapur yang lebih beragam ciamik plus bisa simpan bermacam bumbu kayak pala, cengkeh, salam, sereh, dll di satu lemari khusus. Amiiiiin :)

Leave a Reply

